Kolaborasi model pembelajaran Numbered Heads Together dan Talking Stick untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 7 di MAN Tambakberas Jombang tahun ajaran 2016/2017 semester genap / Tio Ryan Fitra Sandy - Repositori Universitas Negeri Malang

Kolaborasi model pembelajaran Numbered Heads Together dan Talking Stick untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 7 di MAN Tambakberas Jombang tahun ajaran 2016/2017 semester genap / Tio Ryan Fitra Sandy

Sandy, Tio Ryan Fitra (2017) Kolaborasi model pembelajaran Numbered Heads Together dan Talking Stick untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 7 di MAN Tambakberas Jombang tahun ajaran 2016/2017 semester genap / Tio Ryan Fitra Sandy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sandy Tio Ryan Fitra. 2017. Kolaborasi Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) dan Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar siswa pada mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 7 MAN Tambakberas Jombang Tahun Ajaran 2016/2017 Semester Genap. Skripsi Progam Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Achmad Ali Wafa M. Pd Kata Kunci Numbered Heads Together (NTH) Talking Stick Keaktifan Belajar Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya keaktifan belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS 7 di MAN Tambakberas Jombang permasalahan ini bisa berasal dari guru maupun peserta didik itu sendiri. Pembelajaran yang baik adalah proses terjadinya interaksi yang positif antara guru dengan peserta didik terjadi hubungan timbal balik yang membuat suasana pembelajaran menjadi lebih hidup tentu dengan kondisi mengajar guru yang baik dan respon peserta didik yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kolaborasi model pembelajaran Numbered Head Together dan Talking Stick dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 7 MAN Tambakberas Jombang. Penelitian ini menggunakan rancangan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian yaitu kelas X IPS 7 yang berjumlah 43 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi model pembelajaran numbered heads together dan talking stick dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari perolehan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa meningkat. Dari 43 peserta didik keaktifan siswa dalam siklus 1 pertemuan pertama mencapai 61 3% siklus 1 pertemuan ke-2 mencapai 65% siklus 2 pertemuan ke-1 mencapai 71 6% dan siklus 2 pertemuan ke-2 mencapai 83 6% dengan kategori baik. Sedangkan hasil belajar siswa dengan kolaborasi model pembelajaran numbered heads together dan talking stick pada siklus 1 dari 43 siswa hanya 25 siswa yang tuntas dengan persentase 58 14% dan 18 siswa yang belum tuntas dengan prsentase 41 86%. Pada siklus 2 hasil belajar siswa mengalami kenaikan menjadi 93 02%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa kolaborasi model pembelajaran numbered heads together dan talking stick dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 7 MAN Tambakberas Jombang tahun ajaran 2016/2017 semester genap. Hal ini terbukti dari perolehan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa pada siklus 1 dan siklus 2. Beberapa saran yang dapat digunakan adalah (1) untuk guru dapat menjadikan perpaduan model numbered heads together danii talking stick sebagai alternatifedalam menyampaikan materi secara konvensional (2) untuk sekolah model pembelajaran numbered heads together dan talking stick dapat diterapkan pada mata pelajaran lain guna meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39843

Actions (login required)

View Item View Item