Pengaruh gaya belajar siswa dan pemanfaatan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada kelas XI di MAN Kota BAtu / Angga Wita Prajaka - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya belajar siswa dan pemanfaatan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada kelas XI di MAN Kota BAtu / Angga Wita Prajaka

Prajaka, Angga Wita (2017) Pengaruh gaya belajar siswa dan pemanfaatan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada kelas XI di MAN Kota BAtu / Angga Wita Prajaka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prajaka Angga Wita. 2017. Pengaruh Gaya Belajar Siswa dan Pemanfaatan Fasilitas Sekolah terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Kelas XI di MAN Kota Batu. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Wahjoedi M.E Kata kunci gaya belajar visual gaya belajar auditorial gaya belajar kinestetik pemanfaatan fasilitas sekolah hasil belajar MAN Kota Batu adalah sekolah yang memiliki prestasi akademik dan non akademik yang baik. Selain memiliki berbagai prestasi kondisi fasilitas sekolah di MAN Kota Batu juga sangat baik. Hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran di kelas merupakan tolak ukur dari keberhasilan suatu proses pembelajaran yang sangat ditentukan oleh berbagai faktor. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar siswa adalah gaya belajar siswa yang merupakan faktor intern. Gaya belajar dibagi menjadi 3 tipe belajar menurut modalitas belajar antara lain gaya belajar visual gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik. Setiap siswa pasti memiliki karakteristik pandangan pemikiran bahkan pemahaman yang berbeda hingga berdampak terhadap proses pembelajaran. Untuk faktor ekstern fasilitas adalah faktor yang memengaruhi. Fasilitas dapat digunakan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa untuk terpacu dalam meningkatkan hasil belajar. Tanpa memanfaatkan fasilitas belajar maka akan sulit bagi siswa untuk mencapai hasil belajar yang baik dalam mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) Mendeskripsikan pengaruh secara parsial gaya belajar visual siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada kelas XI IPS MAN Kota Batu (2) Mendeskripsikan pengaruh secara parsial gaya belajar auditorial siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada kelas XI IPS MAN Kota Batu (3) Mendeskripsikan pengaruh secara parsial gaya belajar kinetestik siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada kelas XI IPS MAN Kota Batu (4) Mendeskripsikan pengaruh secara parsial pemanfaatan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada kelas XI IPS MAN Kota Batu dan (5) Mendeskripsikan pengaruh secara simultan gaya belajar (visual auditorial dan kinestetik) siswa dan pemanfaatan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada kelas XI IPS MAN Kota Batu. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif untuk menggambarkan kondisi gaya belajar siswa pemanfaatan fasilitas sekolah dan hasil belajar. Data pada penelitian ini diperoleh dari kuesioner untuk variabel gaya belajar visual gaya belajar auditorial gaya belajar kinestetik dan pemanfaatan fasilitas sekolah serta data mengenai hasil belajar diperoleh dari dokumentasi guru mata pelajaran ekonomi. Populasi pada penelitian ini sebanyak 126 siswa yang terdiri dari empat kelas dan kemudian ditentukan sampel sebanyak 96 siswa yang terbagi di empat kelas. Kegiatan analisis data dimulai dengan analisis deskriptif dari setiap variabel gaya belajar dan pemanfaatan fasilitas sekolah serta dilanjutkan dengan uji asumsi klasik analisis regresi berganda uji hipotesis analisis sumbangan efektif dan analisis koefisien determinasi. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel gaya belajar visual (X1) terhadap variabel hasil belajar ekonomi (Y) pada kelas XI IPS di MAN Kota Batu (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel gaya belajar auditorial (X2) terhadap variabel hasil belajar ekonomi (Y) pada kelas XI IPS di MAN Kota Batu (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel gaya belajar kinestetik (X3) terhadap variabel hasil belajar ekonomi (Y) pada kelas XI IPS di MAN Kota Batu (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel pemanfaatan fasilitas sekolah (X4) terhadap variabel hasil belajar ekonomi (Y) pada kelas XI IPS di MAN Kota Batu (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel gaya belajar visual gaya belajar auditorial gaya belajar kinestetik dan pemanfaatan fasilitas sekolah (X1 X2 X3 dan X4) terhadap variabel hasil belajar ekonomi (Y) pada kelas XI IPS di MAN Kota Batu. Berdasarkan kesimpulan yang telah diuraikan saran mengenai hasil penelitian ini ditujukan kepada (1) Siswa untuk memperbaiki konsentrasi dan cara belajar siswa agar tidak terpengaruh dengan keadaan di luar kelas. Selain itu siswa juga dapat lebih memanfaatkan fasilitas yang ada di sekolah atau di rumah (2) Guru diharapkan menjadi fasilitator dalam membantu siswa mengenali memahami gaya belajar mengajarkan siswa untuk memberdayakan potensi sesuai dengan gaya belajarnya dengan maksimal. Pemanfaatan fasilitas juga harus dimaksimalkan untuk menunjang penerapan berbagai cara dalam mengajar (3) Sekolah agar meningkatkan upaya dalam mengarahkan motivasi mengenali potensi dan gaya belajar yang dimiliki setiap siswa. Sekolah juga harus meningkatkan pengadaan fasilitas yang belum ada dan memanfaatkannya dengan maksimal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39841

Actions (login required)

View Item View Item