Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi pokok bahasan Pasar Modal semester genap tahun ajaran 2016/2017 kelas XI IPS K SMA Negeri 10 Malang / Ferralisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi pokok bahasan Pasar Modal semester genap tahun ajaran 2016/2017 kelas XI IPS K SMA Negeri 10 Malang / Ferralisa

Yolanda, Ferralisa (2017) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi pokok bahasan Pasar Modal semester genap tahun ajaran 2016/2017 kelas XI IPS K SMA Negeri 10 Malang / Ferralisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yolanda Ferralisa.2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Pasar Modal Kelas Xi Sma Negeri 10 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sapir S.Sos. M.Si. Kata kunci Problem Based Learning Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar Kurikulum 2013 menuntut siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran sumber belajar tidak hanya berpusat pada guru namun siswa juga aktif dalam menemukan sumber belajar. Guru berperan sebagai fasilitator yang tugasnya memfasilitasi siswa dalam proses pembelajaran. Terlebih dalam kurikulum 2013 ini terdapat kelas peminatan peran guru sebagai fasilitator juga harus mampu melihat permasalahan yang ada dalam kelas utamanya permasalahan dalam menentukan dan menerapkan model yang tepat sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learningdapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dalam belajar sehingga hasil belajar siswa meningkat. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS K SMA Negeri 10 Malang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS K SMA Negeri 10 Malang dengan jumlah 34 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan tahun ajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa hasil belajar siswa baik ranah kognitif afektif kemampuan berfikir kritis setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning.Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi test catatan lapangan dan dokumentasi . Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkankan model pembelajaran Problem Based Learnig. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil belajar pada ranah kognitif presentase pada siklus I 15 siswa tuntas (41 11%) sementara pada siklus II 34 siswa tuntas (100%) hasil belajarnya. Pada ranah afektif presentase rata-rata siklus I 69 22% sementara siklus II 79 12% juga mengalami peningkatan. Ranah kemampuan berfikir kritis pada siklus I 48% pada siklua II mengalami penigkatan menjadi 62 6%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa(kognitif afektif maupun kemampuan berfikir kritis) kelas XI IPS K SMA Negeri 10 Malang. Guru mata pelajaran ekonomu disarankan dapat menerapkan model pembelajaran ini sebagai alternatif lain dialam proses pembelajaran namun demikian perlu disesuaikandengan materi khususnya materi yang bersifat konseptual dan waktu pelaksanaanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39839

Actions (login required)

View Item View Item