Nasrulhaq, Refinazahroh (2017) Analisis pola pendidikan ekonomi dalam keluarga yang berpenghasilan tidak tetap (studi kasus Desa Tamban Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung) / Refinazahroh Nasrulhaq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nasrulhaq Refinazahroh. 2017. Analisis Pola Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga yang Berpenghasilan Tidak Tetap (Studi Kasus Desa Tamban Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung). Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Prih Hardinto M.Si. Kata Kunci Pendidikan Ekonomi Keluarga Penghasilan Tidak Tetap Konsumsi yang baik seharusnya dilakukan secara rasional. Namun sebaliknya anakusia remaja lebih sering melakukan konsumsi berdasarkan keinginan daripada kebutuhan. Oleh karena itu untuk mencegah perilaku konsumerisme anak harus mendapatkan pendidikan ekonomi yang baik. Salah satu lembaga yang berperan penting untuk memberikan pendidikan ekonomi adalah keluarga karena apa yang diajarkan dan dicontohkan oleh orang tua sangat mempengaruhi perkembangan dan perilaku seorang anak sampai dewasa. Bagi keluarga yang mempunyai penghasilan tidak tetap masalah ekonomi menjadi sangat penting. Bagaimana dengan penghasilan yang tidak menentu tersebut kebutuhan semua anggota keluarga dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu orang tua dituntut untuk mampu memberikan pendidikan ekonomi yang baik kepada anak sehingga anak tidak terjebak dalam konsumerisme yang dapat menyebabkan besar pasak daripada tiang. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Cara orang tua dalam mengelola keuangan keluarga dengan penghasilan yang tidak tetap (2) Pola pendidikan ekonomi dalam keluarga dengan memberikan uang saku menerapkan hidup hemat dan menabung (3) Pola pendidikan ekonomi dalam keluarga dengan mengontrol konsumsi anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi dimana subyek penelitian dipilih dengan cara purposive sampling dan snowball sampling. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode observasi wawancara dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul selanjutnya dilakukan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan sebagai langkah untuk menganalisis data. Agar keabsahan temuan dapat dinyatakan kredibel penulis melakukan perpanjangan pengamatan dan triangulasi yang terdiri dari triangualasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan ekonomi dalam keluarga yang berpenghasilan tidak tetap dilakukan dengan cara memberikan contoh langsung tentang pengelolaan keuangan keluarga. Orang tua memberikan kesempatan anak untuk belajar mengelola keuangan secara mandiri dengan memberikan uang saku. Uang saku diberikan sesuai dengan jumlah kebutuhan anak kemampuan anak dalam mengelola uang dan kondisi keuangan keluarga. Orang tua juga mengajarkan dan mencontohkan secara langsung kebiasaan hemat dan menabung dalam kehidupan sehari-hari. Pengontrolan konsumsi anak dilakukan orang tua dengan cara mengajak anak berdiskusi tentang kondisi keuangan keluarga dan menanyakan langsung kepada anak untuk apa saja uangnya dibelanjakan. ABSTRACT Nasrulhaq Refinazahroh. 2017. Analysis of Economic s Education Model in Non Stable Family Incomes (Research on Tamban Village Pakel Subdistrict Tulungagung Regency). Thesis. Economic Development Faculty of Economics State University of Malang. Advisor Drs. Prih Hardinto M.Si. Keywords Economic s Education Family Non Stable Incomes Consumption activities should be done rationally. However especially among young people who still often consume based on their desire rather than needs. Therefore to prevent consumerism behavior children should get a good economic education. One of the institutions that plays an important role to provide economic education is family. It is because what is taught and exemplified by parents greatly affects the development and behavior of a child until they reach adulthood. For families who earn non-stable incomes economic problems become important things to deal with. How can they meet family needs with unpredictable income In addition parents are required to be able to provide good economic education to children so that they are not trapped in consumerism act that can cause large pegs rather than poles. The focuses of this research are (1) parent s attitude in managing family finances dealing with non-stable income (2) the model of economic education in family by providing allowance applying frugal living and saving (3) The model of economic education infamily by controlling the consumption of children. This research uses qualitative approach with phenomenology type where the research subjects are chosen by purposive sampling and snowball sampling. The method used to collect data is observation interview and documentation. After all the data have been collected data reduction data presentation and conclusion are taken as steps to analyze the data. In order to validate the data the researcher conducts follow-up observation and triangulation consisting of triangulation source and triangulation technique. The results of this study indicate that economic education in of non-stable family incomes is done by providing a direct example of family financial management. Parents give children the opportunity to learn fianancial management independently by providing pocket money. The pocket money is provided in accordance with the children s needs the ability of children to manage money and the family s financial condition. Parents also teach and directly exemplify the habits of frugality and saving in everyday life. Controlling children s consumption is done by inviting children to discuss about the family s financial condition and ask directly to the child on how the money is spent.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39837 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |