Farida, Nurul (2017) Perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran tipe mind mapping dan picture and picture pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Garum / Nurul Farida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Farida Nurul. 2017. Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Mind Mapping dan Picture And Picture Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMAN 1 Garum. Skripsi. S1 Pendidikan Ekonomi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Ir. Yohanes Hadi S. M.Div. M.E Kata Kunci Hasil Belajar Mind Maping Picture And Picture Dalam pembelajaran ekonomi terutama pokok bahasan Pasar Modal yang terdapat pada kelas XI IPS SMAN 1 Garum menggalami beberapa permasalahan diantaranya siswa cenderung kesulitan dalam memahami materi yang terlalu banyak siswa cenderung bosan dalam mengikuti pembelajaran dan nilai hasil belajar beberapa siswa cenderung jauh dari nilai ketuntasan yang ditetapkan. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu diterapkan pembelajaran inovatif yang mampu membantu meningkatkan pemahaman siswa serta membuat siswa bersemangat mengikuti pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Mind Mapping dan Picture And Picture merupakan model pembelajaran yang telah dibuktikan dapat meningkatkan hasil belajar. Pada model pembelajaran Mind Mapping siswa dilatih untuk aktif dalam mengidentifikasi suatu materi ataupun bacaan dengan cara analisis yang kritis dan terstruktur. Sedangkan pada model pembelajaran Picture And Picture siswa diajarkan untuk berpikir logis dalam mengidentifikasi suatu permasalahan dalam materi yang diajarkan. Kedua model pembelajaran baik Mind Mapping dan Picture And Picture merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan citra visual berupa gambar grafik serta warna dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk mempertajam ingatan siswa dalam mempelajari suatu materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dari penerapan model pembelajaran antara Mind Mapping dan Picture And Picture terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMAN 1 Garum. Penelitian ini menggunakan penelitian semu (Quasi Eksperimen) dengan menggunakan dua kelompok kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam pelaksaannya kelas eksperimen akan diberi perlakuan model pembelajaran Mind Mapping dan kelas kontrol adalah model pembelajaran Picture And Picture. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pretest-postest control design. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan data bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara kelas yang diberi perlakukan Mind Mapping dan Picture And Picture. Hasil penelitian ini dibuktikan dengan perhitungan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0 039. Pernyataan ini didukung oleh buktikan besarnya nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 81 41 dan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 79 74. Dari perbedaan tersebut disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Mind Mapping lebih cocok jika diterapkan dalam pelajaran ekonomi terutama pokok bahasan Pasar Modal dan materi lain yang sifatnya teoritis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39835 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |