Penerapan model pembelajaran student team achievement divisions dipadu dengan talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 3 SMA Negeri 9 Malang / Bambang Trisula Indrajit - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran student team achievement divisions dipadu dengan talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 3 SMA Negeri 9 Malang / Bambang Trisula Indrajit

Indrajit, Bambang Trisula (2017) Penerapan model pembelajaran student team achievement divisions dipadu dengan talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 3 SMA Negeri 9 Malang / Bambang Trisula Indrajit. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indrajit Bambang Trisula. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions Dipadu dengan Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 9 Malang . Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Mardono M.Si. Kata Kunci Model Pebelajaran Student Team Achievement Divisions Talking Stick Hasil Belajar Berdasarkan observasi awal di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 9 Malang terdapat sebagian besar siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM dalam mata pelajaran ekonomi. Terdapat 22 siswa yang tidak tuntas dari jumlah total 33 siswa. Hal ini didasari oleh kondisi pembelajaran yang kurang kondusif. Selain kurang kondusif juga tampak beberapa siswa yang merasa bosan dengan kegiatan pembelajaran. Hal tersebut membuat hasil belajar siswa tidak maksimal. Sehingga mendorong peneliti untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions yang dipadu dengan Talking Stick yang untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan masing-masing pertemuan 2JP x 45 menit. Setiap siklus mencakup perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 dengan jumlah 33 siswa. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi pre test dan post test serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Student team achievement divisions dipadu dengan talking stick mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan belajar pada siklus I yakni sebesar 78 13 % dengan rata-rata nilai 85 62 meningkat pada siklus II menjadi 87 50 % dengan rata-rata nilai 88 75. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions yang dipadu dengan Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 3 SMA Negeri 9 Malang. Oleh karena itu disarankan kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran tersebut. ABSTRACT Indrajit Bambang Trisula. 2017. The Application of Student Team Achievement Divisions Learning Model Combined with Talking Stick to Improve Students Learning Outcomes on Economics Class XI IPS 3 SMA Negeri 9 Malang . Undergraduate Thesis. Economics Education Economic Development Department Faculty of Economics Universitas Negeri Malang. Supervisor Drs. Mardono M.Si. Key Words Student Team Achievement Divisions Learning Model Talking Stick Learning Outcomes Based on researcher s observation in class XI IPS 3 SMA Negeri 9 Malang most of the students scored under the KKM in Economics. There were 22 of 33 students failed in the class. It happened because the learning condition was less conducive. Moreover it also appeared that some students felt bored with the learning activities. It made students learning outcomes not maximal. Thus encouraging researchers to conduct Classroom Action Research by applying Student Team Achievement Divisions learning model combined with Talking Stick to overcome the problem. This study used Qualitative Descriptive by using Classroom Action Research consisting of two cycles. Each cycle consisted of two meetings and each meeting had 2 x 45 minutes. Each cycle included planning acting observing and reflecting. The subjects of the study were 33 students of class XI IPS. The research data gathered from observation sheet pretest and posttest and documentation. The result showed that the application of Student Team Achievement Divisions learning model combined with Talking Stick can improve students learning outcomes. This is proven by the increase in learning outcomes from cycle I to cycle II. Learning mastery in cycle I that is 78.13% with the means of 85.62 increased in cycle II that is 87.50% with the means of 88.75. Based on the results of this study the researcher can conclude that the application of Student Team Achievement Divisions learning model combined with Talking Stick can improve students learning outcomes on Economics class XI IPS 3 SMA Negeri 9 Malang. Therefore the researcher suggests to the teacher to apply this learning model.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39834

Actions (login required)

View Item View Item