Analisis Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) pada mata pelajaran ekonomi terhadap kreativitas dan kemandirian peserta didik kelas X IPS di MAN 1 Ponorogo / Adennia Yasamina Cholida - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) pada mata pelajaran ekonomi terhadap kreativitas dan kemandirian peserta didik kelas X IPS di MAN 1 Ponorogo / Adennia Yasamina Cholida

Cholida, Adennia Yasamina (2017) Analisis Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) pada mata pelajaran ekonomi terhadap kreativitas dan kemandirian peserta didik kelas X IPS di MAN 1 Ponorogo / Adennia Yasamina Cholida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cholida Adennia Yasamina. 2017. Analisis Penerapan Pembalajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas dan Kemandirian Peserta Didik Kelas X IPS di MAN 1 Ponorogo. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo M.Div. M.E. Kata Kunci Pembelajaran Berbasis Proyek Kreativitas Kemandirian Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal peneliti diketahui banyak perilaku peserta didik yang menunjukkan bahwa kreativitas dan kemandirian peserta didik belum dilatih dan dikembangkan secara maksimal. Model pembelajaran yang biasa digunakan guru dalam kegiatan belajar mengajar juga masih terbatas pada model Pembelajaran Konvensional dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) saja. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Pembelajaran Konvensional di dua kelas yang berbeda untuk melihat apakah ada perbedaan tingkat kreativitas dan tingkat kemandirian peserta didik pada kedua kelas tersebut. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan kategori quasi experiment (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPS di MAN 1 Ponorogo dan diambil dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Variabel dalam penelitian ini adalah kreativitas dan kemandirian peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan uji hipotesis yang digunakan yaitu uji kesamaan dua rata-rata. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata tingkat kreativitas awal peserta didik yang menunjukkan nilai 34 62 untuk kelas kontrol dan 36 15 untuk kelas eksperimen. Nilai rata-rata tingkat kreativitas akhir peserta didik menunjukkan nilai 35 62 untuk kelas kontrol dan 38 37 untuk kelas eksperimen. Nilai rata-rata tingkat kemandirian awal peserta didik menunjukkan nilai 40 46 untuk kelas kontrol dan 41 74 untuk kelas eksperimen. Nilai rata-rata tingkat kemandirian akhir menunjukkan nilai 44 46 untuk kelas kontrol dan 45 59 untuk kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis dapat diambil kesimpulan bahwa tingkat kreativitas peserta didik pada kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Untuk tingkat kemandiran peserta didik diketahui tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Saran yang dapat diberikan yaitu yang pertama bagi guru mata pelajaran ekonomi diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan kemandirian peserta didik dengan memperhatikan faktor-faktor selain pemilihan model pembelajaran seperti mengetahui minat dan bakat mengetahui sumber motivasi peserta didik dan lain-lain. Kedua bagi peneliti selanjutnya apabila tertarik untuk meneliti lebih lanjut dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Proyek diharapkan dapat mengembangkan dampak positif pembelajaran selain tingkat kreativitas dan tingkat kemandirian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39831

Actions (login required)

View Item View Item