Pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MA An Nur Bululawang / Anang Zunaidi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MA An Nur Bululawang / Anang Zunaidi

Zunaidi, Anang (2017) Pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MA An Nur Bululawang / Anang Zunaidi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zunaidi Anang. 2017. Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS MA An nur Bululawang. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo M.Div. M.E. Kata Kunci fasilitas belajar motivasi belajar hasil belajar Hasil belajar merupakan kemampuan yang di peroleh siswa setelah melalui kegiatan belajar. Hasil belajar siswa dapat di pengaruhi oleh lebih dari dari satu faktor diantaranya faktor internal yaitu cara belajar minat dan motivasi dan faktor eksternal diantaranya fasilitas belajar lingkungan sekolah masyarakat. Dalam penelitian ini yang di teliti adalah faktor internal dan eksternal yaitu fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa. Dengan ketersediaan fasilitas belajar yang lengkap dan motivasi dalam diri siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa di sekolah terhadap mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MA An nur Bululawang. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Peneliti memilih MA An nur Bululawang sebagai lokasi penelitian dan menjadikan siswa kelas XI IPS sebagai populasi dan sampel. Jumlah populasi adalah sebanyak 108 siswa. Dalam pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 85siswa. pengumpulan data menggunakan data primer dengan penyebaran kuesioner dan data sekunder nilai UAS siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data sebagai berikut (1) Uji Validitas (2) Uji Reliabilitas (3) Uji Asumsi Klasik (4) Uji Regresi Linier Berganda (5) Uji Hipotesis (6) Uji Sumbangan Efektif dan (7) Uji Koefisien determinansi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fasilitas belajar di sekolah berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. hasil penelitian ini menggambarkan bahwa semakin lengkap fasilitas belajar yang di sediakan sekolah maka semakin baik pula hasil belajar yang di peroleh siswa. Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi. Adapun besarnya pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 48%. Motivasi belajar mempunyai pengaruh yang paling kuat atau dominan. Berdasarkan pada penelitian ini dihimbau kepada pihak sekolah akan lebih menyediakan fasilitas belajar yang lengkap dan memotivasi siswa untuk belajar dalam usaha peningkatan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39830

Actions (login required)

View Item View Item