Analisis penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran ekonomi pada kurikulum 2013 MA Nurul Ulum Malang tahun ajaran 2016/2017 / M. Abdul Khalim - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran ekonomi pada kurikulum 2013 MA Nurul Ulum Malang tahun ajaran 2016/2017 / M. Abdul Khalim

Khalim, M. Abdul (2017) Analisis penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran ekonomi pada kurikulum 2013 MA Nurul Ulum Malang tahun ajaran 2016/2017 / M. Abdul Khalim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khalim Muhammad Abdul. 2017. Analisis Penerapan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Ekonomi pada Kurikulum 2013 MA Nurul Ulum Malang Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak Kata Kunci Karakter Penerapan Pendidikan Karakter. Penelitian ini berangkat dari permasalahan masih banyak ditemukan pelanggaran-pelanggaran yang tidak mencerminkan budaya karakter itu sendiri seperti siswa yang membolos sekolah tidak mengerjakan PR dan terlambat masuk ke kelas di MA Nurul Ulum Malang yang merupakan lembaga pendidikan yang berbasis agama dan berada dalam lingkungan Pondok Pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan faktor pendukung penghambat dan hasil dari penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran ekonomi pada kurikulum 2013 MA Nurul UlumMalang Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif studi kasus. Penelitian ini dilakukan di kelas X IIS 1 dan XI IIS 1 MA Nurul Ulum Malang dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan melalui pengolahan data penyajian data dan menyimpulkan data. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa untuk menanamkan nilai karakter religius guru mengucapkan salam dan mengajak siswa untuk berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran. Karakter nasionalis dapat ditanamkan dengan selalu menekankan kepada siswa untuk selalu menjaga kebersihan kelas dan membentuk kelompok diskusi tanpa membedakan suku dan budaya. Guru meminta siswa untuk mempelajari dan mengamati materi di buku paket dan memberikan soal Post Test untuk dikerjakan masing-masing siswa dengan begitu karakter integritas akan tertanam kepada siswa. Untuk menerapkan karakter mandiri guru memberikan tugas dan mengingatkan siswa untuk mempelajari materi selanjutnya dan memberikan tugas rumah. Karakter gotong-royong dapat diterapkan dengan membentuk kelompok diskusi kemudi setiap kelompok diberikan tugas untuk dikerjakan secara berkelompok. Faktor pendukung penerapan pendidikan karakter yaitu lingkungan sekolah yang berada dalam lingkup Pondok Pesantren pembelajaran berwirausaha siswa adalah santri mukim dan susahnya akses internet. Faktor penghambat penerapan pendidikan karakter yaitu kemalasan siswa guru yang tidak konsisten pengaruh teman sebaya serta kurangnya kesadaran dan kesiapan pada setiap individu akan pentingnya pendidikan karakter. Hasil dari penerapan pendidikan karakter yaitu beberapa siswa lebih bisa bersikap positif seperti suka membantu temannya yang butuh bantuan menjadi lebih disiplin dalam segala hal dan bisa menjadi lebih mandiri dalam segala hal tidak selalu bergantung kepada orang lain. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan sekolah dapat mengembangkan instrumen penilaian pendidikan karakter lebih baik lagi dan dapat memasukkan instrumen penilaian pendidikan karakter sebagai salah satu penilaian dalam rapor siswa. Bagi guru ekonomi diharapkan dapat meningkatkan konsistensinya dalam melaksanakan pendidikan karakter kepada siswa supaya hasil penerapan pendidikan karakter yang diinginkan lebih maksimal. Bagi peneliti selanjutnya yang mengambil tema ini diharapkan dapat mengembangkannya lebih baik lagi karena dalam penelitian ini masih terdapat beberapa kekurangan. ABSTRACT Khalim Muhammad Abdul. 2017. Analysis of Application of Character Education in Economic Learning at Curriculum 2013 MA NurulUlum Malang AcademicYear 2016/2017.Thesis Department of Economics Development. Faculty of Economy. State University of Malang. Supervisor Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak Keywords Character Application of Character Education. This research departs from the problems are still found many violations that do not reflect the culture of the character itself such as students who ditch school not doing homework and late to enter the classroom in MA NurulUlum Malang which is a religious-based educational institutions and are in the environment Islamic boarding school The purpose of this study is to determine the application supporting factors inhibit and the results of the application of character education in the economic curriculum in the curriculum 2013 MA NurulUlum Malang academic year 2016/2017. The type of research conducted is qualitative case study. This research was conducted in class X IIS 1 and XI IIS 1 MA NurulUlum Malang by using data collecting technique such as interview and observation. Data analysis is done through data processing data presentation and concluding data. The results in this study indicate that to inculcate the value of the religious character of teachers to say hello and invite students to pray before and after learning.Nationalist character can be implanted by always emphasizing to students to always maintain class cleanliness and form discussion group without distinguishing tribe and culture.The teacher asks the students to study and observe the material in the package book and provide Post Test questions for each student so that the integrity character will be embedded to the students. To apply an independent character the teacher gives assignments and reminds the students to learn the next material and deliver the homework. Character of mutual assistance can be applied by forming steering discussion groups each group is given the task to be done in groups. Factors supporting the implementation of character education is the school environment that is within the scope of PondokPesantren entrepreneurial learning students are lived and difficulty access the internet.Factors inhibiting the application of character education that is student laziness inconsistent teachers peer influence and lack of awareness and readiness on each individual will the importance of character education. The result of the application of character education is that some students are more able to be positive like helping their friends who need help being more disciplined in everything and being more independent in everything does not always depend on others. Based on the results of the study it is expected that the school can develop better character education assessment instruments and can incorporate the character education assessment instrument as one of the assessments in the student report card. For economic teachers it is expected to increase consistency in carrying out character education to the students so that the desired result of character education education is maximal. For further researchers who take this theme is expected to develop it better because in this study there are still some disadvantage.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39828

Actions (login required)

View Item View Item