Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbasis mind mapping untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran ekonomi kelas X IPS i SMA Negeri 6 Malang semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Reza Primayandhi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbasis mind mapping untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran ekonomi kelas X IPS i SMA Negeri 6 Malang semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Reza Primayandhi

Primayandhi, Reza (2017) Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbasis mind mapping untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran ekonomi kelas X IPS i SMA Negeri 6 Malang semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Reza Primayandhi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran yang ideal merupakan suatu pembelajaran yang dikelola secara efektif dan berpusat pada peserta didik. Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik berarti peserta didik memiliki kesempatan untuk mengungkapkan gagasannya mengkomunikasikan dan mendiskusikannya dengan sesama peserta didik maupun dengan gurunya. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di SMA Negeri 6 Malang ditemukan fakta-fakta di lapangan yang kurang sesuai dengan pembelajaran yang dikatakan ideal khususnya di kelas X IPS 3. Fakta-fakta di lapangan yang ditemukan antara lain rendahnya prestasi belajar siswa. Beberapa kendala ketidakberhasilan ketuntasan belajar siswa adalah model pembelajaran yang kurang menarik perhatian siswa oleh guru media pembelajaran yang kurang mendukung dan faktor kesiapan siswa dalam belajar ekonomi. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan teknik pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif kreatif dan menambah pengalaman belajar siswa. Teknik pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan tersebut adalah teknik pembelajaran STAD berbasis Mind Mapping. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang diguna-kan yaitu lembar observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil pene-litian menunjukkan bahwa teknik pembelajaran STAD berbasis Mind Mapping dapat diterapkan dengan baik pada pembelajaran ekonomi siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 6 Malang. Selain itu pene-rapan STAD berbasis Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar ranah kognitif dan afektif. Hal ini ditunjukkan dengan kenaikan rata-rata dan persentase ketuntasan belajar di setiap siklusnya. Kata Kunci STAD Mind Mapping prestasi belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39826

Actions (login required)

View Item View Item