Analisis pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru ekonomi kelas X IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri I Purwosari Kabupaten Pasuruan tahun ajaran 2016/2017 / Fatimah Nur Hanik - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru ekonomi kelas X IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri I Purwosari Kabupaten Pasuruan tahun ajaran 2016/2017 / Fatimah Nur Hanik

Hanik, Fatimah Nur (2017) Analisis pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru ekonomi kelas X IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri I Purwosari Kabupaten Pasuruan tahun ajaran 2016/2017 / Fatimah Nur Hanik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hanik Fatimah Nur. 2017. Analisis Pengelolaan Kelas yang dilakukan Oleh Guru Ekonomi Kelas X IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Ro ufah Inayati. S.Pd. M.Pd. Kata kunci Pengelolaan kelas Guru Mata Pelajaran Ekonomi Pengelolaan kelas yang dilakukan guru digunakan untuk memelihara kondisi belajar yang optimal salah satunya seperti menegur siswa yang ramai ketika proses belajar berlangsung namun hal tersebut tidak berlangsung lama karena jika berada diluar pengawasan siswa akan kembali ramai. Hal ini menuntut guru untuk melakukan tindakan lanjut untuk dapat mengatasi permasalahan yang terjadi pada saat proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengelolaan kelas yang dilakukan oleh Guru Ekonomi kelas X IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Purwosari untuk menciptakan dan memelihara serta mengembalikan kondisi belajar yang optimal apabila terjadi permasalahan dalam proses pembelajaran pada kelas X IPS SMAN 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian fenomenologi karena dalam pelaksanaannya pengamatan bertujuan untuk mengamati peristiwa atau fenomena yang terjadi dilapangan mengenai fakta tentang pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru Ekonomi Kelas X IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Purwosari. Subyek dalam penelitian ini adalah guru Ekonomi Kelas X IPS. Informan dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X IPS di SMAN 1 Purwosari. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Analisis data menggunakan Reduksi Data Penyajian Data dan Menarik Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas yang dilakukan Guru Ekonomi kelas X IPS di SMAN 1 Purwosari untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dilakukan dengan menerapkan keterampilan sikap tanggap membagi perhatian memusatkan perhatian kelompok memberikan petunjuk yang jelas menegur dan memberi penguatan serta tindakan guru untuk mengembalikan kondisi belajar yang optimal dilakukan dengan cara menerapkan keterampilan modifikasi tingkah laku mengelola kelompok menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah dan menghindari beberapa kekeliruan dalam kelas. Saran peneliti bagi guru adalah diharapkan guru dapat mempertahankan komponen-komponen keterampilan pengelolaan kelas dan saran bagi peneliti lain yaitu dari hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi peneliti selanjutnya dalam melakukan penelitian dengan variabel yang sama yaitu pengengolaan kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39825

Actions (login required)

View Item View Item