Penerapan pendekatan SAVI dengan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS J SMA Negeri 10 Malang / Fastabikul Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan SAVI dengan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS J SMA Negeri 10 Malang / Fastabikul Hidayah

Hidayah, Fastabikul (2017) Penerapan pendekatan SAVI dengan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS J SMA Negeri 10 Malang / Fastabikul Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayah Fastabikul. 2017. Penerapan Pendekatan SAVI dengan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS J SMA Negeri 10 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hari Wahyono M.Pd. Kata Kunci savi mind mapping keaktifan kreativitas Penelitian dilakukan di SMA Negeri 10 Malang. Hal ini didasarkan pada observasi awal yang dilakukan di SMA Negeri 10 Malang pada kelas X IPS J yang diketahui bahwa guru masih menggunakan model ceramah di kelas. Tingkat keaktifan siswa di kelas belum merata dikarenakan hanya beberapa siswa yang aktif bertanya dan berpendapat. Sedangkan tingkat kreativitas siswa juga rendah karena guru jarang menggunakan model yang memakai kreativitas tiap siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan pendekatan maupun model pembelajaran yang mendorong keaktifan dan kreativitas siswa. Pendekatan yang cocok digunakan yaitu pendekatan savi sedangkan model pembelajarannya yaitu model pembelajaran mind mapping. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Bagaimana penerapan pendekatan SAVI dengan model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS J di SMA Negeri 10 Malang (2) Apakah penerapan pendekatan SAVI dengan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan keaktifan pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS J di SMA Negeri 10 Malang (3) Apakah penerapan pendekatan SAVI dengan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan kreativitas pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS J di SMA Negeri 10 Malang . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS J SMA Negeri 10 Malang dengan jumlah 32 siswa yang terdiri 12 siswa laki-laki dan 12 siswi perempuan tahun ajaran 2016/2017. Data yang digunakan adalah penerapan pendekatan SAVI dengan model pembelajaran Mind Mapping dari telaah rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar observasi kegiatan guru lembar observasi keaktifan siswa dan lembar observasi kreativitas siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara guru lembar observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan keaktifan dan kreativitas siswa di kelas X IPS J. Hal ini ditunjukkan dengan persentase hasil peningkatan keaktifan siswa siklus I sebesar 49% sedangkan pada siklus II sebesar 69%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan savi dengan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa kelas X IPS J SMA Negeri 10 Malang. Saran untuk guru mata pelajaran Ekonomi bahwa model ini dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa. ABSTRACT Hidayah Fastabikul. 2017. The Implementation of Savi Approach by Model Mind Mapping Learning to Increase Activity and Student Creativity on Economics Class X IPS J SMAN 10 Malang. Thesis Development Economics Department Faculty of Economics State University of Malang. Advisor Dr. Hari Wahyono M.Pd. Keywords savi mind mapping liveliness creativity The research was conducted in SMAN 10 Malang. It is based on preliminary observations conducted in SMAN 10 Malang in class X IPS J it is known that teachers still use lecture models in the classroom. Level the activity of students in the class is not evenly distributed because only a few students who actively asked and argued. While the level of creativity of student s is also low because teachers rarely use models that use the creativity of each student. To overcome these problems it takes an approach model learning that encourages students activeness and creativity. That approach suitable for using savi approach while the learning model is mind mapping learning model. The purpose of this study are (1) How application of SAVI approach with Mind Mapping learning model on economic subjects of class X IPS J students on SMAN 10 Malang (2) Is the application of SAVI approach with mind mapping learning model can increase liveliness on economic subjects of class X IPS students J in SMAN 10 Malang (3) Is the application of SAVI approach with mind mapping learning model can improve creativity in the subject Economic of students class X IPS J in SMAN 10 Malang The research used is Classroom Action Research (CAR). This study was conducted in two cycles. Subject this research is the student class X IPS J SMAN 10 Malang that consisted 32 students consisting 12 male and 12 female students of academic year 2016/2017. The data used is the application of the savi approach with the mind mapping learning model from the study of learning implementation plan and observation sheet teacher activity students activity observation sheet and creative observation sheet students. The instruments used are teacher interview sheets observation sheets documentation and field notes. Based on the results of the research note is having an increase activity and creativity of students in class X IPS J. This is indicated by the percentage of the result of increasing the activity of students cycle 1 is 49% the second cycle is 69%. It can be concluded that the application of savi approach with the model mind mapping learning can improve students activity and creativity class X IPS J SMAN 10 Malang. Suggestions for economics subject s teacher that is model can be used as an alternative to increase liveliness and students creativity.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39824

Actions (login required)

View Item View Item