Penerapan pemberian reward kartu poin dan perpaduan model pembelajaran talking stick & word square untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pengantar Ekonomi & Bisnis kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 kepanjen Malang / Hardita Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pemberian reward kartu poin dan perpaduan model pembelajaran talking stick & word square untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pengantar Ekonomi & Bisnis kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 kepanjen Malang / Hardita Lestari

Lestari, Hardita (2017) Penerapan pemberian reward kartu poin dan perpaduan model pembelajaran talking stick & word square untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pengantar Ekonomi & Bisnis kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 kepanjen Malang / Hardita Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Hardita. 2017. Penerapan Pemberian Reward kartu Poin Dan Perpaduan Model Pembelajaran Talking Stick Word Square Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis Kelas X Akuntansi Di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Agung Haryono S.E M.P. Ak. Kata Kunci Reward Talking Stick Word Square Keaktifan Belajar. Kegiatan Observasi awal di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen kelas X Akuntansi menunjukkan permasalahan kelas yang terjadi yaitu masih rendahnya keaktifan belajar siswa. Siswa yang terlihat aktif cenderung hanya siswa itu-itu saja. Hal ini disebabkan karena pembelajaran ekonomi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen umumnya masih menggunakan metode ceramah dan kurang variasi model pembelajaran. Metode tersebut kurang mendukung keaktifan belajar siswa sebab terfokus kepada guru. Dengan adanya permasalahan tersebut perlu diadakannya tindakan danvariasi model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara langsung dan meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk aktif. Tindakan yang dapat diterapkan yaitu memberikan reward pada siswa dengan memadukan model pembelajaran Talking Stick dan Word Square. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan perpaduan model pembelajaran Talking Stick dan Word Squaredengan pemberian reward berupa poin dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan Kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan terdiri dari 2 siklus dan diterapkan pada materi Permintaan dan Penawaran. Keaktifan siswa dilihat dari pantauan observasiberdasarkan instrument yang berisi indikator keaktifan siswa selama kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian dari siklus I menunjukkan presentase keaktifan sebesar 40% yang masuk dalam kategori keaktifan cukup baik. Pada siklus II menunjukkan peningkatan sebesar 20% yaitu menjadi 60%. Presentase ini masuk kedalam kategori Baik dari presentase keaktifan minimal siswa dikatakan baik yaitu 50%. Kesimpulan pertama dari penelitian ini bahwa penerapan perpaduan model pembelajaran Talking Stick dan Word Squaredapat diterapkan dalam pembelajaran ekonomi. Kedua Penerapan Pemberian Reward kartu Poin dan Perpaduan Model Pembelajaran Talking Stick Word Squaredapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan maka dapat ditarik saran sebagai berikut (1) Bagi sekolah hasil penelitian tindakan kelas ini hendaknya dapat memberikan masukan positif dan menjadi alternatif model pembelajaran matapelajaran Ekonomi sehingga mampu meningkatkan kualitas sekolah sebagai lembaga pendidikan di masyarakat (2) Bagi peneliti selanjutnya hasil penelitian ini hendaknya dapat dijadikan sebagai referensi dan acuan yang sejenis dalam materi dan ruang lingkup yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39823

Actions (login required)

View Item View Item