Penerapan model pembelajaran flipped classroom dan course review horay berbasis lesson study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS 2 MAN Kota Batu / Arfiyanti Agustiningrum

Agustiningrum, Arfiyanti (2017) Penerapan model pembelajaran flipped classroom dan course review horay berbasis lesson study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS 2 MAN Kota Batu / Arfiyanti Agustiningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustiningrum, Arfiyanti. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom dan Course Review Horray Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS 2 MAN Kota Batu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Agug Haryono, S. E., M. P., Ak. Kata Kunci: Flipped Classroom, Course Review Horray (CRH), Lesson Study, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Hasil observasi di MAN Kota Batu kelas XI IPS 2, menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih berada dibawah KKM yaitu sebesar 74. Hal ini disebabkan karena dalam penyampaian materi guru masih menggunakan model pembelajaran ceramah dan kurangnya kesiapan siswa untuk melakukan kegiatan belajar didalam kelas. Hal-hal tersebut berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas XI IPS 2 MAN Kota Batu dengan menerapkan model pembelajaran Flipped Classroom dan Course Review Horray (CRH) berbasis lesson study Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Aktivitas siswa dilihat dari observasi sistematis yang dilakukan sepanjang pembelajaran. Sednagkan hasil belajar dilihat dari hasil kerja kelompok dan nilai tes yang dilakukan disetiap akhir siklus. Hasil penelitian dari sikus I nilai aktivitas siswa adalah 58 dan pada siklus II nilai aktivitas siwa meningkat menjadi 72. Hasil penelitian ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 75,00% dan pada siklus II meningkat menjadi 89,29%. Kesimpulan pertama dari penelitian ini bawa penerapan model pembelajaran Flipped Classroom dan Course Review Horray (CRH) dapat diterapkan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi. Kedua penerapan model pembelajaran Flipped Classroom dan Course Review Horray (CRH) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Ketiga penerapan model pembelajaran Flipped Classroom dan Course Review Horray (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan penelitian ini dapat dibuat saran sebagai berikut: (1) Bagi Guru mata pelajaran ekonom MAN Kota Batu, dalam penerapan model pembelajaran Flipped Classroom dan Course Review Horray (CRH) sebaiknya memilih materi yang cocok dengan model pembelajaran tersebut (2) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya mengelola kelas lebih baik agar tahapan model pembelajaran Flipped Classroom dan Course Review Horray (CRH) dapat terlaksana dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39821

Actions (login required)

View Item View Item