Pengaruh minat belajar, kecerdasan emosional (EQ) dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMAN 1 Batu / Desi Sukamto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat belajar, kecerdasan emosional (EQ) dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMAN 1 Batu / Desi Sukamto

Sukamto, Desi (2017) Pengaruh minat belajar, kecerdasan emosional (EQ) dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMAN 1 Batu / Desi Sukamto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sukamto Desi. 2017. Pengaruh Minat Belajar Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Ips Sman 1 Batu. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. H Wahjoedi M.E Kata Kunci minat belajar kecerdasan emosional pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah hasil belajar SMAN 1 Batu adalah sekolah menengah atas di kota batu yang memiliki siswa berprestasi namun berdasarkan hasil observasi awal penulis didapati hasil bahwa tidak seluruh siswa memiliki nilai yang baik tetapi memiliki nilai yang fluktuatif pada studi kasus ulangan akhir semester mata pelajaran ekonomi. Hasil ini mengindikasikan bahwa ada faktor-faktor yang berperan dalam menentukan hasil belajar siswa Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk meneliti mengenai pengaruh dari kecerdasan lain yakni kecerdasan emosional (EQ) dan faktor lain yaitu minat belajar serta pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah tentang pengaruhnya terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X IPS SMAN 1 Batu sebab dalam kondisi di suatu kelas diasumsikan tiap siswa berbeda-beda. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) menjelaskan pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 1 Batu (2) menjelaskan pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 1 Batu.(3) menjelaskan pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar disekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 1 Batu. (4) menjelaskan pengaruh minat belajar kecerdasan emosional dan pemanfaatan fasilitas belajar disekolah secara bersama-sama atau simultan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 1 Batu. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda.Data pada penelitian ini diperoleh dari kuesioner serta data mengenai hasil belajar diperoleh dari dokumentasi guru mata pelajaran ekonomi. Populasi pada penelitian ini sebanyak 145 siswa dari lima kelas yang kemudian oleh penulis ditentukan sampel sebanyak 105 siswa. Kegiatan analisis data dimulai dengan analisis deskripif dilanjutkan dengan uji prasyarat analisis uji hipotesis analisis regresi berganda analisis koefisien determinasi dan analisis sumbangan efektif. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMAN 1 Batu (2) Terdapat pengaruh antara kecerdasan emosionalterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMAN 1 Batu (3) Terdapat pengaruh antara pemanfaatan fasilitas belajar disekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMAN 1 Batu (4) Terdapat pengaruh antara minat belajar kecerdasan emosional dan pemanfaatan fasilitas belajar disekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMAN 1 Batu Saran ditujukan kepada (1) Bagi Sekolah hendaknya dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan juga dengan fasilitas belajar yang lengkap sehingga pencapaian prestasi belajar siswa dapat lebih optimal. (2) Pendidik diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui peningkatan minat belajar. (3) Bagi peneliti lain yang akan melalukan penelitian dengan subyek yang serupa disarankan agar mengambil populasi penelitian dari berbagai tingkatan pendidikan lain (SMP atau Universitas) sehingga dapat memberikan sumbangsihnya terhadap ilmu pengetahuan untuk menjelaskan besar kecilnya pengaruh dari minat belajar kecerdasan emosional dan pemanfaatan fasilitas belajar disekolah terhadap hasil belajar pada berbagai tingkatan pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39814

Actions (login required)

View Item View Item