Penerapan model pembelajaan problem based learning dipadukan dengan think pair share pada materi peran pelaku ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI lintas minat ekonomi 1 di SMA Negeri 2 Batu / Irma Ayu Maulidha - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaan problem based learning dipadukan dengan think pair share pada materi peran pelaku ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI lintas minat ekonomi 1 di SMA Negeri 2 Batu / Irma Ayu Maulidha

Maulidha, Irma Ayu (2017) Penerapan model pembelajaan problem based learning dipadukan dengan think pair share pada materi peran pelaku ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI lintas minat ekonomi 1 di SMA Negeri 2 Batu / Irma Ayu Maulidha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maulidha Irma Ayu.2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadukan Dengan Think Pair Share Pada Materi Peran Pelaku Ekonomi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Lintas Minat Ekonomi 1 Di SMA Negeri 2 Batu Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Agung Haryono S.E. M.P. Ak. a Kata Kunci Problem Based Learning Think Pair Share Hasil Belajar. Kelas Lintas Minat Ekonomi 1 di SMA Negeri 2 Batu memliki jumlah siswa yang cukup banyak sehingga kelas menjadi kurang kondusif saat adanya kegiatan pembelajaran. Ditambah lagi kelas ini adalah kelas lintas minat jadi tidak semua siswa memiliki minat yang sama dalam belajar ekonomi. Sehingga akan mempengaruhi pada hasil belajar peserta didik. Tujuan diadakannya penelitian ini agar guru bias mengkondisikan kelas dengan baik model pembelajaran sesuai dengan materi yang diajarkan dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sehingga penerapan model Problem Based Learning dipadukan denganThink Pair Share pada materi peran pelaku ekonomi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Sehingga semua kegiatan penelitian dilakukan di dalam kelas saat penerapan model ini dilakukan. Peneliti sangat berperan penuh dalam pelaksanaan penelitian ini. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Lintas Minat Ekonomi 1. Data yang diperoleh berupa hasil post test dan lembar observasi. Dan kemudian data dianalisis oleh peneliti dengan dibantu oleh observer. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Pada setiap siklus diadakan tiga pertemuan dan pada setiap akhir siklus diadakan post tes yang bertujuan untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Penerapan model pembelajaran Problem Based Leaning dipadukan dengan Think Pair Share sudah sesuai dengan teori pembelajaran berbasis masalah. Sehingga pada keterlaksanaan model pembelajaran pada siklus I menuju siklus II dapat dikatakan meningkat. Dengan adanya kegiatan refleksi pada siklus I menyebabkan kekurangan dapat diatasi sehingga pada siklus II penerapan ini berjalan lebih baik. Dengan pengkondisian kelas yang baik maka dapat mempengaruhi hasil belajar juga. Hasil belajar yang dinilai pada penerapan ini adalah penilaian pengetahuan dan sikap. Hasil belajar aspek pengetahuan dan sikap pada setiap siklus tentunya berbeda. Untuk mengetahui hasil belajar meningkat maka dapat dilihat pada siklus II. Peningkatan hasil belajar tentunya disebabkan karena penerapan perpaduan model pembelajaran yang tepat. Diharapkan bagi guru untuk menyiapkan studi kasus atau berita yang sesuai kejelasannya agar dapat didiskusikan dalam kelompok. Untuk peneliti selanjutnya sekiranya harus mempersiapkan dengan baik agar pembelajaran bisa kondusif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39813

Actions (login required)

View Item View Item