Penerapan model pembelajaran tipe Jigsaw pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Turen / Reiza Bangun Senjaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran tipe Jigsaw pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Turen / Reiza Bangun Senjaya

Senjaya, Reiza Bangun (2017) Penerapan model pembelajaran tipe Jigsaw pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Turen / Reiza Bangun Senjaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Senjaya Reiza Bangun. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang . Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Tipe Jigsaw Keaktifan Hasil Belajar Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah guru dalam mengajar menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sehingga siswa pasif dalam menerima materi. Hal ini menjadikan pembelajaran berlangsung tidak efektif siswa kurang antusias dan kurang konsentrasi. Berdasarkan observasi awal di kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Turen terdapat sebagian besar siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM dan yang mampu mencapai nilai KKM hanya kisaran 40% dalam mata pelajaran ekonomi. Hanya terdapat 25% siswa yang aktif dan selebihnya 75% siswa pasif dari jumlah total 33 siswa. Hal ini didasari oleh kondisi pembelajaran yang kurang kondusif. Selain kurang kondusif juga tampak beberapa siswa yang merasa bosan dengan kegiatan pembelajaran dan membuat hasil belajar siswa tidak maksimal. Hal tersebut mendorong peneliti untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Tipe Jigsaw untuk mengatasi keaktifan dan hasil nelajar siswa. Metode penelitian yang di gunakan adalah PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ) yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan masing-masing pertemuan 2JP x 45 menit. Setiap siklus mencakup perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 dengan jumlah 33 siswa. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi pre test dan post test serta dokumentasi Dari hasil penelitian di ketahui bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa dapat meningkat setiap siklusnya di karenakan model pembelajaran tipe Jigsaw yang di terapkan guru atau peneliti sudah sangat bagus dalam masalah pada kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Turen. Dapat diketahui rata rata keaktifan meningkat dari siklus I (77 65%) siklus II (79 21) dan siklus III (87 34%) dan rata-rata hasil belajar meningkat siklus I (78 12%) siklus II (87 5%) dan siklus III (90 90%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Tipe Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Turen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39812

Actions (login required)

View Item View Item