Pengaruh lingkungan pondok pesantren terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi melalui cara belajar pada siswa kelas XI IPS MA Almaarif Singosasi Kabupaten Malang / Rifqi Sholahuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan pondok pesantren terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi melalui cara belajar pada siswa kelas XI IPS MA Almaarif Singosasi Kabupaten Malang / Rifqi Sholahuddin

Sholahuddin, Rifqi (2017) Pengaruh lingkungan pondok pesantren terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi melalui cara belajar pada siswa kelas XI IPS MA Almaarif Singosasi Kabupaten Malang / Rifqi Sholahuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sholahuddin Rifqi. 2017. Pengaruh Lingkungan Pondok Pesantren Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Cara Belajar Pada Siswa Kelas XI IPS MA Almaarif Singosari Kabupaten Malang. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs. Prih Hardinto M.Si. Kata Kunci Lingkungan Pondok Pesantren Cara Belajar Hasil Belajar Hasil belajar merupakan tolok ukur keberhasilan yang dapat dicapai siswa setelah melakukan kegiatan pembelajaran selama waktu yang telah ditentukan bersama. Siswa dapat dikatakan berhasil pembelajarannya apabila nilai yang diperoleh atau hasil yang dapat dicapai memuaskan dan baik. Terdapat beberapa faktor yang dapat memepengaruhi hasil belajar siswa diantaranya adalah lingkungan pondok pesantren dan cara belajar. Dalam kaitannya dengan hasil belajar lingkungan pondok pesantren yang dimaksud adalah siswa yang sekolah di MA Almaarif Singosari dan tinggal di pondok pesantren. Tinggi rendahnya hasil siswa juga tergantung pada cara siswa belajar. Oleh karena itu permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh lingkungan pondok pesantren terhadap cara belajar siswa mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS MA Almaarif Singosari Kabupaten Malang. (2) Adakah pengaruh lingkungan pondok pesantren terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS MA Almaarif Singosari Kabupaten Malang. (3) Adakah pengaruh cara belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS MA Almaarif Singosari Kabupaten Malang. (4) Adakah pengaruh lingkungan pondok pesantren terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS MA Almaarif Singosari Kabupaten Malang melalui cara belajar siswa sebagai variabel intervening. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MA Almaarif Singosari Kabupaten Malang yang tinggal di pondok pesantren yang berjumlah 98 siswa dan karena populasi dalam penelitian ini kurang dari 100 maka peniliti menetapkan penilitian ini sebagai penelitian populasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan metode dokumentasi. Untuk mengetahui gambaran lingkungan pondok pesantren dan cara belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS MA Almaarif Singosari Kabupaten Malang digunakan analisis deskriptif. Adapun pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F dengan bantuan SPSS. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa lingkungan pondok pesantren bagi siswa kelas XI IPS MA Almaarif Singosari Kabupaten Malang sudah baik cara belajar siswa kelas XI IPS MA Almaarif Singosari Kabupaten Malang baik namun belum optimal dan hasil belajar siswa masih kurang baik. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa lingkungan pondok pesantren berpengaruh positif terhadap cara belajar siswa lingkungan pondok pesantren berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa cara belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dan hasil pengujian hipotesis juga menunjukkan lingkungan pondok pesantren berpengaruh positif terhadap hasil belajar melalui cara belajar sebagai variabel intervening. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa lingkungan pondok pesantren berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa dan cara belajar juga berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu siswa disarankan untuk memperbaiki cara belajarnya agar dapat meningkatkan hasil belajarnya lebih baik. 8195 ABSTRACT Sholahuddin Rifqi. 2017. The Effect of Islamic Boarding School Environment on Learning Outcomes of Economics Lesson Through Students Learning Method In Grade XI IPS MA Almaarif Singosari Malang Regency. Undergraduate Program of Economics Education Department of Development Economics Faculty of Economics State University of Malang Advisor Drs. Prih Hardinto M.Si. Keywords Boarding School environment Learning Methods Learning Outcomes Learning outcomes are the benchmarks of success that students can attain after learning activities over a predetermined time. Students can be said to be successful in learning if the value obtained or results can be achieved satisfactory and good. There are several factors that can influence student learning outcomes such as boarding school environment and method of learning. In relation to the learning outcomes the boarding school environment are student at MA Almaarif Singosari school and they live in boarding school.Student learning outcomes also depend on how students learn. Therefore the problems of studied method in this research are (1) Is there any influence of boarding school environment to the students learning of economic subjects in grade XI IPS students MA Almaarif Singosari Malang Regency. (2) Is there any influence of pesantren cottage environment on the result of studying economic subjects in grade XI IPS students MA Almaarif Singosari Malang Regency. (3) Is there influence of student s method learning to the result of study of economics subject at student of grade XI IPS MA Almaarif Singosari Malang Regency. (4) Is there any influence of boarding school environment on the result of learning economic subjects at grade XI IPS students MA Almaarif Singosari Malang Regency through student learning as intervening variable. The purpose of this study is to obtain answers to existing problems. The population in this study were the students of grade XI IPS MA Almaarif Singosari Malang Regency who lived in boarding school which amounted to 98 students And since the population in this study is less than 100 then the researcher determined this research as a population study. Data collection in this study using questionnaire method and documentation method. To find out the picture of boarding school environment and the method learning of students on the learning result of economic subjects in grade XI IPS students MA Almaarif Singosari Malang Regency the researcher used descriptive analysis. The hypothesis testing using t test and F test with the help of SPSS. The result of descriptive analysis shows that boarding school environment for grade XI IPS students MA Almaarif Singosari Malang Regency is good the learning method of student of grade XI IPS MA Almaarif Singosari Malang Regency is good but it s not optimal and student learning result is not good enough. The result of hypothesis testing shows that boarding school environment has a positive effect on student learning boarding school environment has a positive effect on students learning outcomes the method learning has a positive effect on student learning outcomes and hypothesis test results also show that boarding school environment has a positive effect on learning outcomes through learning As intervening variable. Based on the results of this study it can be concluded that the boarding school environment has a positive effect on student achievement and learning method also has a positive effect on student learning outcomes. Therefore students are encouraged to improve their learning to improve their learning outcomes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39811

Actions (login required)

View Item View Item