Penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI lintas minat ekonomi SMA Laboratorium UM Malang semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Sitti Rohaidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI lintas minat ekonomi SMA Laboratorium UM Malang semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Sitti Rohaidah

Rohaidah, Sitti (2017) Penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI lintas minat ekonomi SMA Laboratorium UM Malang semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Sitti Rohaidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohaidah Sitti. 2017. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI Lintas Minat Ekonomi SMA Laboratorium UM Malang . Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (1)Drs. H.Sapir S.Sos M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Keaktifan Hasil Belajar. Pendidikan merupakan kunci perbaikan kualitas sumber daya manusia. Perbaikan kualitas pendidikan dilakukan oleh beberapa pihak. Pemerintah telah melakukan beberapa upaya dalam perbaikan kualitas pendidikan salah satunya dalam hal kurikulum. Kurikulum yang berlaku sekarang yaitu kurikulum 2013 yang menuntut siswa untuk aktif dalam pembelajaran dengan tujuan memperoleh hasil belajar yang maksimal melalui keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Selain itu di kelas XI Lintas Minat Ekonomi SMA Laboratorium UM Malang siswa dalam kegiatan belajar kurang terlibat aktif akibatnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi rendah sehingga akan berpengaruh pada hasil belajar yang didapatkan oleh siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil Pre Test pertama seluruh siswa masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan adanya model pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif sehingga tidak ada yang mendominasi pembelajaran yaitu pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Subjek penelitian ini adalah kelas XI Lintas Minat Ekonomi SMA Laboratorium UM Malang dengan jumlah 35 siswa. Siswa terdiri dari 22 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari-Februari 2017 dan dilakukan dalam 2 siklus di mana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran kooperatif model Jigsaw megalami peningkatan dari siklus I sebesar 91 67% yang termasuk kategori sangat baik menjadi 97 22% yang termasuk kategori sangat baik pada siklus II. Keaktifan siswa mengalami peningkatan pada presentase dari siklus I sebesar 74 39% yang termasuk kategori cukup menjadi 84 78% yang termasuk kategori baik pada siklus II. Hasil belajar juga megalami peningkatan dengan ketuntasan belajar 62 86% atau sebanyak 22 siswa tuntas menjadi 94 29% sebanyak 33 siswa tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif model Jigsaw telah diterapkan dengan baik dan model pembelajaran Jigsaw mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan saran yang dapat diberikan yaitu diharapkan bagi Sekolah hasil penelitian ini hendaknya dapat menjadi pertimbangan dalam upaya meningkatkan keterampilan mengajar guru. Diharapkan bagi guru dapat dijadikan alternatif pembelajaran yang lebih inovatif dan diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan populasi dan sampel penelitian yang lebih luas serta materi ajar yang berbeda supaya mendapatkan hasil yang lebih baik ABSTRACT Rohaidah Sitti. 2017. The Application of Cooperative Learning in Jigsaw Model to Improve The Activity and Learning Score of Students in Economics Subjects Grade XI Cross Interests of Economic in High School of Laboratory UM of Malang . Thesis. Study Program of Economic Education Department of Economic Development Faculty of Economics State University of Malang Advisor (1) Drs. H.Sapir S.Sos M.Si. Keywords Cooperative Learning of Jigsaw Model Activity Learning Score. Education is the key to improve the quality of human resources. Improving the quality of education is done by several parties. The government has made several efforts in improving the quality of education one of them in terms of curriculum. Therefore the current curriculum is the 2013 curriculum that requires students to be active in learning with the aim of obtaining in maximum learning score through student involvement in learning. In addition in the grade XI Cross Interest of Economy in High School Laboratory UM Malang students is less active in learning activities consequently the level of students understanding of the material is low so it will affect the learning score that obtained by students. It can be proven with the result of the first Pre Test of all students still under Minimum Exhaustiveness Criteria (KKM). To overcome these problems is required the existence of a learning model that requires students to be active so that no one dominates the learning by cooperative learning in Jigsaw model. The subject of this research is the students of grade XI Cross Interest of Economy in High School of Laboratory UM Malang with total 35 students. Students consisted of 22 female students and 13 male students. The study was conducted in January-February 2017 and was conducted in 2 cycles in which each cycle consisted of 2 meetings. The type of this research is classroom action research (PTK) by using qualitative descriptive approach. Based on the result of research indicate that the implementation of cooperative learning in Jigsaw model has improved from cycle I is to 91 67% which belongs very good category then become 97 22% which belongs very good category in cycle II. Activity of students has increased in percentage from cycle I is 74 39% which belongs enough category become 84 78% which belongs good category in cycle II. Learning score also has increased with mastery learning is 62.86% or as many as 22 students complete to 94.29% as many as 33 students thoroughly. The conclusion of this research is cooperative learning in Jigsaw model has been applied well and Jigsaw learning model able to increase the activity and the result of student learning. Based on the results of research conducted suggestions that can be given that is expected for the School the results of this study should be a consideration in an effort to improve teachers teaching skills. It is expected that teachers can be used as a more innovative learning alternative and expected for the next researcher can use the population and sample of the wider research and different teaching materials in order to get better results

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39808

Actions (login required)

View Item View Item