Pengaruh lingkungan keluarga dan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMAN 1 Gondanglegi tahun ajaran 2016/2017 / Bahrul Ulum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan keluarga dan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMAN 1 Gondanglegi tahun ajaran 2016/2017 / Bahrul Ulum

Ulum, Bahrul (2017) Pengaruh lingkungan keluarga dan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMAN 1 Gondanglegi tahun ajaran 2016/2017 / Bahrul Ulum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ulum bahrul. 2017. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Teman sebaya Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS Di SMAN 1 Gondanglegi Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangun Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mardono Kata Kunci Lingkungan Keluarga Teman Sebaya Hasil Belajar Pendidikan merupakan suatu yang penting dan diangga paling utama dalam kehidupan manusia dan dapat memberi bekal hidup kepada peserta didik dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam pencapaian hasil belajar banyak faktor yang mempengaruhinya antara lain adalah faktor lingkungan keluarga dan teman sebaya. Lingkungan keluarga dan teman sebaya merupakan salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Lingkungan keluarga siswa kelas XI IIS SMAN 1 Gondanglegi berbeda-beda sebagian berasal dari keluarga sederhana dan sebagian berasal dari keluarga yang berkecukupan. Siswa yang berasal dari keluarga sederhana biasanya merasa rendah diri dan ada yang merasa biasa-biasa saja sehingga ada yang kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran pada setiap kelas ada juga beberapa siswa yang terbagi menjadi kelompok teman sebaya tertentu dan ada juga yang tidak mempunyai kelompok teman sebaya di kelas. Siswa yang tidak mempunyai kelompok teman sebaya di kelas cenderung pasif dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Kondisi lingkungan keluarga dan diterimanya siswa dengan teman sebaya lain mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS SMAN 1 Gondanglegi (2) pengaruh teman sebaya terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS SMAN 1 Gondanglegi (3) pengaruh lingkungan keluarga dan teman sebaya terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS SMAN Gondanglegi. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah seluruh populasi siswa kelas XI IIS SMAN 1 Gondanglegi yang berjumlah 80 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan bantuan pengelolaan program SPSS 20 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS SMAN 1 Gondanglegi (2) terdapat pengaruh yang signifikan teman sebaya terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS SMAN 1 Gondanglegi (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan lingkungan keluarga (X1) dan teman sebaya (X2) terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS SMAN 1 Gondanglegi. hasil penelitian yang di dapat bahwa teman sebaya berpengaruh sangat besar terhadap hasil belajar siswa dari pada lingkungan keluarga meskipun sama-sama ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan (1) sekolah hendaknya bekerja sama dengan wali murid apabila siswa mengalami permasalahan di lingkungan keluarga (2) guru lebih memperhatikan siswanya apabila mereka mengalami masalah baik dengan lingkungan keluarga maupun dengan teman sebaya dan mempunyai inovasi yang berhubungan dengan hasil belajar siswa yang menunjang (3) penelitian selanjutnya diharapkan dapat merefleksikan penelitian ini dengan faktor eksternal yang berbeda misalnya disiplin belajar fasilitas belajar disekolah lingkungan masyarakat sehingga berguna sebagai tambahan pengetahuan kajian dan referensi untuk permasalahan yang berkaitan dengan masalah penelitian ini. ABSTRACT Ulum Bahrul. 2017. Influence Of Family Environment and Peers Student Ec Class XITh Grade Learning Outcomes In SMAN 1 Gondanglegi 2016/2017. Thesis. Department Of Economics. Faculty Of Economics Builders. State University Of Malang. Supervisor (1) Drs. Martiono Keywords Family Environment Peers Study Results Education is an important thing and considered as the most important in human life and can give a life provision to students and meet the needs of the community. There are many factors that influence the learning achievement those are family environment and peers factors. Family environment and peers is one of the external factors that affect the success of students learning. The family environment of students in class XI IIS of SMAN 1 Gondanglegi was vary some came from a simple family and some others came from affluent families. The students who came from simple families usually felt inferior and there were also felt mediocre so there was less active in following the process of learning in each class there were also some students who were divided into specific peer groups and also those who did not have group peers in the classroom. The students who did not have a group of peers in the classroom tended to be passive in the learning process in the classroom. The condition of family environment accepted by the students with other peers affected the students learning outcomes. This study aims to determine (1) the influence of family environment on the learning outcomes of Economics of students in class XI IIS SMAN 1 Gondanglegi (2) the influence of peers on the learning outcomes of Economics of students in class XI IIS SMAN 1 Gondanglegi (3) the influence of family environment and peers on the learning outcomes of Economic of students in class XI IIS SMAN Gondanglegi. This study included quantitative research. Samples were taken from the entire population of students of class XI IIS SMAN 1 Gondanglegi totaling 80 students. The collection of data by using questionnaires and documentation. Data were analyzed using SPSS 20 for Windows. The results showed that (1) there was a significant effect of family environment on the learning outcomes of Economics of students of class XI IIS SMAN 1 Gondanglegi (2) there was significant influence of peers on learning outcomes of Economics of students in class XI IIS SMAN 1 Gondanglegi (3) there was a significant influence simultaneously a family environment (X1) and peers (X2) on the learning outcomes of Economics of students class XI IIS SMAN 1 Gondanglegi. The research results showed that peers enormously affected on the students learning outcomes than the family environment although those factors gave an effect on the students learning outcomes. Based on these results it can be suggested (1) the school should cooperate with the parents if the student have problems in the family environment (2) teachers give more attention to students when they have problems either with the family and with peers and have the supporting innovation related to students learning outcomes (3) further research is expected to reflect this research with external factors which differ for example discipline of learning learning facilities in schools communities so it is useful as an additional knowledge assessment and reference for issues related to this research problems.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39807

Actions (login required)

View Item View Item