Safriani, Yulia (2017) Penerapan model pembelajaran make a match dan mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di dalam kelas pada mata pelajaran ekonomim kelas XI IPS 2 SMA Laboratorium UM Malang / Yulia Safriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Safriani Yulia. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dan Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di dalam Kelas pada Mata pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 2 SMA Laboratorium UM Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malanmg. Pembeimbing Prof. Dr. Hj. Sri Umi Mintarti Widjaja S.E. M.P. A.k. Kata Kunci penerapan model pembelajaran make a match dan mind mapping kemampuan berpikir kritis siswa. Penerapan model pembelajaran make a match dan mind mapping merupakan pembelajaran yang menggabungkan atau memadukan anatara dua model pembelajaran yakni make a match dan mind mapping yang terjadi mulai langkah pembelajaran kedua yaitu pendidik membimbing pengalaman individual/kelompok. Kemampuan berpikir kritis adalah proses siswa dalam melakukan pemecahan pertanyaan dalam kartu soal yang telah diberikan oleh pendidik secara individu dan presentasi mind mapp yang dilakukan oleh individu/kelompok. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan perpaduan model pembelajaran make a match dan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di dalam kelas XI IPS 2 Laboratorium UM Malang pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas (PTK). Data paparan adalah keterlaksanaan penerapan perpaduan model pembelajaran make a match dan mind mapping meningkat dari siklus I sebesar 95% menjadi 98% pada siklus II. Kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari siklus I 62% menjadi 85% pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh beberapa simpulan hasil penelitian. Pertama keterlaksanaan penerapan perpaduan model pembelajaran make a match dan mind mapping meningkat pada siklus II dibanding siklus I hal ini menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran ini sangat baik dan cocok diterapkan pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 2 SMA Laboratorium UM Malang. Kedua kemampuan berpikir kritis siswa meningkat pada siklus II dibandingkan siklus I sehingga penerapan pembelajaran ini sangat cocok diterapkan pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 2 SMA Laboratorium UM Malang. Kesimpulannya adalah penerapan perpaduan model pembelajaran make a match dan mind mapping dapat diterapkan dengan baik serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 2 SMA Laboratorium UM Malang. ABSTRACT Safriani Yulia. 2017. The Implementation of Learning Model Make A Match and Mind Mapping to Enhance Critical Thinking Ability for the Eleventh Grade Students of Social Studies 2 in the Class on Economic Subject at SMA Laboratory UM Malang. Sarjana s Thesis. Department of Development Economics Faculty of Economics State University of Malanmg. Advisors Prof. Dr. Hj. Sri Umi Mintarti Widjaja S.E. M.P. A.k. Keywords Implementation Learning Model Make A Match and Mind Mapping Critical Thinking Ability. A implementation learning model make a match and mind mapping is a learning that occurred from the second part of learning in which educators guide individual experience/ group. The ability of critical thinking is the process of learners in questioning in the question card that has been given by educators individually and presentation of mind mapping that will be doing by individual/group. This research was conducted in order to determine how the implementation of collaborated learning model of make a match and mind mapping on the critical thinking skills of studies for the eleventh grade students of Social Studies 2 at SMA Laboratory UM Malang on Economic Subject. This study is a Classroom Action Research (CAR) and uses descriptive qualitative research design. The data exposure is the implementation of collaborated make a match and mind mapping models increased from the first cycle of 95% to 98% in the second cycle. Critical thinking skills of studies increased from the first cycle of 62% to 85% in the second cycle. Based on the results of the data analysis it obtained some conclusion of research results. First the enforceability of the implementation of collabbortaed learning model make a match and mind mapping increased in the second cycle than the first cycle demonstrating the feasibility of learning is very good and suitable to be applied on economics subject for the eleventh grade students of Social Studies 2 at SMA Laboratory UM Malang. Second critical thinking skills of students increased in the second cycle than the firs cycle so that the implementation of learning is very suitable to be applied on economics subjects for the eleventh grade of Social Studies 2 at SMA Laboratory UM Malang. The conclusion of this study is that implementation of collaborated learning model make a match and mind mapping can be applied properly and can improve critical thinking skills of students for the eleventh grade students of Social Studies 2 SMA laboratory UM Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39805 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |