Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi tahun pelajaran 2016/2017 / Devi Leni Apriliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi tahun pelajaran 2016/2017 / Devi Leni Apriliana

Apriliana, Devi Leni (2017) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi tahun pelajaran 2016/2017 / Devi Leni Apriliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Apriliana Devi Leni 2017. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Achmad Ali Wava M.Pd. Kata Kunci Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Kebiasaan Belajar Siswa Hasil Belajar. Hasil Belajar dipengaruhi oleh faktor intern dan faktor ekstern. Salah satu faktor ekstern adalah pemanfaatan perpustakaan sekolah. Berdasarkan hasil observasi awal yang di lakukan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi masih banyak di temukan siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Hal ini terjadi karena rendahnya tingkat pemanfaatan perpustakaan sekolah selain itu hasil belajar juga di pengaruhi oleh faktor intern. Salah satu faktor intern adalah kebiasaan belajar siswa. Kebiasaan belajar adalah segenap perilaku siswa yang ditunjukkan secara konsisten dari waktu kewaktu dalam rangka pelaksanaan belajar di sekolah. Dengan mempunyai kebiasaan belajar yang baik siswa akan terlatih belajar secara terus menerus dengan demikian maka hasil belajar siswa akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dan kebiasaan belajar siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhamaadiyah 7 Gondanglegi. Sampel penelitian ini berjumlah 110 siswa dari populasi 152 siswa kelas XI Perbankan dan XI Adminidtrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Proporsional random sampling. Jenis penelitian ini adalah eksplanasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunkanan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan ada pengaruh positif antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi sebesar 52 1% sisanya dipengaruhi faktor lain di luar penelitian. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) kepada pihak sekolah untuk memperbanyak koleksi buku buku-buku perpustakaan baik berupa buku pelajaran maupun selain pelajaran agar siswa lebih tertarik untuk mengunjungi perpustakaan sekolah. (2) kepada guru untuk terus memberikan motivasi kepada siswa agar siswa mempunyai kebiasaan belajar yang baik di sekolah maupun di rumah. ABSTRACT Apriliana Devi Leni 2017. The Influence of School Library Utilization and Student Learning Habits on Learning Outcomes Introductory Course Economics and Business Students Class XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Lessons 2016/2017. Thesis Department of Economic Development Economic Education Studies Program Faculty of Economics State University of Malang. Supervisor Drs. Achmad Ali Wava M.Pd. Keywords School Library Utilization Student Learning Habit Learning Outcomes. Learning outcomes are influenced by internal factors and external factors. One of the external factors is the use of school libraries. Based on the results of preliminary observations made in SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi still found many students who got the value under the KKM. This happens because the low level of utilization of school libraries in addition to the results of learning is also influenced by internal factors. One of the internal factors is the students learning habits. Habits of learning are all student behaviors that are shown consistently from time to time in order to implement learning in school. By having good study habits students will be trained to learn continuously thus the student learning outcomes will increase. This study aims to determine the effect of simultaneous and partial between the use of school libraries and student learning habits on the introductory subjects of economics and business students of class XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi academic year 2016/2017. This research was conducted at SMK Muhamaadiyah 7 Gondanglegi. The sample of this study amounted to 110 students from population 152 students class XI Banking and XI Administration Office SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. The sampling technique in this study used Propotional random sampling. This type of research is explanation. Data collection techniques used questionnaires and documentation. Data analysis techniques use multiple linear regression. The results of this study indicate that simultaneously there is a positive influence between the use of school libraries and learning habits of student learning outcomes class XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi 52.1% the rest influenced by other factors outside the study. Suggestions that can be given are (1) to the school to increase the collection of books of library books either in the form of textbooks or in addition to the lesson so that students are more interested to visit the school library. (2) to teachers to continue to provide motivation to students so that students have good study habits at school and at home. KATA PENGANTAR Syukur alhamdulilah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga penelitian dan penyusunan skripsi yang berjudul Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Tahun Pelajaran 2016/2017 dapat diselesaikan dengan baik. Sholawat serta salam semoga senantiasa terlimpah kepada Nabi Muhammad SAW. Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya penulis sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu proses penelitian dan penyusunan skripsi ini baik secara langsung maupun tidak langsung terutama kepada 1.Bapak Drs. Achmad Ali Wafa M.Pd selaku dosen pembimbing yang telah memberikan saran bimbingan serta motivasi kepada penulis dengan sabar dan penuh perhatian sehingga penulisan skripsi ini berjalan dengan baik dan lancar. 2.Bapak Drs. Ir. Yohanes Hadi S. M.Div. M.Si selaku Dosen Penguji Utama yang telah banyak memberikan bimbingan mengarahkan dan memberikan kepada penulis dalam penyelesaian skripsi ini. 3.Bapak Drs. Prih Hardinto.M.Si selaku Dosen Penguji Kedua yang telah banyak memberikan bimbingan mengarahkan dan memberikan kepada penulis dalam penyelesaian skripsi ini 4.Ibu Dr. Dwi Wulandari S.E M.M selaku Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan yang telah memberikan izin penelitian. 5.Bapak Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed M.Si selaku dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang 6.Bapak Pahri S.Ag MM selaku Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi yang telah memberikan ijin kepada penulis untuk melakukan penelitian. 7.Seluruh siswa kelas XI Perbankan dan XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi yang telah bersedia menjadi subjek penelitian sehingga penelitian ini dapat berjalan dengan lancar. 8.Bapak Dasuki dan Ibu Sutri selaku kedua orang tuaku Kakak dan berserta keluarga besarku yang telah memberikan doa dukungan semangat dan kasih sayang yang tiada tara sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan baik. 9.Sahabat-sahabatku tercinta yang tak henti-hentinya memberikan semangat motivasi dan doa teman-teman seperjuanganku di Off M teman-teman kos teman-teman KPL dan KKN terima kasih atas semua yang telah kalian berikan untuk penulis. Malang 18 Mei 2017 Devi Leni Apriliana DAFTAR ISI Halaman ABSTRAK i KATA PENGANTAR iii DAFTAR ISI v DAFTAR TABEL vii DAFTAR GAMBAR viii DAFTAR LAMPIRAN ix BAB I PENDAHULUAN A.Latar Belakang 1 B.Rumusan Masalah 4 C.Hipotesis Penelitian 4 D.Manfaat Penelitian 4 E.Asumsi Penelitian 5 F.Ruang Lingkup dan Keterbatasan Penelitian 6 G.Definisi Operasional 7 BAB II KAJIAN PUSTAKA A.Kajian Teori 9 B.Kajian terhadap Penelitian Terdahulu 39 BAB III METODE PENELITIAN A.Rancangan Penelitian 43 B.Populasi dan Sampel Penelitian 43 C.Intrumen Penelitian 45 D.Metode Pengumpulan Data 51 E.Analisis Data 51 BAB IV HASIL ANALISIS A.Deskripsi Data Penelitian 57 B.Uji Persyaratan Asumsi 62 C.Uji Hipotesis 67 BAB V PEMBAHASAN A.Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Tahun Pelajaran 2016/2017 71 B.Pengaruh Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Tahun Pelajaran 2016/201774 C.Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Tahun Pelajaran 2016/2017 75 BAB VI PENUTUP A.Kesimpulan 77 B.Saran 77 DAFTAR RUJUKAN 79 LAMPIRAN-LAMPIRAN 83 DAFTAR TABEL Tabel Halaman 2.1. Kebiasaan Belajar yang Baik dan Kebiasaan Belajar yang Buruk 22 2.2. Penelitian Terdahulu 40 3.1. Jabaran Populasi Kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi 44 3.2. Jabaran Sampel Kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi 45 3.3. Jabaran Variabel 46 3.4. Hasil Uji Validitas Pemanfaatan Perputakaan 49 3.5. Hasil Uji Validitas Kebiasaan Belajar Siswa 50 3.6. Hasil Uji Reliabilitas 50 4.1. Klasifikasi skor Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah 58 4.2. Klasifikasi Skor Kebiasaan Belajar 60 4.3. Klasifikasi Hasil Belajar 61 4.4. Uji Normalitas Data Variabel 63 4.5. Hasil Uji Multikolinearitas 64 4.6. Hasil Uji Heterokedastisitas 65 4.7. Uji Regresi Linier Berganda 66 4.8 Hasil Uji Parsial 67 4.9 Hasil Uji Simultan (Uji F) 69 4.10 Hasil Uji Sumbangan Efektif 70 4.11 Perhitungan Sumbangan Efektif 70 4.12 Hasil Uji Koefisien Determinasi 71 DAFTAR GAMBAR Gambar Halaman 3.1 Rancangan Penelitian 43 4.1 Histogram Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah 59 4.2 Histogram Kebiasaan Belajar Siswa 60 4.3 Histogram Hasil Belajar 62 DAFTAR LAMPIRAN LampiranHalaman 1.Angket Penelitian 75 2.Daftar Nilai 79 3.Data Uji Coba Instrumen Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah 90 4.Data Uji Coba Instrumen Kebiasaan Belajar 92 5.Hasil Uji Validitas Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah (X1) 94 6.Hasil Uji Validitas Kebiasaan Belajar Siswa 96 7.Hasil Uji Reliabilitas Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah X1 dan Kebiasaan Belajar Siswa 103 8.Tabulasi Data Penelitian Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah (X1) 108 9.Tabulasi Data Penelitian Kebiasaan Belajar Siswa (X2) 110 10.Hasil Uji Normalitas 119 11.Hasil Uji Multikolinearitas 120 12.Hasil Uji Heterokedastisitas 121 13.Hasil Uji Regresi Linier Berganda 122 14.Hasil Uji Parsial (uji t) 123 15.Hasil Uji Simultan (uji F 124 16.Hasil Uji Sumbangan Efektif 125 17.Hasil Uji Koefisien Determinasi 126

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39803

Actions (login required)

View Item View Item