Analisis kesulitan siswa memahami mata pelajaran ekonomi dan alternatif pemecahannya (studi kasus pada siswa kelas X IPS 1 di MAN 1 Malang) / Mega Prastika - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesulitan siswa memahami mata pelajaran ekonomi dan alternatif pemecahannya (studi kasus pada siswa kelas X IPS 1 di MAN 1 Malang) / Mega Prastika

Prastika, Mega (2017) Analisis kesulitan siswa memahami mata pelajaran ekonomi dan alternatif pemecahannya (studi kasus pada siswa kelas X IPS 1 di MAN 1 Malang) / Mega Prastika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prastika Mega.2017.Analisis Kesulitan Siswa Memahami Mata Pelajaran Ekonomi dan Alternatif Pemecahannya (Studi Kasus pada Siswa Kelas X IPS 1 di MAN 1 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Prih Hardinto M.Si Kata Kunci kesulitan belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS 1 Setiap siswa tentu ingin mendapatkan hasil belajar yang terbaik namun tidak dapat dipungkiri bahwa hampir setiap siswa mengalami kesulitan belajar yang menjadi kendala untuk mencapainya. Penelitian ini dilaksanakan untuk menjawab permasalahan kesulitan belajar yang dialami siswa kelas X IPS 1. Rumusan masalah dalam penelitan ini adalah 1) Pada bagian istilah/terminologi manakah siswa mengalami kesulitan memahami materi pokok bahasan bank dan berapakah persentasenya di kelas X IPS 1 MAN 1 Malang 2)Apa faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan memahami istilah/terminologi pada pokok bahasan bank kelas X IPS 1 di MAN 1 Malang 3) Bagaimana upaya yang dilakukan siswa dan guru dalam mengatasi kesulitan memahami materi pokok bahasan bank kelas X IPS 1 di MAN 1 Malang Penelitian ini menggunakan dua pendekatan yaitu metode penelitian kuantitatif dan kaualitatif. Kegiatan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan eksplanatori skuensial. Dalam penelitian ini lebih memprioritaskan pada data kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah data kuantittif diperoleh dari hasil tes diagnosis dan angket yang diisi oleh siswa kelas X IPS 1. Sementara data kualitatif diperoleh melalaui observasi dan wawancara mendalam. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Berdasarkan hasil tes diagnosis yang diberikan pada siswa kelas X IPS 1 diperoleh hasil persentase kesulitan siswa tertinggi terdapat pada kata mekanisme kliring dengan jumlah total kesulitan 96 30 %. Sedangkan persentase kesulitan siswa memahami istilah/terminologi terendah terletak pada istilah/terminologi transparan dengan persentase kesulitan sebesar 25 93%. 2)Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan memahami istilah/terminologi pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan bank. Pertama dikarenakan banyaknya penggunaan istilah/terminologi asing yang tidak diimbangi dengan perbendaharaan istilah/termiologi yang banyak. Kedua keterbatasan sumber referensi berupa buku paket yang dimiliki siswa sehingga mayoritas siswa hanya berpegangan pada LKS yang dimilikinya. Ketiga waktu pelajaran dan metode mengajar guru.3) Upaya yang telah dilakukan siswa untuk mengatasi kesulitan belajar memahami materi pokok bahasan bank. Pertama dengan cara bertanya kepada teman. Kedua dengan cara browsing. Ketiga dengan cara bertanya pada guru. Sementara upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar diantanya adalah sebagai berikut. Pertama dengan cara memberikan motivasi di awal pelajaran. Kedua dengan cara memberikan bantuan pada saat KBM berlangsung. Setelah mengetahui persentase dan letak kesulitan belajar siswa dalam memhami mata pelajaran ekonomi studi kasus pada siswa kelas X IPS 1 berikut ini adalah saran yang diberikan oleh peneliti. 1). Bagi sekolah sebaiknya menyediakan referensi yang lebih banyak di perpustakaan sekolah. 2) Bagi guru sebaiknya membuat modul agar siswa lebih mudah memahami materi pelajaran dan yang ke 3) Bagi siswa agar lebih rajin mencari sumber belajar lain tidak hanya berpatokan pada LKS. ABSTRACT Prastika Mega. 2017. Analysis on Students Difficulty to Comprehend economics Subject and its Alternative Solution (Case Study on student of X Grader IPS 1 at MAN 1 Malang . Thesis. Department of Development Economics. Faculty of Economics. State University of Malang. Advisor Drs. Prih Hardinto M.Si Keywords learning difficulty economics course students of X IPS 1 Every student surely wants to get the best learning result but it cannot be denied that mostly students have learning difficulty which becomes obstacle to reach it. This research is conducted to answer problems on learning difficulty which is had by students of X IPS 1. Research problems in this research are 1) which terminology term do students get difficult to comprehend bank main material and how is the percentage on X Grader IPS 1 MAN 1 Malang 2) What are the factors causing students get difficult to comprehend terminology on bank main material of Grader IPS 1 MAN 1 Malang/ 3) How is effort done by students and teachers to overcome difficulty in comprehending bank main material of Grader IPS 1 MAN 1 Malang This research utilized two approaches those are quantitative and qualitative research method. Data collection conducted in this research is explanatory squencial. It prioritizes on qualitative data. Data in this research are qualitative data obtained by result of diagnosis test and questionnaire filled by students of X Grader IPS 1. While qualitative data is obtained trough observation and deep interview. To check the validity of the data it is utilized source triangulation technique technique triangulation and time triangulation. Result of this research shows that 1) Based on diagnosis test given to students of X grader IPS 1 it reveals that the highest percentage of students difficulty goes to the word meknaisme kliring with total of difficulty 96 30 %. While the lowest percentage on students difficulty to comprehend terminology goes to the word transparan with total 25 93 %. 2) Factors causing students have difficulty to comprehend terminology on economics subject in bank main material. First it is caused many unfamiliar terminologies which are not balanced by many terminology treasuries. Second limited reference of book belonged students so that mostly students only depend on LKS belonged by them. Third duration of subject and teachers teaching method. 3) Effort conducted by students to overcome difficulty in teaching to comprehend bank main material. First is by asking to the friends. Second is by browsing. Third is by asking to the teachers. While efforts done by teachers to overcome difficulty in learning are First by giving motivation in the beginning of the study. Second by giving a hand when learning process is running. After knowing percentage and where the student s learning difficulty to comprehend economics subject of X IPS 1 is these are suggestion given by researcher 1) For school it should provide more references in library. 2) For teachers they should make module so that students could be easier to comprehend subject and 3) for students they should be diligent to look for learning sources not only rely on LKS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39801

Actions (login required)

View Item View Item