Manajemen kelas yang kondusif terhadap peningkatan pertumbuhan dan perkembangan anak <BR>studi kasus di TK PIG Malang <BR>oleh Winarti

Winarti (2002) Manajemen kelas yang kondusif terhadap peningkatan pertumbuhan dan perkembangan anak <BR>studi kasus di TK PIG Malang <BR>oleh Winarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK winarti.2 002.M anajemenK elas yang Kondusy' T'erhatlapp eningkatan pertumbuhan danP erkembanganA nak: studi Kasus di'I'K p.r.G Mqlang. Skripsi, Jurusan AdministrasPi endidikanF Ip universitasN egeri Malang.p embimbing:( l) prof. Dr. Willem Mantja, M.Pd, (lI) Dr. Imron Arifin. M.pd. Katak unciM: anajemekne lasp, ertumbuhadna nI )crkernbang'al'nz,m anK anak-l(anak. Pembangunnaans ionaalk anb erjaladne nganla ncaar pabilad idukunogl eh sum_dbacyr am anusiyaa ngl rerkualitapsc, ningkntaknu nlitass imbcrd a-yran arrusia dilakukamne lalupi rosesp endidikanD. alamU U RI No. 2 th l9g9: pasalI tentang SistemPe ndidikaNn asionald inyatakanb ahwa' ?endidikana dalahu sahas adaru ntuk menyiapkpaens ertad idik melaluik egiatanb imbinganp, engajarand,a na taul atihanb agi perananndyi ma asay anga kand atang." - Untukm ewujudkanp endidikanb agib angsaIn donesiam akap emerintah menyelenggarapkeannd idikand enganb erbagajei njangy angb isad inikmatoi leht iap-tiap wary?negaSna. lahs atuje njangp endidikanyangadadIni donesiaad alahp endidikin prasekolaPhe.n didikapnr asekolaahd alahp endidikanu ntukm embantrun riurrbuhand an perkembanganjasmdaannr io hania nakd idik di luarl ingkunganke luargas ebelum memasupkei ndidikadna sary, angd iselenggarakdain ja iur p*alait"n ikoluh utu, di jalurp endidikalnu ar sekolahP. esertad idik di TamanK ana-k-Kanabke rusiae mpatt ahun sam-pmaei masukpie ndidikadna sars. alahs atup endidikd isebugt uru.K emampuan profesiongaulr ud apatd iuji dand ikajik adarp enguasaakno rnpetJnsinyyaa,k ni seperangkkaetm ampuang urud alarnm enjalankantu gas-tugafsu ngsionagl uru. Memilikig uruy angp rofesionadla ne fektifm erupakaknu ncik eberhasilan prosebse lajamr engajadr i TarnanK anak-Kana(k1 'K),p crans eorang urus angabt esar karenaan akd idikm asihb elumm empunyatai nggunjga wabt erhadaipir i senclirei xru dituntuutn tukb isam enciptakasnu asankae lasy angm enyenangkaienh inggaa nakl ebih bersemangseaht inggbai sam embangkitkadna yai malinasai nai untuku efrit,, kreatif,, _ Keterampilagnu ruy angd ituntuitt u dinamakakne terampilarnna najemekne las. Dalamp raktiknyak, eterampilanin i sangast ulit, sehinggap enelitit ertariku ntuk menelitinyAad. apunfo kusd alamp enelitianin i adalah(l)A pa sajau payag uruu ntuk menciptakiaknli m pembelajaradni kelasy angs esuadi enganpertumbuhdaann perkembangaanna kr K; (2) Tindakana pas ajay angd ilakukano lehg urup adas aat menghadagpai ngguan-ganggudaanl amm anajemenk elasd an1 3;p enaekataanp as aja yangd igunakaonl ehg uruu ntukm engatasmi asalah-rnasaglaahn gguamn anajerneLne las. Penelitiainn i menggunakapne ndekataknu ariratify, angd ilakukanp adaT K P.l,OM a'lfaenkgnS ikap menpgepul emnpeuliltaidanand t iatye atanpgdk iagsnue ncaakraapm nu reploipsuift.i:( l ) wawancarma endalam; (2.o) bservapsai rtisipand;a n( 3) studid okumentasDi.a tay angi erkumpuml elaluik etiga teknikte rsebudti organisasdi,it afsirkand,a nd ianalisis eiarab erulang-ulanggu na penyusunkaonn sepd ana bstrakstei muanla panganK redibilitasd atad icekd .nsunt "knik trianguladsai nt eknikk ecukuparne ferensial. Temuanp enelitianir u adalahs ebagabi erikutp. ertamau, payag uruu ntuk menciptakaiknl im pembelajarayna ngk ondusifsesuadi enganp irtumbuhand an perkembangaanna km eliputi:( l) Membuats atuanK egiatanH arian( SKH)s ebagai ju ke materti erlebihd ahulum engajaakn ak_ erkembangabna hasa nak;( 3) Menata embangainn telektuaal nak;( 4) il temak egiatan(;6 ) Menggunakan wngualAn(reinforcembeanitk) penguatanp ositif maupunn egatif;( 7) Belsikapa dil kepadsae muan ak. Keduat,i ndakang urup ada saatm enghadapgi angguanm anajernekne rasy aitu: (l) membetreig urand isertaai lasan_yarnags i,ona(lz; fr"",.rggunakavna riasmi engajar(;3 ) memindahkteamn patd uduka nak;( 4) memberip erhatiany angl ebih padaa naky angs ,rta nenimbulkagna ngguamn anajemenk elas. . Ketigap, endekatan-pendekaytaann gd ilakukang uruu ntukm engatasgra ngguan rnanajemkeenla sm eliputi:( l) melaluip ernberiatnu gas;lz)s eringm eng--ajaanka ku ntuk berkomunikabsaii kd i dalamm aupund i luar kelas;( 3) melaluip elmberiinc ontotr langsudnagr ig uru;( 4) melaluip enanamadni siplins ejakd ini kepadaa nak;( 5) pendekatpaenn gubahapne rilakuu ntuk perilakun egaiifdan( 6) pendekatamn elalui penguatabna,i k untukp erilakuy angp ositif maupunn egatif. Darih asilp enelitiand isarankans ebagabi enkut:( 1) untukK epalaS ekolaha gar dalamm elaksanakamna najemense kolahd ibantuo rehs tafy angm enlerti dan mempunykaei mampuatne ntanga dministrassi ekolahm, elakukanro tasim engajarr,u ang unlukg urus ebaiknyad ibuats enyamanm ungkin,s egalak egiatany angp emahd ilakukan seharusnaydaa d okumennya(;2 ) untuk guruh endaknyale bih mempeieraht ubungan dengaann ak,s ekaliw aktus ebaiknyaa nak-anakd iajakm asukk e ruangb ebasg una rnenambwaha Yasald anp engetahuaann ak,f asilitasd i dalamk elash e-ndaknydi itarnbah dang uruh arusle bihm eningkatkanp enanirmadni siprink epadaa naks ejakd ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2002 04:29
Last Modified: 09 Sep 2002 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3980

Actions (login required)

View Item View Item