Penerapan perpaduan model pembelajaran talking stick dan word square untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS 5 SMA Negeri 1 Lawang / Weniati Intan Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan perpaduan model pembelajaran talking stick dan word square untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS 5 SMA Negeri 1 Lawang / Weniati Intan Anggraeni

Anggraeni, Weniati Intan (2017) Penerapan perpaduan model pembelajaran talking stick dan word square untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS 5 SMA Negeri 1 Lawang / Weniati Intan Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraeni Weniati Intan. 2017. Penerapan Perpaduan Model Pembelajaran Talking Stick dan Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X IPS 5 SMA Negeri 1 Lawang Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.Pembimbing (1) Drs. A. Ali Wafa M.Pd Kata kunci Talking Stick Word Square Hasil Belajar Berdasarkan observasi awal siswa-siswa kelas X IIS 5 SMAN 1 Lawang suasana yang kurang kondusif banyak siswa yang masih berkeliaran di luar kelas ataupun di kantin. Terlihat juga ketika dijelaskan banyak siswa yang berbicara sendiri tidak mendengarkan penjelasan di depan. Banyak siswa yang merasa bosan ketika dijelaskan ada juga yang mengantuk disini siswa merasa kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Banyak juga siswa yang mengeluh tentang sistem pembelajaran yang diterapkan guru pamong kepada mereka dengan model pembelajaran persentasi dan ceramah. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penerapan perpaduan model pembelajaran Talking Stick dan Word Square pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 5 SMAN 1 Lawang (2) untuk mengetahui apakah penerapan perpaduan model pembelajaran Talking Stick dan Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS 5 SMAN 1 Lawang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas dengan pendekatan deskripstif kualitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi subjek penelitian adalah siswa kelas X IIS 5 SMA Negeri 1 Lawang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi tes catatan lapangan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkanadanya peningkatan dari Pre test siswa pada siklus I adalah 50 62 sedangkan pada siklus II adalah 57 81 maka terjadi peningkatan. Adapun hasil Post test pada siklus I adalah 77 96 dan pada siklus II adalah 8 40 maka dikatakan hasil Post test siklus I dan siklus II terjadi peningkatan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan perpaduan model pembelajaran Talking Stick dan Word Square dapat dikatakan berhasil dengan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh dari hasil Pre test dan Post test siswa pada siklus I dan siklus II. Adapun saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah 1) Model pembelajaran hendaknya menerapkan pembelajaran yang aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan. Salah satunya menggunakan perpaduan metode pembelajaran Talking Stick dan Word Square supaya pembelajaran menjadi lebih aktif. 2) hendaknya menjadi bahan pertimbangan dalam upaya meningkatkan keterampilan mengajar guru supaya dapat mendukung hasil belajar siswa. 3) Bagi peneliti lain yang ingin mengembangkan penelitian dengan perpaduan metode pembelajaran Talking Stick dengan Word Square hendaknya dapat menggunakan jumlah siswa yang lebih banyak dan materi ajar yang berbeda supaya mendapat hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39796

Actions (login required)

View Item View Item