Sari, Dennis Kumala (2017) Pengaruh keaktifan siswa dan rasa percaya diri terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMA Negeri 1 Gondanglegi / Dennis Kumala Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sari Dennis Kumala. 2017. Pengaruh Keaktifan Siswa dan Rasa Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMAN 1 Gondanglegi. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Lisa Rokhmani M.Si. Kata Kunci Keaktifan Siswa Rasa Percaya Diri dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran pendidikan yang sangat penting dalam kehidupan setiap orang. Untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas setiap orang harus melalui beberapa tahap pembelajaran salah satunya belajar dengan sungguh-sungguh dan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil belajar yang baik. Permasalahan yang ada yaitu beberapa siswa memiliki hasil belajar yang rendah dan masih ada beberapa siswa yang pasif didalam kelas serta tidak yakin pada kemampuan yang dimiliki. Adanya permasalahan tersebut menunjukkan bahwa siswa memiliki keaktifan yang rendah dan rasa percaya diri yang rendah akan mempengaruhi hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar (2) pengaruh rasa percaya diri terhadap hasil belajar (3) pengaruh keaktifan siswa dan rasa percaya diri terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Gondanglegi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan studi populasi seluruh siswa kelas XI IIS dan menggunakan sampel sejumlah total populasi siswa/siswi kelas XI IIS sebanyak 80 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan bantuan SPSS 20 for Windows. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa (1) ada pengaruh variabel independen keaktifan siswa terhadap variabel dependen hasil belajar (2) ada pengaruh yang signifikan secara parsial variabel independen rasa percaya diriterhadap variabel dependen hasil belajar dan (3) ada pengaruh yang signifikansecara simultanvariabel independen keaktifan siswa dan rasa percaya diri terhadap variabel dependen hasil belajar. Jadi keaktifan siswa dan rasa percaya diri mempengaruhi hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMA Negeri 1 Gondanglegi. Dari penelitian yang telah dilakukan maka peneliti memberikan saran bagi (1) pihak sekolah pihak sekolah menghimbau kepada seluruh siswa tentang pentingnya memiliki keaktifan siswa dan rasa percaya diri yang tinggi misalnya saat sambutan upacara rutin hari senin. (2) Pendidik senantiasa memberikan materi pelajaran yang selalu menunjang kegiatan siswa dikelas seperti berdiskusi tanya jawab dan berpendapat agar siswa dapat selalu aktif dan percaya diri (3) Bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian serupa sebaiknya dapat diharapkan penelitian selanjutnya untuk meneliti faktor yang mempengaruhi hasil belajar selain yang diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini hanya memfokuskan pada keaktifan siswa rasa percaya diri dan hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMA Negeri 1 Gondanglegi. ABSTRACT Sari Dennis Kumala. 2017. The Influence of Student s Activeness and Self Confidence Towards Student s Achievement of Economic Subject in Grade XI IIS SMAN 1 Gondanglegi. Thesis. Department of Economy Development. Faculty of Economy State University of Malang. Advicer Dr. Lisa Rokhmani M. Si. Key Word Student s Activeness Self Confidence and Student s Achievement This research is based on the important rule of education towards people life. There are many sources to achieve a good every one has to pass some learning s step one of that is learn seriously and try as all you can to get good a students achievement. There were some problem like some students got low achievement and there were some passive student in class and also unsure with their ability. All of that problem shows that student s has low activeness and self confidence that influence their achievement The purposes of this research are (1) to measure the influence of activeness of student s towards student s achievement (2) to measure the influence of self confidence towards student s achievement (3) to measure the influence of activeness of student s and their self confidence towards student s achievement on economic subject in grade XI IIS SMAN 1 Gondanglegi grade. This is a quantitative research by using population study of entire student s in grade XI IIS. The total of students is 80 people. The data is collected using questionnaire and documentation. It is analyzed using SPSS 20 for Windows. From this research we know that are (1) there is a significant influence partially between independent variable that is student s activeness towards dependent variable that is student s achievement (2) there is also significant influence partially between independent variable that is self confidence towards dependent variable that is student s achievement. (3) Along with there is an influence simultaneously between student s activeness and self confidence towards student s achievement. So we can conclude that student s activeness and self confidence can give influence to student s achievement on economic subject in grade XI IIS SMAN 1 Gondanglegi. From the research that has been done the researchers gives suggestions to (1) for school giveadvice to the student about the important student s activeness and student s confidence is like told in Monday ceremony (2) to the teacher should give a support student s activity in class like disscuss ask-answer and argue so that student s active and has high self confidence (3) to the other researchers that gonna do same research better to take research about the other factor that can influence student s achievment beside in this research. Focus in this research is about student s activeness and self confidence and student s achievement of economic subject in XI IIS SMAN 1 Gondanglegi. KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga peneliti dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul Pengaruh Keaktifan Siswa dan Rasa Percaya Diri terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Gondanglagi . Penulisan skripsi ini betujuan untuk memenuhi persyaratan akademik bagi setiap mahasiswa Universitas Negeri Malang dalam pencapaian gelar Sarjana Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Penulis menyadari bahwa penulisan skripsi ini tidak akan terwujud tanpa adanya bantuan dan dorongan dari berbagai pihak. Pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terimakasih kepada 1.Dr. Lisa Rokhmani M. Si selaku dosen pembimbing yang telah banyak memberikan motivasi bimbingan saran dan perbaikan kepada penulis selama penyusunan skripsi ini. 2.Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo M.Div M.E selaku dosen penguji 1 yang telah memberikan masukan dan saran yang membangun kepada peneliti terkait penyempurnaan skripsi ini. 3.Drs. Prih Hardinto M.Si selaku dosen penguji 2 yang telah memberikan masukan dan saran yang membangun kepada peneliti terkait penyempurnaan skripsi 4.Dr. Dwi Wulandari S.E. M.M. selaku Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang telah memberikan kesempatan dan kemudahan dalam penyelesaian skripsi ini. 5.Prof. Dr. Budi Eko Sutjipto M.Ed. M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang telah mengesahkan skripsi ini. 6.Bapak Sulaiman S.Pd selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Gondanglegi yang telah memberi ijin kepada peneliti utnuk melakukan penelitian 7.Bapak Mardi Wahono S.Pd selaku guru mata pelajaran ekonomi yang telah memberikan seluruh informasi yang dibutuhkan dan memberi dorongan semangat untuk kelancaran dalam penelitian. 8.Kedua orang tua adik beserta semua keluarga yang selalu memberikan kasih sayang doa dan motivasi penuh selama proses penyusunan skripsi 9.Seluruh pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan skripsi ini yang tidak dapat disebutkan satu persatu penulis ucapkan terima kasih. Semoga segala bantuan yang telah diberikan menjadi amalan yang akan mendapat balasan dari Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu penulis berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi pembaca terutama mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Malang Mei 2017 Penulis DAFTAR ISI Halaman ABSTRAKi ABSTRACT ii KATA PENGANTARiii DAFTAR ISI v DAFTAR TABEL vii DAFTAR GAMBAR viii DAFTAR LAMPIRAN ix BAB I PENDAHULUAN A.Latar Belakang1 B.Rumusan Masalah5 C.Hipotesis6 D.Kegunaan Penelitian6 E.Asumsi Penelitian7 F.Ruang Lingkup dan Keterbatasan Penelitian8 G.Definisi Operasional10 BAB II KAJIAN PUSTAKA A.Kajian Teoritis11 1.Hasil Belajar 11 2.Keaktifan Siswa17 3.Rasa Percaya Diri25 4.Pengaruh Keaktifan Siswa terhadap Hasil Belajar 28 5.Pengaruh Rasa Percaya Diri terhadap Hasil Belajar 30 6.Pengaruh Keaktifan Siswa dan Rasa Percaya Diri terhadap Hasil Belajar31 B.Penelitian Terdahulu32 BAB III METODE PENELITIAN A.Rancangan Penelitian34 B.Populasi dan Sampel35 C.Instrumen Penelitian36 D.Pengumpulan Data40 E.Analisis Data42 BAB IV HASIL ANALISIS A.Deskripsi Data 47 B.Hasil Analisis Regresi Linier Berganda50 C.Hasil Uji Asumsi Klasik52 D.Hasil Uji Hipotesis 54 E.Koefisien Determinasi 56 F.Sumbangan Efektif 56 BAB V PEMBAHASAN A.Pengaruh Keaktifan Siswa terhadap Hasil Belajar Sswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Gondanglegi 59 B.Pengaruh Rasa Percaya Diri terhadap Hasil Belajar Sswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Gondanglegi 61 C.Pengaruh Keaktifan Siswa dan Rasa Percaya Diri terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Gondanglegi63 BAB VI PENUTUP A.Kesimpulan65 B.Saran 66 DAFTAR PUSTAKA 68 LAMPIRAN 70 DAFTAR TABEL Halaman Tabel 1.1 Jabaran Variabel 8 Tabel 2.1 Ringkasan Penelitian Terdahulu 34 Tabel 3.1 Daftar Populasi dan Sampel Penelitian 36 Tabel 3.2 Kisi-kisi Instrumen 37 Tabel 3.3 Skala Likert 39 Tabel 3.4 Hasil Uji Validitas Instrumen Keaktifan Siswa 39 Tabel 3.5 Hasil Uji Validitas Instrumen Rasa Percaya Diri 40 Tabel 3.6 Hasil Uji Reliabilitas Masing-Masing Variabel 41 Tabel 4.1 Distribusi Frekuensi Variabel Keaktifan Siswa 48 Tabel 4.2 Distribusi Frekuensi Variabel Rasa Percaya Diri 49 Tabel 4.3 Distribusi Frekuensi Variabel Hasil Belajar50 Tabel 4.4 Hasil Uji Regresi Linier Berganda 52 Tabel 4.5 Hasil Uji Normalitas 53 Tabel 4.6 Hasil Uji Multikolinieritas 54 Tabel 4.7 Hasil Uji Heteroskedastisitas 54 Tabel 4.8 Hasil Uji T 55 Tabel 4.9 Hasil Uji F 56 Tabel 4.10 Hasil Uji Koefisien Determinasi 57 Tabel 4.11 Hasil Uji Koefisien Beta 58 Tabel 4.12 Sumbangan Efektif 58 Tabel 4.13 Hasil Uji Hipotesis 59 DAFTAR GAMBAR Halaman Gambar 3.1 Bagan Rancangan Penelitian 35 Gambar 4.1 Distribusi Frekuensi Keaktifan Siswa48 Gambar 4.2 Distribusi Frekuensi Rasa Percaya Diri49 Gambar 4.3 Distribusi Frekuensi Hasil Belajar50 DAFTAR LAMPIRAN Halaman 1.Kisi-kisi Instrumen71 2. Kuisioner Penelitian 75 3. Data Uji Coba Instrumen 78 4. Hasil Uji Validitas 82 5.Hasil Reliabilitas 92 6. Daftar Nilai Siswa 93 7. Data Penelitian Uji Sampel 99 8. Hasil Uji Analisis 107 9. Lampiran Administrasi 111
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39795 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |