Pengaruh tingkat kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang / Andre Yoga Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh tingkat kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang / Andre Yoga Pratama

Pratama, Andre Yoga (2017) Pengaruh tingkat kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang / Andre Yoga Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratama Andre Yoga. 2017. Pengaruh Tingkat Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Lisa Rokhmani M. Si Kata Kunci kecerdasan emosional kecerdasan spiritual hasil belajar SMAN 1 Kepanjen adalah sekolah menengah atas di kabupaten malang yang melakukan tes IQ untuk penerimaan dan penempatan siswa di kelas. Namun berdasarkan hasil observasi awal penulis didapati hasil bahwa tidak seluruh siswa yang ada pada kelas unggulan di kelas X IIS memiliki nilai yang lebih tinggi dari siswa di kelas lain pada studi kasus ulangan harian materi peran pelaku ekonomi. Hasil ini mengindikasikan bahwa ada faktor-faktor lain yang juga berperan dalam menentukan hasil belajar siswa selain dari tingkat intelegensi atau IQ. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk meneliti mengenai pengaruh dari dua jenis kecerdasan lain yakni kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual tentang pengaruhnya terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X IIS SMAN 1 Kepanjen sebab dalam kondisi di suatu kelas diasumsikan bahwa tingkat EQ dan SQ dari tiap siswa berbeda-beda. Selain itu penulis juga tertarik untuk membuktikan teori dan hasil penelitian yang berkenaan dengan EQ SQ dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) menjelaskan pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS SMAN 1 Kepanjen (2) menjelaskan pengaruh kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS SMAN 1 Kepanjen. (3) menjelaskan pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama atau simultan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS SMAN 1 Kepanjen. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda.Data pada penelitian ini diperoleh dari kuesioner untuk variabel kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual serta data mengenai hasil belajar diperoleh dari dokumentasi guru mata pelajaran ekonomi. Populasi pada penelitian ini sebanyak 141 siswa dari empat kelas yang kemudian oleh penulis ditentukan sampel sebanyak 105 siswa yang terbagi di empat kelas Kegiatan analisis data dimulai dengan analisis deskripif dari variabel kecerdasan emosional kecerdasan spiritual dan hasil belajar dilanjutkan dengan uji prasyarat analisis uji hipotesis analisis regresi berganda analisis koefisien determinasi dan analisis sumbangan efektif. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMAN 1 Kepanjen (2) Terdapat pengaruh antara kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMAN 1 Kepanjen (3) Terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMAN 1 Kepanjen. Saran ditujukan kepada (1) Instansi pendidikan dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk dapat memperbaharui kurikulum atau sistem pengajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa lewat kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritualnya. (2) Pendidik diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui peningkatan EQ dan SQ seperti melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif ataupun webquest. Serta tidak lupa juga pemberian materi mengenai manfaat dan pentingnya kegiatan belajar yang dilakukan sehingga siswa akan mendapatkan makna dari setiap kegaitan yang dilakukan.(3) Bagi peneliti lain yang akan melalukan penelitian dengan subyek yang serupa disarankan agar mengambil populasi penelitian dari berbagai tingkatan pendidikan lain (SMP atau Universitas) sehingga dapat memberikan sumbangsihnya terhadap ilmu pengetahuan untuk menjelaskan besar kecilnya pengaruh dari kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar pada berbagai tingkatan pendidikan. ABSTRACT Pratama Andre Yoga. 2017. The Level Influence of Emotional Intelligence (EQ) and Spiritual Intelligence (SQ) to IIS Students X th Grade Learning Outcome at SMAN 1 Kepanjen Malang. Thesis Department of Economic Development Faculty of Economics State University of Malang. Thesis Adviser Dr. Lisa Rokhmani M. Si Keywords emotional intelligence spiritual intelligence learning outcome SMAN 1 Kepanjen is a high school in Malang that conducts IQ tests for student acceptance and placement in the class. However based on the results of preliminary observations of the authors found the results that not all students who are in the superior class in the class X IIS has a higher test score than students in other classes in the case study of exam on role of economic agents. These results indicate that there are other factors that also play a role in determining student learning outcomes other than the level of intelligence or IQ. Based on this found the author interested to examine the effect of two other types of intelligence namely emotional intelligence and spiritual intelligence on their effect on learning outcome of economic subjects on the students of tenth grade of IIS SMAN 1 Kepanjen because in conditions in a class is assumed that the level of EQ and SQ of Each student is different. In addition the author is also interested to prove the theory and research results relating to EQ SQ and student learning outcomes. This research was conducted with the aim to explain (1) the influence of emotional intelligence toward learning outcomes of economic subjects among tenth grade of IIS students at SMAN 1 Kepanjen (2) the influence of spiritual intelligence toward learning outcomes of economic subjects among tenth grade of IIS students at SMAN 1 Kepanjen (3) the influence of emotional intelligence and spiritual intelligence toward learning outcomes of economic subjects among tenth grade of IIS students at SMAN 1 Kepanjen This research uses multiple regression analysis and correlation type of research. Data in this research was obtained from questionnaires from respondents answer about the variables of emotional intelligence and spiritual intelligence. Data for learning outcomes of economic subject was obtained from the documentation of economic teacher . The population in this research is 141 students from four classes. Then the population was determined into a sample of 105 students. Data analysis begins with descriptive analysis of emotional intelligence spiritual intelligence and learning outcomes followed by the test requirements analysis hypothesis testing multiple regression analysis coefficient of determination and effective contribution analysis. The results of this research are (1) There is an effect between emotional intelligence and student learning outcomes towards economic subjects among Tenth Grade of IIS Students At SMAN 1 Kepanjen (2) There is an effect between spiritual intelligence and student learning outcomes towards economic subjects among tenth grade of IIS students at SMAN 1 Kepanjen (3) There is an effect between emotional intelligence and spiritual intelligence towards economic subjects among tenth grade of IIS students at SMAN 1 Kepanjen Suggestions are intended to (1) Education institutions can use the results of this research to update their teaching system or curriculum to improve emotional intelligence and spiritual intelligence of students through increased EQ and SQ (2) educators should improve students learning outcomes through increased EQ and SQ. it can be done with application of cooperative learning strategy or web quest in the class. However giving information about utility and advantage of each learning activity to students is also important. So the students can get meaning of each activity that they do. (3) for other researchers it is strongly recommended doing research on many levels of education (junior high school or universities). So the research can give more explanation about the influence of emotional intelligence and spiritual intelligence on any levels of education.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39794

Actions (login required)

View Item View Item