Yuana, Dita Rosa (2017) Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik course review horay untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis kelas X-AK SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang / Dita Rosa Yuana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yuana Dita Rosa. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Course Review Horay Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Dan Bisnis Kelas X-AK SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembibing Drs. Sapir S.Sos M.Si. Kata kunci metode pembelajaran kooperatif teknik Course Review Horay motivasi belajar siswa hasil belajar siswa Pendidikan merupakan salah satu aspek yang penting bagi kehidupan manusia. Pendidikan yang berkualitas sangat diperlukan untuk mendukung terciptanya manusia yang cerdas serta mampu bersaing dalam era globalisasi. Oleh karena itu meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran sebagian besar terletak pada kegiatan guru dalam mendorong siswa kearah tercapainya tujuan pendidikan. Maka salah satu tugas utama seorang guru adalah berusaha untuk membantu dan membimbing siswa dalam proses belajar mengajar. Masalah yang sering terjadi di lapangan adalah rendahnya hasil belajar siswa disebabkan kurangnya motivasi belajar yang dimilikinya. Khususnya pada mata pelajaran ekonomi belajar ekonomi dengan memahami banyaknya konsep terkadang membuat peserta didik menjadi tidak bersemangat dan bosan. Maka dari itu guru dituntut mampu mengembangkan suatu model pembelajaran yang dapat menarik perhatian peserta didik. Salah satu metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah metode pembelajaran kooperatif teknik Course Review Horay. Model pembelajaran ini lebih menekankan pada pemahaman materi yang diajarkan oleh guru dengan menyelesaikan soal-soal. Atas dasar permasalah di atas dipilihlah judul Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Course Review Horay Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Dan Bisnis Kelas X-Ak Smk Muhammadiyah 3 Singosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki suatu keadaan pembelajaran di kelas dengan melakukan tindakan. Tindakan yang akan diterapkan adalah metode pembelajaran kooperatif teknik Course Review Horay dan keadaan yang diperbaiki adalah otiasi belajar siswa dan hasil belajar siswa. Subjek yang enjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK SMK Muhammadiyah 3 Singosari yang berjumlah 48 orang. Prosedur pelaksanaan PTK ini terdiri dari dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Instrumen penelitian yaitu perangkat pembelajaran berupa silabus RPP soal pre test dan post test lembar pengamatan motivasi belajar siswa dan catatan lapangan. Penilaian motivasi belajar siswa menggunakan lembar pengamatan motivasi belajar siswa dan hasil belajar diukur melalui soal pre test dan post test.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39791 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |