Implementasi metode pembelajaran Time Token Arends (TTA) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Batu / Candra Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi metode pembelajaran Time Token Arends (TTA) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Batu / Candra Dewi

Dewi, Candra (2017) Implementasi metode pembelajaran Time Token Arends (TTA) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Batu / Candra Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi Candra. 2017. Implementasi Metode Pembelajaran Time Token Arends (TTA) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Batu. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Prih Hardinto M.Si. Kata Kunci Metode Time Token Arends (TTA) Keaktifan Hasil Belajar. Berdasarkan observasi awal di SMAN 1 Batu permasalahan yang ditemukan penulis pada kelas X IPS 2 siswa masih cenderung pasif dan kurang memperhatikan. Hal ini terlihat ketika guru memberikan sebuah permasalahan ekonomi siswa yang duduk di depan cenderung aktif dan memperhatikan namun siswa yang duduk dibangku belakang cenderung pasif dan tidak memperhatikan.Untuk mengatasi hal ini penulis mengimplementasikan metode pembelajaran Time Token Arends (TTA) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS 2. Melalui metode Time Token Arends (TTA) yang menggunakan kartu bicara sebagai alat utama untuk berdiskusi siswa diberi kesempatan untuk berpendapat bertanya memberi sanggahan tentang masalah yang sedang dibahas dalam diskusi sehingga kelas tidak didominasi oleh beberapa siswa yang aktif saja namun siswa yang pasif juga memiliki kesempatan yang sama. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 di SMAN 1 Batu dengan jumlah siswa sebanyak 27 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengambilan data pada penelitian ini meliputi observasi soal pre test dan post test dan dokumentasi. Berdasarkan analisis pada lembar obsevasi keaktifan siswa pada siklus I yaitu sebesar 66 98% dengan kategori cukup aktif. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan keaktifan siswa sebesar 8 3% menjadi 75 28% dengan kategori aktif. Hasil belajar pada post test siklus I yaitu sebesar 55 55% terdapat15 siswadengan kategori tuntas dan 12 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata 70 59. Sedangkan untuk hasil post test pada siklus II diketahui terdapat 24 siswa yang tuntas dan 3 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata 78 11 dan dengan persentase hasil belajar klasikal sebesar 88 88%. Dari serangkaian analisis data keaktifan dan hasil belajar dengan mengimplementasikan metode pembelajaran Time Token Arends (TTA) pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Sehingga disarankan bagi guru untuk menerapkan pembelajaran metode Time Token Arends (TTA) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar serta untuk menghindari siswa yang mendominasi dalam pembelajaran. ABSTRACT Dewi Candra. 2017. The Implementation of Learning Methods of Time Token Arends (TTA)to Improve Student Activity and Learning Outcomes on Economic Subject of Student of Class X IPS 2 Senior High School 1 Batu. Sarjana s thesis. Majoring in Development Economics. Faculty of Economics. State University of Malang. Advisor Drs. PrihHardinto M.Si. Keywords Time Token Arends Methods Liveliness Learning Outcomes Based on preliminary observation in Senior High School 1 BatuThere is a problem found by the author in class X IPS 2 students tend to be passive and less attentive. This can be seen when the teacher gave an economic problem only some students were active and dominated of learning. To solve the problem the author implemented the learning methods Time Token Arends using the talking card as the main tool for discussion students were given a chance to argue ask rebutted in the discussion so that learning is not dominated by same student only. However passive student also have equal opportunities. This study uses classroom action research with 2 cycles. The subject of this research is students of X IPS 2 class on Senior High School 1 Batu. The amount of the students are 27 students consist of 9 male students and 18 female students. Data collection techniques in this study are observation field notes test and documentation. Based on student activity analysis on cycles 1 that is 66 98% with fairly active category. While in cycles 2 increases by 8 3% to 75 28% with active category. The learning outcomes of post test on cycles 1 is 55 55% there are 15 students with complete category and 12 students with finished category and average value of 70 59. While post test on cycles 2 is 24 students with complete category and 3 students are in unfinished category and average value of 78 11% with percentage of classical learning outcomes is 88 88%. From the overall data analysis of student actifity and learning outcomes with implementation of learning methods Time Token Arends on cycles 1 and cycles 2 havea significant increase. So it canbe a suggestion for teachers to apply the learning methods of time token arends to improve the student actifity and learning outcomes and also to avoid dominating students in learning process.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39790

Actions (login required)

View Item View Item