Megasari, Wahyu Nila (2017) Ketertarikan siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI Lintas Minat di SMA Negeri 1 Lawang tahun ajaran 2016/2017 / Wahyu Nila Megasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wahyu Nila Megasari. 2017. Ketertarikan Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Lintas Minat Di SMA Negeri 1 Lawang Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Progam Studi Pendidikan Ekonomi Fakltas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hari Wahyono M.Pd Kata Kunci ketertarikan guru atau pengajar bahan ajar media pembelajaran fasilitas pendidikan. Ketertarikan siswa pada mata pelajaran ekonomi berbeda-beda tergantung dengan faktor yang mempengaruhinya. Ada yang dipengaruhi oleh faktor internal ada juga dengan faktor eksternal. Faktor internal terkait dengan psikologi sedangkan faktor eksternal tentang pengaruh dari luar diri siswa. Dalam penelitian ini penulis menekankan pada faktor yang ada didalam kelas. Partisipasi aktiv kreatif efektif dan menyenangkan merupakan tanda adanya ketertarikan siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab ketertarikan siswa pada mata pelajaran ekonomi pada mata pelajaran ekonomi kelas XI lintas minat di SMA Negeri 1 Lawang dan untuk mengetahui apakah yang menjadi faktor utama dalam membuat siswa tertarik dengan mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini diketahui bahwa ketertarikan siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI lintas minat adalah faktor guru faktor bahan ajar faktor media pembelajaran faktor fasilitas pembelajaran. Dilihat dari faktor guru atau pengajar tergolong tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil wawancara bahwa siswa sangat tertarik dengan cara guru mengajar yang enak santai dan tidak membosankan. Ketertarikan siswa pada mata mata pelajaran ekonomi melalui faktor bahan ajar juga tergolong tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil wawancara yang menyatakan bahwa bahan ajar yang digunakan sangat jelas dan mudah dipahami. Dari segi media ketertarikan dari segi media yang digunakan oleh guru tergolong tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil wawancara yang menyatakan bahwa media yang digunakan guru dalam menyampaikan materi menerik karena guru menggunakan media power point dan terkadang juga menggunakan vidio dalam menyampaikan materinya. Dilihat dari faktor fasilitas pendidikan juga sangat menarik. Siswa mengatakan bahwa fasilitas yang disediakan sudah sangat lengkap. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis memberi saran agar cara mengajar guru ditingkatkan dan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi agar siswa lebih tertarik dengan mata pelajaran ekonomi dan siswa juga dapat meningkatkan hasil belajar. Dalam hal media pembelajaran guru sebaiknya terus mengembangkan media yang digunakan agar siswa lebih tertarik dengan pelajaran ekonomi. Keberadaan fasilitas yang disekolah harus semakin ditingkatkan Wifi sekolah yang kadang kurang difungsikan agar segera diperbaiki supaya siswa lebih bersemangat untuk belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39789 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |