Pangestu, Marta Dwi (2017) Pengembangan multimedia interaktif powtoon pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan kebijakan moneter untuk siswa kelas XI IPS D SMA Negeri 1 Singosari / Marta Dwi Pangestu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pangestu Marta Dwi. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif PowToon Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Kebijakan Moneter Untuk Kelas XI IIS D SMA Negeri 1 Singosari. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H Achmad Ali Wafa M.Pd Kata Kunci Media Pembelajaran Multimedia Interaktif PowToon Media memegang peranan yang cukup penting dalam menyalurkan informasi dari guru kepada peserta didik. Pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK baik yang bersifat offline maupun online bisa dimanfaatkan oleh pendidik. Namun dalam praktiknya guru kurang menggunakan media pembelajaran pada saat proses pembelajaran. Metode yang sering digunakan guru adalah ceramah yang mengakibatkan siswa merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran sehingga pemahaman mengenai materi kurang baik. Dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dalam proses pembelajaran akan membuat siswa lebih aktif dibandingkan dengan guru untuk itu guru dituntut untuk menyediakan dan mengembangkan berbagai media pembelajaran ataupun sumber belajar sehingga siswa dapat memahami materi dengan baik. Pengembangan multimedia interaktif PowToon ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengasilkan sebuah media pembelajaran dalam bentuk multimedia interaktif pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan kebijakan moneter serta melihat dan mengujicobakan keefektifan rancangan multimedia interaktif. Produk pengembangan ini dapat digunakan guru sebagai media pembelajaran untuk memberikan variasi dalam proses pembelajaran. Model pengembangan ini menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dari penulis. Oleh karena itu dalam pengembangan multimedia interaktif PowToon ini dibagai menjadi delapan langkah yang terdiri dari (1) tahap analisis kebutuhan (2) tahap perencanaan (3) tahap pengembangan (4) tahap validasi ahli (5) revisi produk awal (6) tahap uji coba produk (7) tahap penyempurnaan produk akhir (8) produk akhir. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh berupa hasil validasi ahli yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase. Data kualitatif berupa pendapat secara umum dari validator dan pengguna yang digunakan sebagai pertimbangan dalam melakukan revisi terhadap media yang dikembangkan. Validasi isi produk dilakukan dengan menggunakan angket yang dilengkapi skala penilaian berdasarkan skala Likert. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa media ini valid dan dapat digunakan dengan rata rata persentase ahli materi 1 sebesar 95% ahli materi 2 sebesar 81 67% ahli media sebesar 93 24% dan uji coba lapangan sebesar 90 15%. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji coba lapangan dapat disimpulkan bahwa produk multimedia interaktif PowToon valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran disekolah. Saran diseminasi diharapkan pengembangan media ini diserbarluaskan pada guru guru di sekolah lain dengan tujuan dapat dikembangkan untuk mata pelajaran dan pokok bahasan lainnya dan diuji cobakan pada sekolah yang berbeda. Media ini juga dapat disebarluaskan melalui jurnal yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada guru maupun instansi pendidikan yang lain tentang pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran ini. Saran yang diberikan penulis bagi pengembang selanjutnya yaitu diharapkan dapat membuat media pembelajaran yang mempunyai kreatifitas dalam desain media untuk menambah kemenarikan tampilan pada media pembelajaran selanjutnya. ABSTRACT Pangestu Marta Dwi. 2017. Development of PowToon Interactive Multimedia on Economic Course in The Subject of Monetary Policy for Social Class XI D SMA Negeri 1 Singosari. Thesis Department of Economic Development Faculty of Economics State University of Malang. Supervisor Drs. Achmad Ali Wafa M.Pd. Keywords Instructional Media Interactive Multimedia PowToon Media plays an important role in distributing information from teachers to learners. Development and utilization of ICT-based learning media both offline and online can be utilized by educators. However in practice teachers use less of learning media during the learning process. The method often used by teachers is lecture which causes students feel bored when following the lesson so that the understanding of the material is less good. By using the appropriate learning media in the learning process will make students more active than teachers for that teachers are required to provide and develop various learning media or learning resources so that the students can understand the material well. Development of PowToon interactive multimedia is aimed to develop and produce a learning media in the form of interactive multimedia on the subject of economics course of monetary policy as well as see and test the effectiveness of interactive multimedia design. This development product can be used by teacher as learning media to give variation in learning process. This development model used a modified development model from Borg and Gall according to the author needs. Therefore in the development of PowToon interactive multimedia was divided into eight steps consisting of (1) requirement analysis phase (2) planning stage (3) development stage (4) expert validation stage (5) revision of initial product (6) product trial stage (7) the final product improvement stage (8) the final product. The type of data in this study used quantitative data and qualitative data. Quantitative data were obtained the expert validation results analyzed using descriptive percentage analysis. Qualitative data in the form of general opinion of the validator and the user were used as consideration in revising the media developed. Validation of product contents was done by using a questionnaire that equipped by scale rating based on Likert scale. Validation test results showed that this media is valid and usable with average percentage of first material expert is 95% second material expert is 81 67% media expert is 93 24% and field trial is 90 15 %. Based on the results of expert validation and field trials it can be concluded that PowToon interactive multimedia products are valid and suitable for used as a learning media in school. Suggestion of dissemination it is expected that the development of this media is disseminated to teachers in other schools with the aim to be developed for course and other subjects and tested at different schools. This media can also be disseminated through journals that aim to provide information to teachers and other educational institutions about the development and utilization of this learning media. Author Suggestions for the next developer is expected to create a learning media that has creativity in the design of media to add attractiveness display on the next learning media.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39788 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |