Tyas, Dini Wahyuning (2017) Pengaruh lingkungan keluarga dan cara belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Grati Kabupaten Pasuruan / Dini Wahyuning Tyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Tyas Dini Wahyuning. 2017. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Grati Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Achmad Ali Wafa M.Pd. Kata Kunci Lingkungan Keluarga Cara Belajar dan Hasil Belajar. Belajar merupakan suatu proses perubahan ke arah yang lebih baik. Belajar dapat dilakukan dimana saja (di sekolah maupun di luar sekolah). Hasil belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal yang dimaksud disini yaitu lingkungan keluarga yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Untuk faktor internal yang dimaksud disini yaitu cara belajar yang juga mempengaruhi hasil belajar siswa. Permasalahan seperti ini muncul pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Grati dimana siswa kelas XI IPS SMAN 1 Grati mempunyai lingkungan keluarga yang baik dan cara belajar yang baik dengan intensitas belajar yang cukup. Dengan begitu hasil belajar yang dimiliki siswa kelas XI IPS SMAN 1 Grati juga baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Grati (2) pengaruh cara belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Grati (3) pengaruh lingkungan keluarga dan cara belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Grati pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanasi. Populasi penelitian ini berjumlah 137 siswa dan sampel pada penelitian ini berjumlah 102 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil data dianalisis menggunakan program SPSS 21.00 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) lingkungan keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Grati (2) cara belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Grati (3) lingkungan keluarga dan cara belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Grati pada mata pelajaran ekonomi. Saran pada penelitian ini (1) diharapkan penelitian ini bisa menambah wawasan bagi penulis selanjutnya yang ingin meneliti tentang objek yang sama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39786 |
Actions (login required)
View Item |