Penerapan perpaduan metode pembelajaran student facilitator and explaining dan time token untuk meningkat keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang /Nur Mazidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan perpaduan metode pembelajaran student facilitator and explaining dan time token untuk meningkat keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang /Nur Mazidah

Mazidah, Nur (2017) Penerapan perpaduan metode pembelajaran student facilitator and explaining dan time token untuk meningkat keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang /Nur Mazidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mazidah Nur. 2017. Penerapan Perpaduan Metode Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Time Token untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si. Kata Kunci Student Facilitator and Explaining Time Token Keaktifan Belajar Siswa Hasil Belajar Siswa Hasil observasi awal pada kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Lawang menunjukkan bahwa terdapat siswa yang mendominasi di dalam kelas sehingga siswa lain cenderung pasif. Selain masalah tersebut hasil belajar siswa di kelas XI IIS 3 juga dikatakan rendah. Dibuktikan dengan ketuntasan hasil belajar siswa yang hanya sebesar 52 77% pada ulangan harian KD 3.1 dan 4.1 yang artinya secara klasikal dikatakan belum tuntas. Hasil belajar yang rendah tersebut diakibatkan oleh rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu perpaduan metode pembelajaran yang tepat agar siswa aktif dan hasil belajarnya tuntas. Salah satu perpaduan metode yang mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa adalah perpaduan metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Time Token. Metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining memberikan kesempatan kepada siswa agar mampu menjelaskan materi di depan siswa lainnya. Metode pembelajaran Time Token menuntut siswa untuk bersaing mengungkapkan pendapatnya di depan siswa lainnya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan(1) mengetahui penerapan perpaduan metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Time Token (2) mengetahui apakah penerapan perpaduan metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Time Token dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Lawang dan (3) mengetahui apakah penerapan perpaduan metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Time Token dapat meningkatkan hasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Lawang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Lawang yang berjumlah 36 siswa. Terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari lembar observasi soal pre test dan post test dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan perpaduan metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Time Token dapat terlaksana dengan baik sekali. Selain itu juga diketahui bahwa penerapan perpaduan metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Time Token mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Lawang. Saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu (1) bagi guru diharapkan dapat menerapkan perpaduan metode pembelajaran student facilitator and explaining dan time token pada mata pelajaran ekonomi (2) bagi sekolah diharapkan digunakan sebagai bahan pertimbangan pengembangan metode pembelajaran pada mata pelajaran dan (3) bagi peneliti lain hendaknya dapat melakukan penelitian lebih lanjut dengan mengembangkan perpaduan metode pembelajaran student facilitator and explaining dan time token.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39777

Actions (login required)

View Item View Item