Pengaruh IQ, minat belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS MAN Kota batu semester gasal tahun ajaran 2016/2017 / Iin Cahyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh IQ, minat belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS MAN Kota batu semester gasal tahun ajaran 2016/2017 / Iin Cahyanti

Cahyanti, Iin (2017) Pengaruh IQ, minat belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS MAN Kota batu semester gasal tahun ajaran 2016/2017 / Iin Cahyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyanti Iin 2017. Pengaruh IQ Minat Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS MAN Kota Batu Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Prih Hardinto Msi Kata Kunci Tingkat Intelegence Quetion (IQ) Minat Belajar Lingkungan Belajar Hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Dalam sebuah proses pembelajaran akan terlihat hasil belajar yang beragam. Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal untuk faktor internal salah satunya IQ tetapi kenyataannya ada siswa yang memiliki IQ tinggi tidak memperoleh hasil belajar yang maksimal sedangkan ada siswa yang memiliki IQ relatif rendah memiliki hasil belajar yang baik oleh karena itu ada faktor lain seperti minat belajar dan lingkungan belajar yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh IQ terhadap hasil belajar pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar dan pengaruh IQ minat belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang bersifat eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini kelas X-IPS MAN Kota Batu berjumlah 120 siswa dan akan diambil sampel sebesar 92 dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian yaitu angket untuk melihat minat belajar dan lingkungan belajar serta dokumentasi untuk melihat skor IQ dan nilai akhir semester siswa. Untuk uji instrumen dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas sedangkan dalam analisis data menggunakan analisis statistik deskriptive uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas uji multikolinieritas dan uji heteroskedastis analisis regresi linier berganda Uji hipotesis meliputi uji t dan uji F koefisien determinasi (R2) dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh bahwa (1) Ada pengaruh secara parsial antara tingkat IQ terhadap hasil belajar siswa kelas X-IPS MAN Kota Batu (2) Ada pengaruh secara parsial antara Minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X-IPS MAN Kota Batu (3) Ada pengaruh secara parsial antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X-IPS MAN Kota Batu(4) Ada pengaruh secara simultan antara IQ minat belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X-IPS MAN Kota Batu. Dalam penelitian ini saran yang diberikan penulis.(1) Kepala sekolah hendaknya mengetahui bagaimana kondisi lingkungan sekolah agar bisa memperbaiki lingkungan sekolah seperti LCD tersedia dengan baik sehingga baik guru maupun murid dapat melaksanakan proses belajar mengajar dengan baik. (2) Guru hendaknya dapat mengetahui tingkat minat belajar siswanya agar dapat memberikan langkah yang tepat untuk mengarahkan dan membangun siswa sesuai dengan apa yang mereka sukai sehingga berpengaruh baik kepada hasil belajarnya. ABSTRACT Cahyanti Iin 2017. Influence of IQ Learning Interest and Learning Environment on the Result of Learning in Economics Subject in 10th Social Class MAN Kota Batu Acsdemic Year 2016/2017 . Sarjana s Thesis Department of Development Economics Faculty of Economics State University of Malang Advisor of Mr. Drs. Prih Hardinto Msi. Keywords Intelligence Quetion (IQ) Learning Interest Learning Environment Students result of learning in Economics Subject. Learning process will give various learning result. Learning result are influenced by internal factor and external factor. One of the internal factor is Intellegent Quotient (IQ) but in fact there are few students have high Intellegent Quotient (IQ) who don t obtain maximum learning result but there are students have a relatively low IQ has a good learning result in that case another factor like learning interest and learning environment which can affect learning result. The purpose of this research is to know the effect of IQ towards learning result to know the effect of learning interest towards learning result to know the effect of learning environtment towards learning result and to know the effect of Intellegent Quotient (IQ) learning interest and learning environment towards learning result. This research included the study research of quantitative explanation. The population in this research at X social class MAN KOTA BATU totaled of 120 students and 92 samples will be taken using the Proporsional random sampling technique The instrument that being used in this research of questionnaires regarding interest in learning and environment learning. Addition documentation of IQ score and students result of learning in economics subject . For the instrument test it used from validity and reliability test. Mean while about the analysis it used the data from statistic descriptive anylisis classic assumption test which included normality multicolinierity and heteroskedasitas test then multiple linear regression analysis hypotheses test which included t test and F test coefficient of determination (R2) and effective contribution. Based on the result of that analysis data it was taken that (1) There is an influence as partial between IQ to the learning result of pupils 10th Social class in MAN Kota Batu (2) There is an influence with partially between learning interest to the learning result of pupils 10th Social class in MAN Kota Batu of (3) There is an influence with partially between learning environment to the learning result of pupils 10th Social class in MAN Kota Batu. (4) there is an influence with simultanly betweeen IQ learning interesting and learning environment to the learning result of pupils 10th Social class in MAN Kota Batu. In the study that the writer has given the suggestion (1) Principal should know how about the condition of school environment in order to fix as available LCD is fine in school environment so that teachers and students can held learning process well. (2) Teacher should know learning interest which owned by students in order to decide taking good steps and give the direction for the students about their prefference so that it will give good impact towards learning outcomes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39774

Actions (login required)

View Item View Item