Analisis keterampilan guru mata pelajaran ekonomi dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Laboratorium UM / Nur Fadhilatul Lailiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis keterampilan guru mata pelajaran ekonomi dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Laboratorium UM / Nur Fadhilatul Lailiyah

Lailiyah, Nur Fadhilatul (2017) Analisis keterampilan guru mata pelajaran ekonomi dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Laboratorium UM / Nur Fadhilatul Lailiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lailiyah Nur Fadhilatul. 2017. Analisis Ketrampilan Guru Mata Pelajaran Ekonomi dalam Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Laboratorium UM. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Sri Umi Mintarti W. S.E M.P. Ak Kata Kunci pengelolaan kelas ketrampilan guru. Ketrampilan guru dalam pengelolaan kelas sangat penting karena dengan pengelolaan kelas yang baik guru akan mampu menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal. Guru juga akan mampu mengembalikan ke kondisi belajar optimal jika terjadi gangguan gangguan pada saat proses pembelajaran. Sehingga pelajaran akan terserap baik pada diri peserta didik dan tercapainya tujuan pembelajaran yang telah direncanakan guru. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian fenomenologi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Laboratorium UM. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data penyajian data menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketrampilan guru mata pelajaran ekonomi dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Laboratorium UM sudah baik dalam memelihara kondisi di dalam kelas. Guru perlu lebih komunikatif dalam menciptakan komunikasi yang baik dengan siswa. Dalam melakukan pengelolaan diskusi kelas guru perlu memberikan game dan motivasi pada siswa. Namun guru perlu lebih tegas dalam menegur dan berkeliling kelas untuk mengontrol perilaku siswa Saran yang dapat diberikan adalah (1) bagi guru diharapkan dapat menguasai ketrampilan mengelola kelas secara maksimal. Ketrampilan pengelolaan kelas merupakan satu kesatuan yang mendukung satu sama lain dalam menciptakan kelas yang kondusif dan optimal sebagai lingkungan belajar siswa (2) bagi pihak sekolah untuk senantiasa tetap memperhatikan dan meningkatkan kualitas mengajar dari para guru untuk mendapatkan hasil yang lebih baik kedepannya. Komunikasi dan kerjasama pihak sekolah dengan para guru akan sangat berpengaruh dalam menciptakan siswa yang terdidik dan berkualitas (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk bisa mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan fokus yang lainnya serta bisa menjadi acuan untuk meningkatkan ketrampilan guru dalam pengelolaan kelas kedepannya. ABSTRACT Lailiyah Nur Fadhilatul. 2017. Analisys of an Economic Teachers Classroom Management Ability on 11th IPS grade of SMA Laboratorium UM. Thesis. Department of Economic Development. Faculty of Economy. State University of Malang. Advisors Prof. Dr. Sri Umi Mintarti W. S.E M.P. Ak Keyword classroom management teachers skill. Classroom management is very important since with a good class management teacher can control the teaching and leaning process even with some distractions. So the teaching and learning process can be effective and fulfill the aims that has been planed by the teacher. This study use descriptive qualitative method. The method use in this study is phenomenal research. The subject in this study are 11th grade economic teacher in SMA Laboratorium UM and students in 11th IPS grade. Intruments used in this study are observation and interview. Data collection method use in this study are observation interview and documentation. Data analysis use in this study are data reduction data display conclusion and verification. The result of the study show that economic teachers classroom management skill in 11th IPS grade on SMA Laboratorium UM is good. Teacher is already well in conditioning the class. Teacher need more communicative in creating good communication with students. In managing classroom discussions teacher need to provide games and motivation to students. But teacher need to be more assertive in reprimand and go around the class to control student behavior. There are some suggestions that the resercher suggest. First the teacher should be able to dominate classroom management maximally. Classroom manegement is one of the suppostive factor in creating a condusive and optimal learning enviroment for students. Second school should be give some attentions and increase the teaching quality from the teachers to get a better result in the future communication and cooperation between school and teachers will effect in creating educated students. The future researchers are suggested to develop this research by using other focus and use this study as a reference to increase teachers classroom mangement skill. KATA PENGANTAR Segala puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas limpahan rahmat dan taufiq hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan dengan baik skripsi yang berjudul Analisis Ketrampilan Guru Mata Pelajaran Ekonomi dalam Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Laboratorium UM . Skripsi ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat dalam memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Penulis menyadari bahwa penyusunan skripsi ini tidak akan terwujud tanpa adanya bimbingan bantuan dorongan dan do a dari berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan rasa hormat dan mengucapkan banyak terima kasih kepada 1.Ibu Prof. Dr. Hj. Sri Umi Mintarti W. S.E M.P. Ak. selaku dosen pembimbing yang telah banyak memberikan bimbingan pengarahan saran dan motivasi kepada penulis selama proses penyusunan skripsi ini. 2.Bapak Drs. Sapir S.Sos M. Si. selaku dosen penguji pertama yang telah memberikan pengarahan saran dan perbaikan demi kesempurnaan penyusunan skripsi ini. 3.Bapak Prof. Dr. Wahjoedi M.E. selaku dosen penguji kedua yang telah memberikan pengarahan saran dan perbaikan demi kesempurnaan penyusunan skripsi ini. 4.Ibu Dr. Dwi Wulandari S.E. M.M. selaku ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. 5.Bapak Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto M. Ed. M. Si. selaku Dekan Fakultas Ekonomi yang telah memberikan kesempatan dan berbagai fasilitas selama masa studi di Fakultas Ekonomi. 6.Seluruh Bapak dan Ibu Dosen yang telah memberikan ilmu dan pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi penulis selama berada dibangku perkuliahan. 7.Keluarga besar SMA Laboratorium UM yang telah memberikan ijin untuk melakukan penelitian memberikan informasi yang dibutuhkan membimbing dan memberikan motivasi untuk kelancaran penelitian. 8.Orang tua saya yaitu Bapak Abdul Surahmad Tekad dan Ibu Basariyah dan keluarga besar yang selalu memberikan doa semangat dan nasehat tiada hentinya dalam setiap langkah untuk menyelesaikan gelar ini. 9.Sahabat-sahabatku Putri Alfi Yulia Fasta Delinda Iin dan teman teman KKN-PPL Thailand angkatan 2 serta keluarga besar Isyfaqiha yang selalu membantu memberikan saran motivasi dan kritik yang membangun bagi penulis. 10.Teman-teman prodi pendidikan ekonomi angkatan 2013 khususnya offering N yang selalu membantu memberikan saran motivasi dan kritik yang membangun bagi penulis. 11.Serta pihak pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang sudah memberikan bantuan baik secara langsung maupun tidak langsung kepada penulis. Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan dan ketulusan semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan skripsi ini. Penulis berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi penulis sendiri semua pihak yang terkait dan semua orang yang membacanya. Penulis juga menyadari bahwa penyusunan skripsi ini masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun. Malang 21 Mei 2017 Penulis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39773

Actions (login required)

View Item View Item