Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X-1 MA Miftahul Falah Purwodadi Kabupaten Pasuruan / Delinda Poppy Lastika - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X-1 MA Miftahul Falah Purwodadi Kabupaten Pasuruan / Delinda Poppy Lastika

Lastika, Delinda Poppy (2017) Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X-1 MA Miftahul Falah Purwodadi Kabupaten Pasuruan / Delinda Poppy Lastika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lastika Delinda Poppy.2017 Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-1 MA Miftahul Falah Purwodadi Kabupaten Pasuruan Skripsi. Program Studi Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr.Hj. Lisa Rokhmani. M Si Kata Kunci Model Pembelajaran Snowball Throwing Keaktifan dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai rendahnya keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas X-1 MA Miftahul Falah Purwodadi bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran peserta didik cenderung pasif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru peserta didik gaduh dan bosan tidak memperhatikan guru ketika menyampaikan materi pembelajaran serta tidak berpartisipasi di dalam kelas. Dalam proses pembelajaran metode yang diterapkan guru yaitu dengan metode konvensional / (ceramah) dan model pembelajaran yang diterapkan kurang bervariasi di dalam kelas. Rendahnya hasil belajar disebabkan karena kurangnya pemahaman peserta didik dalam materi pembelajaran dan peserta didik masih banyak yang mendapatkan nilai di bawah (KKM 70). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran ekonomi dan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X-1 MA Miftahul Falah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-1 MA Miftahul Falah yang berjumlah 23 peserta didik yang terdiri dari 7 peserta didik perempuan dan 16 peserta didik laki-laki Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data pada siklus 1 persentase tingkat keberhasilan guru dalam menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing dalam kategori baik sedangkan pada siklus II yaitu dalam kategori sangat baik . Selain itu model pembelajaran Snowball Throwing juga dapat meningkatkan keaktifan peserta didik hal ini dapat diketahui dari hasil persentase pada siklus 1 sebesasr 61 72 % dan pada siklus II yaitu sebesar 77 39% dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing juga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi hal ini terlihat pada siklus 1 ketuntasan belajar peserta didik sebesar 68 18% sedangkan pada siklus II sebesar 86 96% dan persentase rata-rata hasil belajar siklus 1 sebesar 76 78% dan siklus II sebesar 80 19% . Untuk meningkatkan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing disarankan kepada pihak-pihak yang terkait yaitu diantaranya yaitu pertama bagi sekolah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan untuk mengembangkan dan meningkatkan ketrampilan mengajar guru dalam proses pembelajaran. Kedua Bagi guru khususnya guru mata pelajaran ekonomi dalam proses pembelajaran dapat menerapkan model Snowball Throwing untuk mengatasi rendahnya keaktifan dan hasil belajar peserta didik serta guru diharapkan dapat menyesuaikan dengan materi yang akan diajarkan karena jika materi yang diajarkan mengandung rumus dan perhitungan maka peserta didik akan mengalami kesulitan jika diterapkan model pembelajaran Snowball Throwing. Ketiga bagi peneliti lain yaitu sebagai bahan pembelajaran dan mengembangkan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing dan hendaknya dapat lebih baik lagi dengan materi ajar yang berbeda dari penelitian ini supaya mendapatkan hasil yang diharapkan. ABSTRACT Lastika Delinda Poppy. 2017. The Implementation of Learning Model Snowball Throwing to Increase Student Activity and Learning Outcome at Economics Subject Class X-1 MA Miftahul Falah Purwodadi Pasuruan Disctrict. Thesis. Economy Development Department Faculty of Economy State University of Malang. Advisor Dr. Hj. Lisa Rokhmani M Si Key words Snowball Throwing method Activeness Learning result This study was carried out by the problems related to the activeness and learning result of X-1 students in MA Miftahul Falah Purwodadi which were still below average. It was shown that during teaching and learning process the students were passive in asking and answering questions from the teachers students tend to be noisy and were not participated well in class. It was also revealed that the teacher still used conventional method like lecturing to deliver the lesson and there were no variation in some methods that have been implemented. The students low learning result was revealed to have caused by the students low understanding in the lesson and materials and most students got score under 70 which was a standard minimum score for economy subject. This study aimed to know the implementation of Snowball Throwing method in economy subject and improve students of X-1 MA Miftahul Falah activeness and learning result. This study was carried out using Classroom Action Research with qualitative approach. This study was done in 2 cycles. The subjects of this study were X-1 students of MA Miftahul Falah consisting 23 students comprising 7 female students and 16 male students. This study showed that the implementation of Snowball Throwing method was good and the result was as expected. This was revealed by the data analysis in cycle 1 the teacher success percentage in implementing the Snowball Throwing method was in good category. While in cycle 2 the percentage was categorized as very good. On the other hand the implementation of Snowball Throwing method also improved students activeness. It was revealed from the percentage of students activeness in cycle 1 result of 61 72% and in cycle 2 of 77 39% . In implementing the Snowball Throwing method it was also revealed that it could improve students learning result in economy subject. This was shown in the cycle 1 result of 68 18% the students score was categorized as good and in cycle 2 was 86 96% categorized as good. The percentage of student s score both in cycle 1 result 76 78% and cycle 2 was 80 19% . To improve the implementation of Snowball Throwing method first it was suggested for the school to use this study as a reference to develop and improve teachers ability in using learning method in classroom. Second it was also suggested for economy teacher to implement the use of Snowball Throwing method to solve the problems related to the students participation and activeness in class as well as the students learning result. It was also suggested for teachers to implement Snowball Throwing method in appropriate material since if the material contained some formulas thus it would be difficult to implement the method. Third it was suggested for future researchers to use this study as a reference to implement Snowball Throwing method for different materials.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39768

Actions (login required)

View Item View Item