Pengaruh perhatian orang tua dan kepribadian siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IIS di MA Nurul Ulum Malang tahun ajaran 2016/2017 / Risalatul Maghfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh perhatian orang tua dan kepribadian siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IIS di MA Nurul Ulum Malang tahun ajaran 2016/2017 / Risalatul Maghfiroh

Maghfiroh, Risalatul (2017) Pengaruh perhatian orang tua dan kepribadian siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IIS di MA Nurul Ulum Malang tahun ajaran 2016/2017 / Risalatul Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maghfiroh Risalatul. 2017. PengaruhPerhatian Orang Tuadan KepribadianSiswaterhadapHasilBelajarSiswapada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XIIIS di MA Nurul Ulum Malang Tahun Ajaran 2016/2017.Skripsi JurusanEkonomi Pembangunan FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Prof. Dr.Sri Umi Mintarti W. S.E M.P Ak Kata Kunci Perhatian Orang Tua Kepribadian SiswadanHasilBelajarSiswa. Prestasi belajar merupakan hasil yang diperoleh ketika mengikuti proses belajar yang berkaitan dengan kemampuan siswa yang sering dinilai oleh guru untuk melihat penguasaan pengetahuan sebagai ukuran pencapaian terhadap kegiatan belajar di sekolah. Hasil penilaian dari kegiatan belajar yang telah dilakukan merupakan bentuk perumusan akhir yang diberikan oleh guru untuk melihat sampai dimana kemampuan peserta didik yang diukur melalui ulangan ulangan harian ulangan tengah semester ulangan akhir semester ulangan kenaikan kelas ujian sekolah/madrasah ujian nasional dan mencapai KKM.Siswa di kelas sering tidak memperhatikan guru ketika menerangkan sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal. Salah satufaktor yang mempengaruhihasilbelajarsiswaadalahperhatian orang tua. Orang tua yang memberikan perhatian yang tinggi terhadap pendidikan anaknya seperti menyediakan fasilitas belajar mengawasi memotivasi anak untuk belajar dan kontak dengan lembaga maka anak akan semakin giat dalam belajar dan tentu membuat hasil belajarnya semakin tinggi. Begitu juga dengan kepribadian siswa merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Siswa harus bisa memilah dan memilih dalam bergaul dengan temannya dikarenakan siswa tidak tinggal dengan orang tua maka siswa setiap harinya pasti berkumpul dengan teman-temannya. Siswa yang bergaul dengan teman yang baik maka hasil belajar siswa akan baik pula karena temannya memberikan motivasi. Penelitianiniadalahpenelitiankuantitatifdenganjeniseksplanasi.Penelitianinidilakukan di MA NurulUlum Malang dengansubyekkelas XI IIS tahunajaran 2016/2017 denganjumlahpopulasisebanyak 134siswa.TeknikpengambilansampelmenggunakanrumusSlovinyaitusebanyak100siswa.Instrumen yang digunakandalampenelitianadalahangketdandokumentasi.Sedangkananalisis yang digunakanadalahanalisisregresi linier berganda. Dari hasilpenelitian menyatakanbahwaterdapatpengaruhperhatian orang tuaterhadaphasilbelajarsiswasebesar7 6%.Kedua terdapatpengaruhkepribadian siswaterhadaphasilbelajarsiswasebesar29 2%. Ketiga terdapatpengaruhsecarasimultanantaraperhatian orang tuadankepribadian siswaterhadaphasilbelajarsiswasebesar36 8%. Berdasarkankesimpulanpenelitian makapenulismerekomendasikan saran-saran sebagaiberikut (1) orang tuasebaiknyamemberikanperhatianpadaanak membimbing danmemotivasibelajaranak memberisolusiketikaanakmengalamikesulitanbelajar danmelakukankontakdenganpihaksekolah (2) memberikan pengarahan tentang bergaul dengan baik sehingga menjadi pribadi yang baik (3) guru hendaknya memisahkan siswa yang berkelompok-kelompok sehingga bisa mendapatkan hasil belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39766

Actions (login required)

View Item View Item