Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dan mind mapping untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X-APK2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Indah Puji Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dan mind mapping untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X-APK2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Indah Puji Rahayu

Rahayu, Indah Puji (2017) Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dan mind mapping untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X-APK2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Indah Puji Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayu Indah Puji. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw dan Mind Mapping untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X APK2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan FE Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. H. Agung Haryono S.E. M.P. AK Kata Kunci Metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dan mind mapping keaktifan siswa dan hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ada pada kelas X APK2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari permasalahan tersebut adalah kurangnya tingkat keaktifan siswa pada mata pelajaran ekonomi selain itu hasil ulangan mata pelajaran ekonomi yang rendah juga menjadi salah satu permasalahan yang ada di kelas tersebut berdasarkan fakta yang ada 87% siswa nilainya masih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang diterapkan kurang sesuai dengan karakteristik siswa kelas X APK2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Penelitian ini bertujuan iuntuk mengetahui (1) peningkatan keaktifan siswa setelah diterapkan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw dan Mind Mapping dan (2) peningkatan hasil belajar ekonomi setelah diterapkan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw dan Mind Mapping. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan yakni lembar observasi serta soal pre test dan post test. Subjek penelitian kelas X APK2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari objek penelitian Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw dan Mind Mapping. Penelitian ini menggunakan 2 siklus Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keaktifan siswa pada presentase rata-rata keaktifan siswa kelas X APK2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Meningkat sebesar 9 63% dari siklus 1 adalah 62 01% dan menjadi 71 64% pada siklus II. Sedangkan untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan hal ini terlihat dari nilai rata-rata siswa pada saat pre test dan post test siklus I yaitu 41 72 menjadi 71 00 dengan presentase ketuntasan 50 00%. Pada siklus II rata-rata nilai pre test dan post test juga mengalami peningkatan dari 51 33 menjadi 74 83 dengan presentase ketuntasan 77 41% Adapun saran yang diberikan yaitu 1) Guru dapat menerapkan metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dan mind mapping sebagai alternatif metode yang dapat malatih kerjasama siswa dalam kelompok selain itu juga melatih siswa untuk lebih memperdalam penguasaan materi sehingga keaktifan dan hasil belajar siswa meningkat kemudian hendaknya guru memperhatikan alokasi waktu apabila menerapkan metode jigsaw dan mind mapping tersebut 2) Bagi peneliti berikutnya dapat menerapkan metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dan mind mapping pada subjek materi maupun sekolah yang berbeda sehingga dapat digunakan untuk melihat sejauh mana keberhasilan metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dan mind mapping ini apabila diterapkan diterapkan pada kondisi yang berbeda 3) Bagi sekolah hendaknya mempertimbangkan metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dan mind mapping untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas khususnya mata pelajaran Ekonomi yang sesuai dengan tautan kurikulum 2013. ABSTRACT Rahayu Indah Puji. 2017. The application of Jigsaw and Mind Mapping Technique of Cooperative Learning Method to Improve Student Activeness and Learning Outcomes in Economics Subject 10th Grade APK2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Sarjana s Thesis Department of Economic Development Faculty of Economics State University of Malang Advisor Dr. H. Agung Haryono S.E. M.P. AK Keywords Jigsaw and Mind Mapping Technique of Cooperative Learning Method Student Activeness and Learning Outcomes. The study was caused by the problems that exist in 10th grade APK2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari The problem is the lack of the level of student activeness on economic subjects in addition to the economic subjects test results is low it has also become one of the problems that exist in the class Considering the fact that 87% of students value is still below the KKM (Criterion Complete Minimum). This is because the learning method which applied is less appropriate to the characteristics of students in 10th grade APK2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari. The study aims to determine (1) The increase of student activeness after being applied The Jigsaw and Mind Mapping Technique of Cooperative Learning Method and (2) The increase of economics learning ourcomes after being applied The Jigsaw and Mind Mapping Technique of Cooperative Learning Method. The approach used in this study is a qualitative study. The type of study is a classroom action study. The instrument used is the observation sheet and the question pre-test and post test. The subject of study in 10th grade APK2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari The object of study of Jigsaw and Mind Mapping Technique of Cooperative Learning Method. The study use two cycles. The results Showed the Increase of student activeness in the average percentage of student activeness in 10th grade APK2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari. An Increase of 9.63% from cycle 1 was 62.01% and to 71.64% in the second cycle. While for the student learning outcomes increase Also as seen from the average value of students in pre-test and post-test first cycle is 41.72 into 71.00 with a percentage of 50.00% completeness. In the second cycle the average value of the pre-test and post-test Also Increased from 51.33 into 74.83 with the percentage of completeness 77.41% The advice given is 1) The teacher can apply The Jigsaw and Mind Mapping Technique of Cooperative Learning Method as an alternative method that can train the student cooperation in the group but it also trains students to further deepen the mastery of the material so that the activity and the student learning outcomes can be increased then the teacher should pay attention to the allocation of time when applying the jigsaw and mind mapping method 2) For subsequent researchers can apply The Jigsaw and Mind Mapping Technique of Cooperative Learning Method on the subject material and different schools so that it can be used to see the extent to which the success of The Jigsaw and Mind Mapping Technique of Cooperative Learning Method when applied to different conditions 3) For schools may consider The Jigsaw and Mind Mapping Technique of Cooperative Learning Method to be used in the classroom especially economic subjects in accordance with the link of curriculum 2013.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39763

Actions (login required)

View Item View Item