Analisis pengelolaan uang saku dan penghasilan tambahan mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2014 / Anggraini Nur Ainiyah

Ainiyah, Anggraini Nur (2017) Analisis pengelolaan uang saku dan penghasilan tambahan mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2014 / Anggraini Nur Ainiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ainiyah, Anggraini Nur. 2017 Analisis Pengelolaan Uang Saku dan Penghasilan Tambahan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2014. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: RoÔÇÖufah Inayati S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Pengelolaan Uang Saku, Penghasilan Tambahan, Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Hal paling utama bagi mahasiswa mengalokasikan pendapatan untuk kebutuhan makan, kebutuhan kuliah, kebutuhan pribadi seperti beli paketan, pulsa ,dan kebutuhan lainnya. Berdasarkan observasi mereka mengalokasikan uangnya untuk menunjang penampilan dengan membeli barang , seperti konsumsi pakaian, sepatu, tas, serta gadget dan mengalokasikan uangnya untuk nongkrong di cafe maupun jalan-jalan ke wisata bersama teman-temannya. Fokus penelitian ini untuk mengetahui (1) menganalisis pemanfaatan dan cara pengelolaan uang saku dan penghasilan tambahan mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2014. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, dan teknik dalam analisis data, yaitu reduksi data, display data dan penyimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) sumber pendapatan yang diperoleh informan berasal dari uang saku yang diberikan orang tua setiap bulannya dan penghasilan tambahan yang diperoleh dari bekerja, beasiswa maupun wirausaha (2) pendapatan yang diperoleh dari uang saku dan penghasilan tambahan, informan alokasikan untuk konsumsi yaitu makan, kebutuhan kuliah, beli bensin, bayar kos, dan kebutuhan lain seperti beli baju, sepatu, jalan-jalan, nongkrong di cafe, selain itu pendapatan juga dialokasikan untuk ditabung dan investasi. (3) dalam mengelola keuangan, ada informan yang melakukan perencanaan dan ada yang tidak melakukan perencanaan. Saran penelitian ini (1) Bagi peneliti lain, disarankan untuk meneliti tentang sumber uang saku dan pemakaiannya dalam rentang waktu yang lebih lama, agar penelitian yang dilakukan mendapatkan hasil yang lebih baik, (2) Bagi Mahasiswa, Sebagai seorang mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi dan S1 Ekonomi Pembangunan yang bisa disebut remaja akhir atau memasuki usia dewasa, sebaiknya dapat mengalokasikan pendapatan dengan terencana dan mengelola keuangan secara rasional dan tidak bertindak konsumtif dalam berkonsumsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39760

Actions (login required)

View Item View Item