Persepsi guru tentang pelaksanaan supervisi pendidikan di Sekolah Dasar Negeri kecamatan Klojen kota Malang <BR>oleh Y. Hery Purnomo

Purnomo, Y. Hery (2001) Persepsi guru tentang pelaksanaan supervisi pendidikan di Sekolah Dasar Negeri kecamatan Klojen kota Malang <BR>oleh Y. Hery Purnomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aspekp ertamay angh arusd iperhatikanu ntukm eningkatkanm utu hasil belajar murida dalahm utu sifuasi belajar mengajamya.K enyataany ang te4adi di lapangang uruguruti daks Ôé¼munya mampu melaksanakantu gast ersebut,d an tidak selamanyad apat mengtkuttui ntutanl ingkungan yang terus berkembang.P elaksanaans upervisi pendidikan yangte4addi ilapangand isinyalirtidak sesuaid engank onseps upervisi pendidikan. Guru yangs eharusnyma embutuhkanb antuans upervisim erasat akut, sehinggam enyebabkan bergesempyae rsepsgi uru terhadapp elaksanaans upervisip endidikan di sekolahd asar. Perseps'sei orangg uru sangatt ergantungp adak arakteristik dari individunya sendiri dan lugak arahenstikd ari lingkungannya. Alfonso,F irth, dan Neville (1981:43)m engatakan". .. instructionasl upervisionis herein defineda s:b ehavior offrcially designedb y the organizationt hat directly effects teachebre haviori n such a way as to fasilitate pupil leaming and achievet he goals of organizatio.n. . . ' Tujuan dari supervisi pendidikana dalaht erciptanyak emandirian guru dalamk egiatanb elajar mengajar. Penelifianin i bertujuanu ntuk mengetahumi asalah-masalaphe laksanaansu pervisi pendidikanp,e nilaiang uru terhadapp elaksanaans upervisip endidikan,h arapang uru terhadappe laksanaans upervisi pendidikan, dan efektifitas pelaksanaans upervisi pendidikatne rhadapk eg atan belaja r mengaja r. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru kelas Sekolah Dasar Negeri di KecamataKnl ojen Kota Malang. Sampelp enelitiani ni menggunakante knik purpose randoms amplingd enganjumlah sampels ebanyak6 0 orang guru yang berasald ari l0 SDN Teknik Analisa data yang digunakan adalah tekruk analisis deskriptif kualitatif yang digunakanu ntuk mendeskripsikand ata denganm enggunakanr umus pÔé¼rsentase. Berdasarkanh asil penelitian diperoleh kesimpulana ) Masalah pelaksanaan supervispi endidikany ang dihadapi guru tergolongt inggr, yaitu kesenjanganh ubungan antaras upervisord an gurq pola pendekatany ang digunakan,k ecenderunganm encari kesalahagnu ru, kekurangmampuans upervisor,d an frekuensi pelaksanaany ang masih rendahb. ). Pelaksanaans upewisi pendidikan tergolongt inggi, yakni supervisorm emberi kesempatakne padag uru untuk menyampaikanm asalahnyam, enggunakani nstrumen observasdi,a n penggunaant eknik supervisib er.lasarkanid entrfikasi masalahg uru. c). Harapan guru terhadap pelaksanaan supervisi pendidikan tergolong tinggi sekali, yaitu guru harus dilibatkan, penilaian harus obyektif dan apa adanya, mengikutsertakan guru dalam kegiatan peningkatan kemampuan, dan keterlibatan guru dalam evaluasi. d). Keefektifanp elaksanaans upervisi pendidikant ergolongt inggi, yaitu berdayag una dalam peningkatan kemampuan guru, hasil belajar siswa, dan mutu pendidikan. , Saran dalam penelitian ini yaitu: a). Supervisor lebih meningkatkan frekuensi pelaksanaannyam, enggunakant eknik supervisiy ang ben ariasi, menindaklaryu ti dan mengawaski emaluang uru. b). Guru hendaknyam engembangkanp otensi dan daya kreasi untukm enyikapis etiapp ermasalahapnr osesb elajarm engajard, an menyamakan pandangadna lamk egiatans upervisip endidikanc. ) Penelitil ain, permasalahan pclaksanaasnu pervisrp endidikans angat inggi, makap crlu diadakanp cnclitiand engan desainya ngl ebiht eliti dant ajam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2001 04:29
Last Modified: 09 Sep 2001 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3976

Actions (login required)

View Item View Item