Zulifah, Martika Nur (2017) Penerapan model pembelajaran debate untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X IPS 5 pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Batu / Martika Nur Zulifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Zulifah Martika N. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Debate Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 5 Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Batu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Prih Hardinto M.Si. Kata Kunci model pembelajaran debate keaktifan belajar hasil belajar Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMA Negeri 1 Batu pada kelas X IPS 5 diketahui bahwa permasalahan yang dihadapi di sekolah tersebut adalah keaktifan siswa dikelas tidak merata masih banyak siswa yang pasif dibandingkan yang aktif siswa kurang bersemangat dan suasana kelas ramai pada mata pelajaran ekonomi sehingga diperlukan model pembelajaran yang tepat yaitu model debate yang mampu membangkitkan daya tarik dan analisis siswa dalam suatu permasalahan serta diharapkan dapat membantu siswa untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan penerapan model debate agar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X IPS 5 di SMA Negeri 1 Batu Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 5 SMA Negeri 1 Batu dengan jumlah siswa 29 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 17 siswi perempuan tahun ajaran 2016/2016 7. Data yang digunakan adalah penerapan model debate dari telaah rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar observasi dan keaktifan siswa dari lembar observasi hasil belajar dari post test. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X IPS 5 dari siklus I ke siklus II. Keaktifan belajar siswa meningkat dari 72% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari 79.3% paa siklus satu menjadi 100% dengan rata-rata 74 menjadi 86. Demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model debate dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X IPS 5 di SMA Negeri 1 Batu. Saran untuk guru ekonomi bahwa model ini dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Selain itu saran untuk peneliti selanjutnya dapat digunakan referensi dan memperbaiki kekurangan yang ada dalam penelitian ini. ABSTRACT Zulifah Martika N. 2017. The Implementation of Learning Debate Model to Improve Student Activeness and Student Outcomes Economics Subject X IPS 5 at SMAN 1 Batu Bachelor s Thesis. Economics Teaching Program Department of Development Economics Faculty of Economics State University of Malang. Advisors Drs. Prih Hardinto M.Si. Keywords learning model debate active learning learning outcomes Based on preliminary observations made in SMA Negeri 1 Batu in class X IPS 5 note that the problems faced in the school is the involvement of the student in class is uneven there are still many students are passive than active students are less excited crowded on economic subjects because teachers are still monotonous. model debate that is expected to help students to enhance the activity and learning outcomes of students in the learning process. This study aims to decrypt the application of the model debate to enhance the activity and results of class X IPS 5 in SMA Negeri 1 Batu On the Subject of Economics. This type of research is classroom action research (PTK) This study was conducted in two cycles. The subjects were students of class X IPS 5 SMA Negeri 1 Batu by the number of students 29 people consisting of 12 male students and 17 female students of the school year 2016/2016 7. The data used is the debate on the application of the model lesson plan study and observation sheets and student activity from the observation sheet the learning outcomes of the post test. The instruments used were observation sheet test field notes and documentation. Based on the survey results revealed that an increase in activity and results of class X student IPS 5 of the first cycle to the second cycle. Students learning activeness increased from 72% in the first cycle to 88% in the second cycle. Percentage mastery learning outcomes of students increased from 79.3% paa cycle of one to 100% with an average of 74 to 86. It can be concluded that the application of the model debate can enhance the activity and results of class X IPS 5 in SMA Negeri 1 Batu. Suggestions for economics teachers that this model can be used as an alternative to enhance the activity and student learning outcomes. In addition suggestions for further research can be used references and correct existing deficiencies in this study.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39758 |
Actions (login required)
View Item |