Pengaruh tingkat intelegensi, motivasi berprestasi dan cara belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi kelas XII IPS di SMAN 2 Trenggalek / Bella Cinthea - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh tingkat intelegensi, motivasi berprestasi dan cara belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi kelas XII IPS di SMAN 2 Trenggalek / Bella Cinthea

Cinthea, Bella (2017) Pengaruh tingkat intelegensi, motivasi berprestasi dan cara belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi kelas XII IPS di SMAN 2 Trenggalek / Bella Cinthea. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cinthea Bella. 2017. Pengaruh Tingkat Intelegensi Motivasi Berprestasi Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi diSMAN 2 Trenggalek. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. Prih Hardinto M Si. Kata Kunci Tingkat Intelegensi Motivasi Berprestasi Cara Belajar Hasil Belajar SMAN 2 Trenggalek. Keberhasilan pendidikan di sekolah-sekolah umumnya didasarkan pada hasil belajar yang diperoleh siswa semakin tinggi hasil belajar siswa semakin baik pula proses pendidikan yang telah dilaksanakan begitu pula sebaliknya. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berkaitan dengan proses belajar. Dalam penelitian ini faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya adalah variabel tingkat intelegensi motivasi berprestasi dan cara belajar. Variabel tingkat intelegensi didukung oleh Incremental Theori of intelligence William Stern variabel motivasi berprestasi didukung oleh theory of needs yang disampaikan oleh David McCleland variabel cara belajar di dukung oleh Syaiful Bahri Djamara . Tingkat intelegensi siswa (IQ) dalam penelitian ini adalah hasil tes IQ siswa kelas XII IPS SMAN 2 yang dilaksanakan ketika awal mulai menjadi siswa baru dan dilaksanakan oleh pihak sekolah. Motivasi berprestasi yang dimaksudkan adalah suatu konsep yang digunakan sebagai dorongan untuk individu guna melakukan aktivitas yang bertujuan untuk meningkatkan dan mencapai keunggulan dan prestasi ini harus semaksimal mungkin dan lebih dari prestasi yang pernah dicapai sebelumnya dan prestasi yang dicapai oleh orang lain. Cara belajar adalah cara-cara belajar yang teratur terencana sebagai upaya siswa dalam mengatasi masalah-masalah atau kesulitan yang mereka hadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat intelegensi motivasi berprestasi dan cara belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi SMAN 2 Trenggalek. Penelitian ini tergolong dalam penelitian explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS di SMAN 2 Trenggalek dengan jumlah 90 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur variabel motivasi berprestasi dan cara belajar sedangkan dokumentasi untuk mengambil data tingkat intelegensi siswa dan hasil belajar siswa. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan hasil analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat intelegensi motivasi berprestasi dan cara belajar terhadap hasil belajar dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan hasil signifikansi lebih kecil dari nilai alpha dan uji f dengan hasil analisis F_hitung sebesar 54 347 dan F_(tabel )2 71 menunjukan secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif signifikan tingkat intelegensi terhadap hasil belajar. (2) Terdapat pengaruh positif signifikan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar. (3) Terdapat pengaruh positif signifikan cara belajar terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat intelegensi motivasi berprestasi dan cara belajar maka semakin tinggi hasil belajar siswa. Saran dari penelitian ini (1) Bagi Sekolah diharapkan dapat mengadakan tes IQ setiap tahunnya agar sekolah bisa mengetahui tingkat intelegensi siswa setiap tahun untuk meningkatkan hasil belajar yang baik dan output sekolah yang baik pula. (2) Bagi peneliti selanjutnya yang melakukan penelitian sejenis diharapkan dapat membuat pembaharuan mengenai beberapa hal menambahkan variabel bebas lain dan membuat teknik pengambilan data yang lebih akurat dan tidak hanya menggunakan angket misalnya disertai dengan observasi atau wawancara. (3) Guru hendaknya lebih sering memperhatikan siswa yang terlihat kurang semangat dalam mengikuti pelajaran dikelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39755

Actions (login required)

View Item View Item