Penerapan perpaduan model pembelajaran Student Teams-Achieement Division (STAD) dan Time Token Arends untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 7 Malang / Zuhrotur Rosyidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan perpaduan model pembelajaran Student Teams-Achieement Division (STAD) dan Time Token Arends untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 7 Malang / Zuhrotur Rosyidah

Rosyidah, Zuhrotur (2017) Penerapan perpaduan model pembelajaran Student Teams-Achieement Division (STAD) dan Time Token Arends untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 7 Malang / Zuhrotur Rosyidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosyidah Zuhrotur. 2017. Penerapan Perpaduan Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Dan Time Token Arends Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 7 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Prih Hardinto M.Si Kata Kunci STAD Time Token Arends Keaktifan dan Hasil Belajar Kurikulum 2013 menuntut siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran sumber belajar tidak hanya berpusat pada guru namun siswa juga aktif dalam menemukan sumber belajar. Namun kenyataannya dalam kegiatan pembelajaran ekonomi di kelas hanya beberapa siswa yang terlihat aktif bertanya berpendapat maupun menjawab pertanyaan. Permasalahan lainnya adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang dikarenakan siswa tersebut kurang memahami materi. Dengan menerapkan model pembelajaran STAD yang dipadukan dengan Time token arends dapat membantu siswa dalam kegiatan belajar siswa di kelas sehingga siswa dapat lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran dan mendapatkan hasil belajar yang baik atau diatas KKM. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kekatifan dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Malang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Malang dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan tahun ajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa keatifan belajar siswa dan hasil belajar siswa ranah kognitif setelah penerapan perpaduan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dan Time Token Arends. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi wawancara test catatan lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa setelah diterapkannya perpaduan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dan Time Token Arends. Hal ini dapat ditunjukkan persentase kekatifan siswa pada siklus I sebesar 64 78% dan meningkat pada siklus II menjadi 77 08%. Begitupula dengan hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Pada siklus I 22 siswa tuntas sementara pada siklus II 27 siswa tuntas (90%) hasil belajarnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan perpaduan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dan Time Token Arends dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Malang. Guru mata pelajaran ekonomi disarankan dapat menerapkan model pembelajaran ini sebagai alternatif lain dalam proses pembelajaran namun demikian perlu disesuaikan dengan materi khususnya materi yang bersifat konseptual dan waktu pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39754

Actions (login required)

View Item View Item