Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 6 MAN Tambakberas Jombang tahun ajaran 2016/2017 / Linda Wahyu Octavianingrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 6 MAN Tambakberas Jombang tahun ajaran 2016/2017 / Linda Wahyu Octavianingrum

Octavianingrum, Linda Wahyu (2017) Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 6 MAN Tambakberas Jombang tahun ajaran 2016/2017 / Linda Wahyu Octavianingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ningrum Linda Wahyu. O.2017. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 6 MAN Tambakberas Jombang Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Lisa Rokhmani. M Si. Kata kunci Model Pembelajaran Talking Stick Minat Balajar dan Hasil Belajar. Berdasarkan observasi awal di kelas XI IPS 6 MAN Tambakberas Jombang diketahui bahwa dalam pembelajaran ekonomi sebagian besar siswa masih kurang bersemangat saat mengikuti pembelajaran ekonomi. hal tersebut dikarenakan proses belajar di kelas XI IPS 6 ini masih cenderung satu arah kemudian siswa juga masih banyak yang bergantung pada salah satu temannya dan interaksi antar siswa masih kurang. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar di kelas XI IPS 6 masih kurang maksimal sehingga nilai siswa yang dapat mencapai KKM dari 38 siswa masih ada 6 siswa yang nilainya di atas KKM. kenyataan inilah yang melatarbelakangi diadakannya PTK ini. Pendekatan yang digunkan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan PTK yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan dan 2 pertemuan masing-masing pertemuan ada yang 2 JP x 45 menit dan ada yang 1 JP x 45 menit. Setiap siklus mencakup perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 6 MAN Tambakberas Jombang tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 38 siswa yang secara keseluruhan adalah perempuan. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi catatan lapangan lembar aktivitas siswa soal post test dan angket dan lembar keterlaksanaan guru dalam menerapkan model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran ekonomi dengan menggunakan model Talking Stick dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil skor angket minat dan hasil belajar dari siklus I ke siklus III. Siklus I hasil skor minat siswa memperoleh 70.39% dengan kriteria cukup dan nilai rata-rata hasil belajar 63 55 untuk siklus II skor minat belajar memperoleh 71.18% dengan kriteria cukup dan nilai rata-rata hasil belajar 72 89 kemudian pada siklus III 76.88% dengan kriteria tinggi dan nilai rata-rata hasil belajar 84.18. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 6 MAN Tambakberas Jombang tahun ajaran 2016/2017. Oleh karena itu disarankan guru dapat menciptakan variasi dalam pembelajaran dan dapat menerapkan model pembelajaran Talking Stick pada materi lain yang sesuai. ABSTRACT Ningrum Linda Wahyu. O. 2017. Implementations of Talking Stick Learning Model to Increase Learning Interest and Learning Outcome of Students in Economy For XI Graders of Social Class 6 of MAN Tambakberas Jombang Even Semester Academic Year of 2016/2017. Thesis Development Economy Department Study Program of S1 Economic Education Faculty of Economy State University of Malang. Advisor Dr. Hj. Lisa Rokhmani. M Si Keywords Talking Stick Learning model Interest and Learning Outcome Based on the early observation at XI Graders of Social Class 6 of MAN TambakberasJombang it is found out that in economy learning most of students had lack of spirit in following economy subject. This was due to one way learning process and students dependence on their friend as well as lack interaction among students. This lead to less maximum learning outcome of XI Graders of Social Class 6 so there were only 6 of 38 students reaching or above the minimum standard. This is the probable reason of the conduct of the present study. The present study used qualitative approach with classroom action research consisting of three cycles. Each cycle consists of 3 meetings and 2 meetings witch each 2 JP (meetinghour) x 45 minutes and there was also 1 JP x 45 minutes. Each cycle includes planning implementation observation and reflection. The research subject was XI Graders of Social Class 6 of MAN TambakberasJombang academic year of 2016/2017 with total student of 38 which were all female. The research data were obtained from field note observation students activity sheet post-test and questionnaire and teacher s implementation in implementing learning model. The research result showed that the implementation of economy learning using Talking Stick learning model can increase learning interest and outcome of students. This was proven from the increase of score result of questionnaire in learning interest and outcome from cycle I to cycle III. Cycle I of students interest obtained 70.39% with enough criteria and average learning score was 63.55%. For cycle II learning interest score of students reached 71.18% with enough criteria and average of learning result of 72.89% then in Cycle III was 76.88% with high criteria and average learning result of 84.18. Regarding to the research result it can be concluded that the implementation of Talking Stick learning model is able to learning interest and outcome of students in economy subject for XI Graders of Social Class 6 of MAN TambakberasJombang academic year of 2016/2017. Hence it is suggested for teacher to create variation on learning and able to implement Talking Stick learning model to other appropriate materials.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39752

Actions (login required)

View Item View Item