Penerapan model pembelajaran learning cycle 5E menggunakan media handout terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 2 di SMA Negeri 10 Malang semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Ratnasari Mila Sukma - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran learning cycle 5E menggunakan media handout terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 2 di SMA Negeri 10 Malang semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Ratnasari Mila Sukma

Sukma, Ratnasari Mila (2017) Penerapan model pembelajaran learning cycle 5E menggunakan media handout terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 2 di SMA Negeri 10 Malang semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Ratnasari Mila Sukma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sukma Mila Ratnasari. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Menggunakan Media Handout Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 2 di SMA Negeri 10 Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Achmad Ali Wafa M.Pd. Kata kunci Learning Cycle 5E Media Handout Hasil Belajar Model Pembelajaran Learning Cycle 5E merupakan model pembelajaran yang terdiri dari 5 fase yaitu fase Engagement fase Exploration fase Explanation fase Elaboration fase Evaluation. Dan Media Handout disini berperan sebagai penengah dari beberapa buku paket yang berbeda di kelas X IPS 2 tersebut sehingga dengan adanya media handout siswa menjadi tidak bingung ketika mempelajari materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5e menggunakan media handout di kelas X IPS 2 di SMA 10 Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 dengan jumlah siswa 32 siswa dengan rincian 14 siswa laki laki dan 18 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes wawancara observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen tes yang diujikan melalui validitas tes reliabilitas tes tingkat kesukaran tes dan daya beda tes yang sebelunya diujikan pada kelas XI IPS 2 Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang terjadi ketika menerapkan model pembelejaran learning cycle 5e menggunakan media handout. Pada siklus 1 hasil belajar siswa menunjukkan 59 3% dari 32 siswa 19 siswa dinyatakan tuntas dan 13 siswa dinyatakan belum tuntas karena kurang dari SKM sebesar 75. pada siklus 2 hasil belajar mengalami peningkatan dengan persentase 87% dari 31 siswa 27 siswa dinyatakan lulus dan 4 siswa dinyatakan belum tuntas. Berdasarkan hasil temuan penelitian disarankan kepada guru diharapkan guru dapat memotivasi siswa dengan memberikan penghargaan terhadap kinerja siswa agar lebih antusias mengikuti pelajaran. Kemudian Guru perlu menerapkan pembelajaran yang menyenangkan seperti menerapkan model pembelajaran learning cycle 5e sehingga siswa nanti akan terbiasa dengan pengetahuan yang ada di dalam kehidupan nyata (sehari hari) Bagi peneliti lain disarankan dapat melakukan penelitian serupa dengan mata pelajaran berbeda atau materi pelajaran yang berbenda untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari model learning cycle 5e berbantuan media handout. ABSTRACT Sukma Mila Ratnasari. 2017.The implementation of the model of teaching Learning Cycle 5E Using Handouts media to improvement of student learning results on economic Subjects X Grade Social 2 Students at SMA Negeri 10 Malang Second Semesters fulfilled 2016/2017 academic year. Bachelor theses Education Study Program Economic Faculty of Economics of the State University of Malang.Mentor (1) Drs. H. Achmad Ali Wafa M.Pd. Key words Learning Cycle 5E Handouts Media Learning Results The model of teaching Learning Cycle 5E is a learning model that consists of 5 phases namely Engagement phase Exploration phase Explanation phase Elaboration phase and Evaluation phase. And the Handouts media here as role as a mediator of several different packages book in classes of X grade Social 2 Students mean that the existence of the students handout media not make students confused when studying the subjects. The purpose of this research is to know the improvement of the results of student learning model of teaching learning cycle 5e using media handouts in X grade Social 2 in SMA 10 Malang Second Semesters fulfilled 2016/2017 school year. This research is a type of classroom action research with qualitative approach. The subject of this research is the students of X grade Social 2 Students with the number of students are 32 students also with details 14 male student and 18 students female. Data collection is done using the test technique interview observation and documentation. The instrument used to collect data in the form of a test instrument that tested through the validity test reliability test test levels of difficulty and power vary the test Wall Street tested in grade XI Social 2 students. The results of the study showed that there is increasing that occurs when applying enacting model learning cycle 5e using media handouts. At cycle 1 in student shows 59.3 percent from 32 students 19 students stated thoroughly and 13 students stated has not been completed because less than 75 score (SKM). at cycle 2 learning results have increased with the percentage 87% from 31 students 27 students claimed pass and 4 students stated has not been completed. Based on the results of research there are some suggestions that for economics teachers teachers are advised to use a learning model leaning 5e as an alternative cycle of learning to improve learning outcomes so that students better understand the material and are interested in learning. Media and media handouts as mediator of several books used. For other teachers others are advised to try using model learning cycle 5e. For other researchers who will assess the learning model of learning cycle is expected to be more careful 5e and have a good plan in applying the learning model learning cycle 5e so as to achieve the maximu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39746

Actions (login required)

View Item View Item