Kusumawardani, Yuana Eka (2017) Implikasi program adiwiyata pada implementasi pembelajaran ekonomi di Kota Malang / Yuana Eka Kusumawardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kusumawardani Yuana Eka. 2017. Implikasi Program Adiwiyata pada Implementasi Pembelajaran Ekonomi di Kota Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Agung Haryono S.E. M.P.Ak Kata kunci Program Adiwiyata Pembelajaran Ekonomi Program Adiwiyata merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dalam pembangunan melalui dunia pendidikan. Pada dasarnya program Adiwiyata tidak ditujukan sebagai suatu kompetisi atau lomba. Penghargaan Adiwiyata diberikan sebagai apresiasi kepada sekolah-sekolah yang mampu melaksanakan upaya peningkatan pendidikan lingkungan hidup secara benar dan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Pembelajaran ekonomi sangat berkaitan erat dengan konsep pendidikan lingkungan hidup. Penyampaian materi mata pelajaran ekonomi merupakan upaya yang dilakukan dalam rangka mengarahkan sikap dan perilaku rasional siswa sehingga dapat memanfaatkan sumber daya secara efisien dengan memperhatikan kelestarian lingkungan juga. Apabila siswa sudah memahami dan mengerti tentang konsep keseimbangan lingkungan dalam materi mata pelajaran ekonomi maka akan dihasilkan generasi masa depan yang mengerti dan melaksanakan konsep pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah satu guru ekonomi di SMAN 2 Malang SMAN 5 Malang SMAN 7 Malang dan SMAN 10 Malang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa implikasi program Adiwiyata di sekolah meliputi pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan pengembangan kurikulum berbasis lingkungan pengembangan kegiatan berbasis partisipatif pengelolaan dan pengembangan sarana pendukung sekolah. Dalam pengembangan kurikulum berbasis lingkungan tidak semua materi pelajaran ekonomi dapat dikaitkan dengan program Adiwiyata. Materi yang berkaitan antara lain kelangkaan manajemen bank produksi distribusi konsumsi. pembangunan ekonomi pelaku ekonomi (BUMN BUMS Koperasi) inflasi dan akuntansi. Dampak program Adiwiyata terhadap pembelajaran ekonomi terjadi mulai dari perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Dalam materi pembelajaran ada yang berkaitan dengan lingkungan dalam pelaksanaan pembelajaran siswa mendapatkan pengalaman langsung dan guru dapat melakukan penilaian autentik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan adanya program Adiwiyata maka pembelajaran ekonomi melibatkan siswa secara penuh untuk mempelajari materi dan menghubungkannya dengan lingkungan sekitar sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka. Hal ini sesuai dengan strategi pembelajaran kontekstual. ABSTRACT Kusumawardani Yuana Eka. 2017. Implications of Adiwiyata Programme on the Economic Learning Implementation in Malang. Thesis Department of Economics and Developmental Studies Study Program of Economics Education Faculty of Economic State University of Malang. Supervisor Dr. H. Agung Haryono S.E. M.P.Ak Keywords Adiwiyata Programme Economic Learning Adiwiyata programme is an effort to improve knowledge and understanding about environmental protection and management in the development through education world. Basically Adiwiyata programme is not purposed as a competition. Adiwiyata award given as appreciation to the school s that able to implement the improvement effort of environmental education appropriately as with the established criteria. Economic learning heavily related to the environmental education concept. Material delivery of economic subject is an effort that conducted in order to direct student s attitude and rational behavior thus it will lead the students to be able in using resource efficiently by considering environmental preservation. If the students already understood about environmental balance in the materials of economic learning then it will created next generations who understand and able to implement sustainable development concept. This research used qualitative research type with phenomenology approach. The research subject was one economic teacher in SMAN (Public Senior High School) 2 Malang SMAN 5 Malang SMAN 7 Malang and SMAN 10 Malang. Data collection was conducted through observation interview and documentation. While data analysis included data reduction data display and conclusion drawing. Based on the research result it was found that implication of Adiwiyata programme in schools included the development of school policy to the environmental care and culture the development of curriculum based environment the development of activities based participative and management and development of school supporting facilities. In the development of curriculum based environment then not all materials of economic learning could be related to the Adiwiyata programme. Materials that related to the Adiwiyata programme such as scarcity management bank production distribution consumption economic development economic actors (BUMN [State-Owned Enterprises] BUMS [Private-Owned Enterprises] Cooperative) inflation and accounting. The effect of Adiwiyata programme to the economic learning started from planning implementation and evaluation. In the learning materials which related to the environment then in its learning implementation students would obtain direct experience and teacher would be able to conduct authentic assessment. Therefore it could be concluded that Adiwiyata programme able to make economic learning involved students as a whole to learn materials and relate it to the environmental around thus it might encourage students to be able in conducting appropriate implementation in their life. Moreover it was in line with contextual learning strategy.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39745 |
Actions (login required)
View Item |