Penerapan model belajar talking stick untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran ekonomi kelas kelas X IPS 3 SMAN 1 Badegan, Kab. Ponorogo / Dadang Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model belajar talking stick untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran ekonomi kelas kelas X IPS 3 SMAN 1 Badegan, Kab. Ponorogo / Dadang Prasetyo

Prasetyo, Dadang (2017) Penerapan model belajar talking stick untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran ekonomi kelas kelas X IPS 3 SMAN 1 Badegan, Kab. Ponorogo / Dadang Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetyo Dadang. 2017. Penerapan Model Belajar Talking Stick Untuk meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Badegan Kab. Ponorogo . Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs. Prih Hardinto M. Si. Kata Kunci Model Belajar Talking Stick Keaktifan Belajar Hasil Belajar Berdasarkan observasi awal di kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Badegan diketahui banyak peserta didik yang jenuh dalam mengikuti proses belajar yang sedang berlangsung. Hal itu dapat dapat diketahui dengan adanya beberapa peserta didik menyangga dagu ada yang berbicara mengenai topik lain dengan teman sebangku dan lain sebagainya yang pada intinya adalah peserta didik tidak dapat mengikuti proses belajar dengan maksimal. Ketika proses belajar yang berlangsung tidak maksimal secara otomatis akan berdampak pada keaktifan belajar peserta didik yang juga akan berpengaruh kepada hasil belajar peserta didik itu sendiri. Hal itu dikarenakan peserta didik tidak dapat memahami materi yang dijelaskan secara maksimal. Kejadian tersebut yang melatarbelakangi dilaksanakanya PTK ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian adalah PTK yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Badegan yang berhumlah 35 peserta didik yang terdiri dari 27 peserta didik perempuan dan 8 pesertda didik laki-laki. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Persentase keaktifan belajar peserta didik dari siklus I yaitu 69% meningkat di siklus II menjadi 72 34% kemudian rata-rata hasil belajar peserta didik di siklus I yaitu 77 15 meningkat di siklus II menjadi 79 29. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model belajar talking stick yang dilakukan di peserta didik kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Badegan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39741

Actions (login required)

View Item View Item