Pengaruh konsep diri, wawasan masa depan dan literasi ekonomi terhadap minat melanjutkan pendidikan ke strata 2 (S2) pada mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan angkatan 2014 Universitas Negeri Malang / Nur Fauziah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh konsep diri, wawasan masa depan dan literasi ekonomi terhadap minat melanjutkan pendidikan ke strata 2 (S2) pada mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan angkatan 2014 Universitas Negeri Malang / Nur Fauziah

Fauziah, Nur (2017) Pengaruh konsep diri, wawasan masa depan dan literasi ekonomi terhadap minat melanjutkan pendidikan ke strata 2 (S2) pada mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan angkatan 2014 Universitas Negeri Malang / Nur Fauziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauziah Nur. 2017. Pengaruh Konsep Diri Wawasan Masa Depan dan Literasi Ekonomi Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Strata 2 pada Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Angkatan 2014 Universitas Negeri Malang.Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hari Wahyono M.Pd. Kata Kunci Konsep Diri Wawasan Masa Depan Literasi ekonomi dan Minat Melanjutkan Pendidikan ke Strata 2. Salah satu faktor kunci dalam persaingan era globalisasi terutama pada dunia kerja yang dibutuhkan adalah kesadaran akan kualitas sumber daya manusia. Pada penelitian ini sumber daya yang berkualitas dilihat dari tingkat strata perkuliahan yaitu pada tingkat strata 2 (S2). Masalahnya Tidak semua individu berminat dalam meningkatkan jenjang strata perkuliahan mereka sehingga minat tersebut perlu di tumbuhkan oleh faktor lain yang mempengaruhinya sehingga ia menunjukkan sikap berminatnya terhadap sesuatu. Pada penelitian ini dalam peningkatan minat untuk melanjutkan pendidikan ke Strata 2 peneliti lebih menekankan pada bagaimana untuk meningkatkan minat dari segi Konsep Diri yang dimiliki oleh masing-masing mahasiswa bagaimana Wawasan Masa depan mahasiswa dalam memandang melanjutkan pendidikan ke strata 2 dan juga tingkat kemampuan ilmu dasar tentang literasi ekonomi/melek ekonomi yang ia tempuh selama di perkuliahan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana Pengaruh Konsep Diri Wawasan Masa Depan dan Literasi Ekonomi terhadap minat melanjutkan pendidikan ke Strata 2 pada mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Angkatan 2014 Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian yang bersifat kuantitatif deskriptif dimana data diolah dalam bentuk angka dan kemudian dianalisis menggunakan Progam SPSS For Windows 22.0. sebelum terjun langsung ke penelitian peneliti menguji terlebih dahulu instrumen yang akan disebarkan kepada responden yaitu meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Pada tahap penelitian analisis data yang dimulai dari analisis statistik deskriptrif Uji Asumsi klasik ( Uji Normalitas Uji Multikolinieritas Uji Heteroskedastisitas) Uji Regresi Linier berganda dan uji hipotesis ( Uji t/parsial dan uji F/simultan) dan sumbangan efektif. Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh empat simpulan sebagai berikut. Pertama terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Konsep Diri terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Strata 2 pada Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2014 Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang dengan sumbangan efektif variabel Konsep diri terhadap Minat melanjutkan pendidikan ke Starta 2 sebesar 29 76%. Kedua terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Wawasan Masa Depan terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Strata 2 pada Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2014 Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang dengan sumbangan efektif variabel Wawasan Masa Depan Sebesar 19 57% . Ketiga Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara Literasi Ekonomi terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Strata 2 pada Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2014 Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang dengan sumbangan efektif variabel sebesar 10 85%. Keempat Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Konsep Diri dan Wawasan Masa Depan terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Strata 2 akan tetapi untuk Literasi Ekonomi secara signifikan negatif melemahkan Minat Melanjutkan Pendidikan ke Strata 2 yang artinya Literasi Ekonomi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Strata 2 (S2) pada Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2014 Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. ABSTRACT Fauziah Nur. 2017. The Effect of Self -concept Future Insights and Economics Literacy toward The Interest in Continuing Education to Magister Degree For 2014 Undergraduate Students of Economics Education Economics Development Major State University of Malang. Sarjana Thesis. Economic Development Major. Faculty of Economics. State University of Malang. Advisor Dr. Hari Wahyono M.Pd. Keywords Self- concept Future Insights Economics Literacy and the Interest in Continuing Education to Magister Degree. One of the key factors in the globalization era competition especially in the world of work required is the awareness of the quality of human resources. In this research qualified resources are seen from the level of the lecture strata towards the interest in continuing education to magister degree (S2). The problem is not all individuals are interested in improving their learner strata level so that interest needs to be grown by other factors that influence it so that they showed interest in something. In this research in increasing the interest in continuing education to magister degree the researcher emphasizes on how to increase the interest in terms of Self Concept which is owned by each student how the Future Insight of the student in viewing continuing education to the strata 2 and also the level of science ability The basis of economic literacy / economy literacy that he took during in the lecture. The aim of this research is to describe the effect of self -concept future insights and economics literacy toward the interest in continuing education to magister degree for 2014 undergraduate students of economics education economic development major State University of Malang. This research used descriptive quantitative research method which the data was calculated in the form of number and analyzed by using SPSS For Windows 22.0 Program. Before doing the research the researcher tested the instruments by applying validity and reliability test. After that in doing the research the data was analyzed starting from descriptive statistical analysis classic Assumption test (Normality test Multicolinearity test Heteroscedasticity test) Linear Regression Test and hypothesis test ( t/partial Test and F/simulate test) and effective contribution. Based on the data analysis it was obtained four conclusions First there were positive and significant effects between the effects of self -concept toward the interest in continuing education to magister degree for 2014 undergraduate students of economics education economic development major State University of Malang as amount 29.76%. Second there were positive and significant effects between future insight toward the interest in continuing education to magister degree for 2014 undergraduate students of economics education economic development major State University of Malang as amount 19.57%. Third there were negative and significant effects between Economics literacy toward the interest in continuing education to magister degree for 2014 undergraduate students of economics education economic development major State University of Malang as amount 10.85%. Fourth simultaneously there were positive and significant effects among self -concept future insights toward the interest in continuing education to magister degree for 2014 undergraduate students but for economics literacy had negative significant to weaken the interest in continuing education to magister degree and means the Economics Literacy not effect towards the interest in continuing education to magister degree for 2014 undergraduate students of economics education economic development major State University of Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39737

Actions (login required)

View Item View Item