Penerapan model pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten malang semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Yusuf Rizky Ramadhana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten malang semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Yusuf Rizky Ramadhana

Ramadhana, Yusuf Rizky (2017) Penerapan model pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten malang semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Yusuf Rizky Ramadhana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramadhana Yusuf Rizky. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan FE Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs. H. Sapir S. Sos. Kata Kunci Model Pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping Keaktifan Hasil Belajar. Di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang peserta didik dalam kegiatan belajar kurang terlibat aktif akibatnya tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi rendah sehingga akan berpengaruh pada hasil belajar yang didapatkan oleh peserta didik yang masih dibawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan melihat kenyataan tersebut maka diperlukan perbaikan dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi dengan membuat suatu inovasi pada metode atau model pembelajaran yang berbeda. Maka guru dapat menggunakan inovasi metode atau model pembelajaran untuk menghidupkan keaktifan dan hasil belajar peserta dididk dikelas XI IPS 2. Upaya untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran mata pelajaran ekonomi pada materi APBN APBD di kelas XI IPS 2 diperlukan langkah-langkah penyelesaian untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan salah satunya dengan cara menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif digunakan karena penelitian ini mencari informasi tentang suatu keadaan yang terjadi dalam proses pembelajaran dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang memiliki tahapan study dan rencana ambil tindakan mengumpulkan dan menganalisis bukti dan refleksi. Data dari penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen lembar observasi catatan lapangan dan soal Pre-test dan Post-test. Hasil peneitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang. Berikut data hasil penelitian yang dilakukan 1) Keterlaksanaan model pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping diterapkan dengan predikat baik sekali terbukti adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 80 06% menjadi 89 26% 2) terjadi pada keaktifan peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu 64 61% menjadi 74 91% 3) Rata-rata peserta didik melalui Post-Test yaitu 71 48 meningkat menjadi 77 27. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan perpaduan model pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39735

Actions (login required)

View Item View Item