Peningkatan hasil belajar ekonomi dengan perpaduan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Malang / Nur Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar ekonomi dengan perpaduan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Malang / Nur Hidayah

Hidayah, Nur (2017) Peningkatan hasil belajar ekonomi dengan perpaduan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Malang / Nur Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayah Nur.2017.Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Perpaduan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dan Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj Sri Umi Mintarti W. S.E. M.P. Ak. Kata Kunci Group Investigasi (GI) Problem Based Learning (PBL) hasil belajar Pembelajaran Group Investigation adalah salah satu model pembelajaran yang komplek sebab dalam pelaksanaanya memadukan beberapa landasan pemikiran yaitu berdasarkan pandangan konstruktivistik democratic teaching dan kelompok belajar kooperatif. Pembelajaran tersebut akan menuntut peran siswa untuk lebih aktif daripada guru. Problem based learning adalah pembelajaran yang mana guru akan memberikan masalah kepada siswa yang harus dicari solusinya yang dalam penyelesaiannya harus berdasar pada teori yang sudah dipelajari sebelumnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan Perpaduan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Dan Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas XI PM 3 SMK Negeri Malang. Penelitian ini dengan rancangan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan melalui 4 tahapan yakni perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Adapun subjek penelitiannya ialah siswa XI PM 3 berjumlah 32 siswa terdiri dari 29 siswi dan 3 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan penerapan Perpaduan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Dan Problem Based Learning (PBL) mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 75% menjadi 91 87% di siklus II. Sedangkan rat-rata hasil belajar mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 66 78 menjadi 85 di siklus II. Dari hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa penerapan perpaduan model pembelajaran Group Investigation (GI) Dan Problem Based Learning (PBL) mengalami peningkatan dari siklus I dan II. Sehingga dengan demikian model tersebut cocok diterapkan di kelas XI PM 3 SMK Negeri 1 Malang. Berdasarkan hasil tersebut disarankan kepada guru Guru hendaknya guru menerapkan pembelajaran yang memang menarik dan membuat siswa memiliki semangat yang lebih untuk belajar dan tentunya belajar yang berpusat pada siswa (Student Centered). Penelitian ini hendaknya dikembangkan oleh peneliti lain menggunakan populasi dan sampel yang lebih luas lagi dan selalu berusahalah maksimal demi hasil yang jauh lebih baik daripada ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39731

Actions (login required)

View Item View Item